Pentingnya Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Pentingnya Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

written by : MAKUKU - 23 Sep 2022

Viewed : 57 times  Read duration : Page Views : 1051 times

Menjadi seorang ibu adalah hal luar biasa yang sangat berharga. Karena menjadi seorang ibu bukan hanya perubahan status saja tetapi pengalaman menjadi seorang ibu dapat memberikan perubahan besar dan membutuhkan perjuangan serta pengorbanan seumur hidup. Untuk itu, seorang calon ibu wajib mempersiapkan dengan baik apa saja yang dibutuhkan bayi baru lahir. Sehingga ketika si kecil lahir, orang tua tidak kerepotan dan kebingungan dalam merawat si kecil agar tumbuh kembangnya sehat dan bahagia.

Menyambut kelahiran si kecil adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh orang tua. Apalagi menyambut kelahiran anak pertama yang selama ini dinanti kehadirannya di tengah keluarga. Persiapan yang terbaik pasti diberikan oleh orang tua dalam menyambut kelahiran si kecil. Memasuki usia kehamilan bulan ke-8 tentu mom dan dad sudah mulai mempersiapkan perlengkapan bayi mulai dari kebutuhan pakaian, perlengkapan mandi hingga popok yang digunakan nanti setelah lahir.

Idealnya persiapan menyambut anggota baru di keluarga dilakukan pada trimester ketiga. Meskipun HPL atau Hari Perkiraan Lahir masih di bulan berikutnya, tetapi tidak ada salahnya mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir dengan matang. Berikut ini adalah deretan keperluan si kecil yang wajib dipersiapkan dengan baik:

Pakaian bayi

Perlengkapan pakaian bayi adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Mom dan dad dapat menyiapkan pakaian si kecil yang cukup tapi tidak berlebihan. Karena meskipun si kecil akan sering ganti pakaian, namun berat badan pertumbuhannya akan cepat maka tidak disarankan untuk membeli pakaian dalam jumlah banyak di satu ukuran saja. Setidaknya mom dan dad dapat mempersiapkan dua lusin pakaian dan pilihlah pakaian yang bahannya lembut, menyerap keringat dna tidak gerak agar bayi nyaman.

Perlengkapan tempat tidur

Pola tidur si kecil di 1000 hari pertamanya dapat menentukan tumbuh kembangnya di kemudian hari. Jadi, mom dan dad harus mempersiapkan tempat tidur si kecil yang nyaman dan aman. Pilihlah ukuran tempat tidur bayi yang bahannya mampu menyerap air, anti tungau dan jamur. Agar tidur si kecil lebih nyenyak dan tidurnya berkualitas.

Perlengkapan mandi

Kulit bayi baru lahir sangat rentan terhadap kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Pilihlah alat mandi si kecil mulai dari sabun, sampo, bak mandi yang aman untuk si kecil. Jangan lewatkan momen memandikan si kecil karena memandikan si kecil bukan hanya waktu untuk membersihkan tubuhnya tetapi juga dapat dijadikan sebagai waktu bonding antara orang tua dengan si kecil.

Popok bayi baru lahir

Dari semua keperluan bayi yang harus disiapkan sebelum bayi lahir adalah popok. Popok sekali pakai biasanya dipilih oleh orang tua untuk menampung kotoran si kecil karena dianggap lebih praktis. Mengingat frekuensi buang air pada bayi masih banyak yang membuat si kecil akan sering mengompol dan buang air besar kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu orang tua harus menyiapkan popok yang berkualitas dengan daya serap yang tinggi. Popok dengan daya serap tinggi dapat mencegah kebocoran serta membuat permukaan popok kering lebih lama.

Permukaan popok yang kering meski telah menyerap urin si kecil sangat dibutuhkan dalam menunjang kesehatan kulit. Apalagi kulit bayi baru lahir masih sangat tipis, lembut dan sensitif. Mencari dna mencoba popok yang cocok untuk si kecil mungkin akan dilakukan oleh orang tua dalam mencari yang terbaik. Tetapi orang tua tidak boleh sembarangan dalam memilih popok untuk bayi baru lahir. Jangan asal murah tetapi tidak dapat memberikan manfaat yang banyak untuk si kecil. Pilihlah popok yang ideal dan fiturnya dapat membantu mempermudah orang tua saat merawat si kecil yang masih menggunakan popok.

Salah satu popok yang direkomendasikan oleh beberapa expert adalah MAKUKU SAP Diapers Slim. MAKUKU SAP Diapers Slim, pelopor popok yang menggunakan teknologi baru struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer. Struktur inti SAP ini mampu menampung cairan dengan maksimal dengan penyerapan yang cepat dan merata. Sehingga popok si kecil tidak akan menggumpal dan menggelembung saat menampung cairan. Bahkan permukaannya tetap kering terjaga, tidak lembab dan efektif mengurangi ruam popok.  MAKUKU SAP Diapers Slim pun memiliki fitur khusus untuk newborn yaitu bentuk U Shape pada karet pinggang bagian depan. Karet pinggang bagian depan ini melengkung dan tidak akan mengenai tali pusar bayi baru lahir yang belum pupus. Kebayangkan repotnya kalau salah pilih popok? Si kecil yang baru lahir dapat terkena ruam popok dan infeksi bila tali pusar tidak dirawat dengan baik.

MAKUKU SAP Diapers Slim ini tersedia dalam tipe perekat (tape) dan celana (pant). Dengan ukuran lengkap mulai dari NB khusus newborn, S, M, L XL dan XXL. MAKUK SAP Diapers Slim ini dapat diperoleh di MAKUKU Family store, transmart, Diamond, Food Hall, Market City, Rajasusu, AEON, Grand Lucky, dan Hero. Mom dan dad juga bisa membelinya secara online di Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, JD.ID, dan Lazada MAKUKU official store. Untuk mengetahui informasi lain tentang produk MAKUKU, promosi dan edukasi parenting, jangan lupa follow Instagram @makuku.indonesia.offical dan website makuku.co.id. (Aq/MKK) 

perlengkapanbayi

bayibarulahir

popokbayibarulahir

persiapanmelahirkan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 08:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 11:32:57
0 Comment