Mirip Permainan di Indonesia, Squid Game Bikin Nostalgia Masa Kecil

Mirip Permainan di Indonesia, Squid Game Bikin Nostalgia Masa Kecil

written by : MAKUKU - 21 Okt 2021

Viewed : 26 times  Read duration : Page Views : 839 times

Sudah nonton Squid Game belum? Serial drama Squid Game yang menampilkan deretan permainan menegangkan baru-baru ini menjadi trending topic di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, serial dengan sembilan episode tersebut mendadak populer dan menjadi serial yang paling banyak ditonton.

Dalam serial Squid Game diceritakan bagaimana kesulitan orang dewasa dalam menyelesaikan permainan anak-anak Korea Selatan. Namun, permainan ini menjadi semakin menegangkan karena peserta harus menang untuk tetap bertahan hidup dan membawa pulang hadiah uang miliaran. Sebab, dalam cerita tersebut, peserta yang ikut dalam Squid Games adalah mereka yang terlilit hutang dan memiliki masalah ekonomi.

Menariknya lagi, dari enam permainan yang disuguhkan dalam Squid Game lima diantaranya mirip dengan permainan tradisional anak-anak di Indonesia. Kelima permainan tersebut cukup familiar sehingga penonton Indonesia langsung dapat terhubung dengan permainan masa kecil. Sudah siap bernostalgia? Berikut lima permainan squid game yang sama dengan permainan anak di Indonesia:

Red Light Green Light dengan Patung-Patungan

Pada permainan awal, penonton Squid Game sudah dibuat tegang oleh permainan lampu merah lampu hijau. Sosok boneka berbentuk anak perempuan raksasa akan mendeteksi gerakan peserta. Peserta yang terdeteksi bergerak akan tereliminasi. Sama seperti permainan patung-patungan di Indonesia, anak-anak harus berpura-pura menjadi patung dan tidak boleh bergerak, bahkan tidak boleh kelihatan gigi. Jika bergerak, maka dia akan bergantian jaga.

Tug of War dengan Tarik Tambang

Permainan tug of war adalah permainan ketiga dalam Squid Game. Tug of war merupakan permainan tarik tambang yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena permainan ini sering kali dimainkan anak-anak hingga orang dewasa saat merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Namun, tug of war dalam Squid Game dikemas lebih menantang dimana kedua regu beradu kekuatan agar tidak jatuh dari ketinggian tempat dilaksanakannya tug of war.

Marbles dengan Kelereng

Permainan keempat adalah marbles yang sama persis dengan permainan kelereng di Indonesia yang sangat lumrah dimainkan anak-anak. Permainan kelereng dapat dimainkan dengan berbagai cara namun tujuannya untuk merebut kelereng lebih banyak dari lawan. Begitupun dalam Squid Game, kelereng ditampilkan dalam berbagai cara permainan sesuai dengan kesepakatan kedua peserta. Peserta yang mendapatkan seluruh kelereng lawan menjadi pemenang. Jadi, acung tangan yang masih simpan kelereng sampai sekarang? 

Glass Stepping Stone dengan Engklek

Engklek merupakan permainan anak tempo dulu yang menggunakan bidang datar seperti tanah sebagai area bermainnya. Engklek digambar dengan kapur dan dibuat kotak-kotak, anak-anak harus melompat ke kotak dengan benar. Umumnya permainan ini dimainkan oleh anak perempuan. Permainan kelima dalam Squid Game adalah jembatan kaca berbentuk kotak, peserta harus menginjak salah satu kaca yang tepat. Nah, Moms bisa banget nih  ajak si kecil main engklek di halaman rumah untuk usir kebosanan dirumah saja saat pandemi seperti ini.

Squid Game dengan Gobak Sodor

Permainan keenam atau terakhir adalah Squid Game. Squid Game adalah permainan puncak untuk membawa pulang hadiah uang miliaran. Cara bermainnya dengan dibagi menjadi dua tim yakni penyerang dan bertahan. Pemain yang bertugas sebagai penyerang harus menerobos lini pertahanan yang dijaga oleh tim bertahan untuk mencapai ujung garis berbentuk cumi-cumi. Permainan ini hampir sama dengan gobak sodor atau galasin di Indonesia. Bedanya, pada gobak sodor penyerang dikatakan tereliminasi jika tersentuh oleh tim bertahan.Permainan gobak sodor ini juga bisa dijadikan cara seru untuk mengajarkan jalan pada si kecil. Tapi Moms dan Dads tetap harus hati-hati ya saat main.

Moms dan Dads anak generasi 90’an mungkin familiar dengan deretan permainan tradisional tersebut. Meski kini permainan tradisional sudah jarang dimainkan oleh anak-anak lagi, para orang tua tidak ada salahnya untuk memperkenalkan kembali dan memainkannya di rumah sebagai alternatif kegiatan seru bersama si kecil.

Kalau Anda kehabisan ide untuk mencari aktivitas seru yang dapat dilakukan bareng anak-anak dirumah, Anda bisa intip dan ikuti Instagram @Makuku.Indonesia.Official. Disana Anda dapat menemukan berbagai macam informasi paling update dan menarik seputar parenting.

Bukan hanya itu, Makuku sebagai konsultan ibu dan anak memberikan dan menyediakan segala macam kebutuhan moms dan si kecil terlengkap dengan kualitas terbaik. Bahkan bagi moms dan dads yang bergabung menjadi membership dapat melakukan sesi private consultation gratis dengan para expert terpercaya. Karena Makuku Family, Your Child Consultant.

Penulis: Aqiyu Purbosuli

squidgame

netflix

Indonesia

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 11:32:57
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment