Ketahui 6 Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil dan Cara Melakukannya

6 Manfaat Senam Kegel untuk Ibu Hamil dan Cara Melakukannya

written by : MAKUKU - 25 Jul 2023

Viewed : 22 times  Read duration : Page Views : 549 times

Salah satu olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah senam, termasuk senam kegel. Senam kegel merupakan latihan untuk mengencangkan serta memperkuat otot dasar panggul atau otot panggul bawah. Senam kegel untuk ibu hamil dapat melatih otot dasar panggul untuk berkontraksi dan mengendurkan berganti-ganti dalam waktu singkat. Selain itu, banyak manfaat senam kegel lainnya yang wajib diketahui dan ketahui cara melakukannya.

Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil

Senam Kegel adalah latihan otot dasar panggul yang dinamakan setelah Dr. Arnold Kegel, seorang ginekolog Amerika Serikat yang pertama kali memperkenalkannya pada tahun 1940-an. Senam Kegel termasuk latihan yang sederhana namun efektif untuk memperkuat otot dasar panggul. Senam Kegel terutama dikenal karena manfaatnya bagi wanita, terutama ibu hamil. Berikut adalah beberapa manfaat Senam Kegel untuk ibu hamil:

1. Memperkuat otot panggul

Melakukan senam kegel dapat membantu menguatkan otot panggul yang bermanfaat untuk mendukung kinerja kandung kemih, rahim dan usus. Memperkuat otot-otot panggul selama masa kehamilan dapat mengembangkan kemampuan ibu hamil dalam mengendalikan otot sebagai persiapan melahirkan.

2. Mempermudah proses persalinan

Menurut para ahli, jika otot perut pada ibu hamil lemah maka dapat berdampak pada proses melahirkan. Ibu hamil akan kesulitan dalam mendorong bayi untuk keluar dengan efektif. Maka dari itu, senam kegel ibu hamil dapat memperkuat otot dasar panggul dapat membantu mempermudah proses persalinan dan mengurangi risiko robekan pada jaringan panggul saat melahirkan.

3. Membantu mengontrol kandung kemih

Otot dasar panggul yang kuat juga dapat membantu mengontrol kandung kemih. Senam kegel bagi ibu hamil dapat mencegah inkontinensia urin atau kesulitan menahan buang air kecil saat masa kehamilan terutama menjelang persalinan atau bahkan setelah melahirkan.

4. Mencegah terjadinya komplikasi

Menurut sebuah studi sebanyak sepertiga wanita mengalami robek vagina saat melahirkan. Senam kegel ini bisa dilakukan untuk mengurangi risiko ibu hamil mengalami komplikasi seperti robeknya vagina. Gerakan senam kegel mampu melatih otot panggul sehingga proses persalinan tidak berlangsung lama.

5. Meningkatkan kepuasaan hubungan seks

Tidak dapat dipungkiri jika gairah seks dapat menurun setelah melahirkan. Dengan senam kegel wanita dapat meningkatkan kembali kepuasan saat berhubungan seks. Bahkan bagi moms yang melahirkan secara normal lebih dari sekali, senam kegel sangat membantu dalam mencapai orgasme yang lebih mudah. Jadi, seks akan tetap menyenangkan meski sudah pernah melahirkan.

Mencegah kemungkinan tindakan episiotomi

Tidak sedikit ibu hamil yang harus melakukan tindakan episiotomi atau pembedahan memperbesar lubang vagina untuk membuka jalan lahir yang lebih besar. Biasanya hal ini terjadi akibat tidak dapat mendorong bayi keluar. Dengan senam kegel, ibu hamil dapat melatih otot, melunakkan perineum dan mencegah robeknya vagina.

Cara Melakukan Senam Kegel

Ibu hamil bisa melakukan senam kegel kapanpun, bahkan memasuki trimester awal kehamilan hingga akhir trimester kehamilan. Gerakan senam kegel ini dapat membantu otot dasar panggul lebih rilek sehingga bayi dalam kandungan dapat keluar dengan mudah. 

Adapun contoh gerakan senam kegel yang dapat dilakukan oleh ibu hamil diantaranya posisi duduk, posisi berdiri, posisi bersila, posisi berbaring menyamping hingga posisi bridge pose. Berikut ini cara melakukan senam kegel yang wajib diperhatikan:

Temukan letak otot dasar panggul

Sebelum melakukan senam kegel, ibu hamil harus menemukan letak otot dasar panggul. Cara mengetahuinya yaitu dengan meremas otot di bagian uretra atau otot bagian depan tubuh. Contoh gerakan senam kegel ini seperti menahan kencing. Serta remas otot sekitra vagina dan Tarik ke atas secara perlahan.

Jika dengan cara tersebut ibu hamil belum  dapat menemukan otot dasar panggul maka moms dapat berkonsultasi dengan dokter.

Lakukan gerakan senam kegel

Cara senam kegel selanjutnya setelah menemukan otot dasar panggul yaitu berbaring diatas matras dengan posisi telentang. Kemudian Tarik otot panggul ke atas secara perlahan dan tahan selama 3-5 detik, turunkan lalu istirahatkan otot selama 3-5 detik. 

Lakukan senam kegel secara rutin

Manfaat senam kegel bisa ibu hamil rasakan jika dilakukan secara rutin. Beberapa ahli menyarankan ibu hamil melakukan senam kegel sebanyak 3-10 set secara berulang kali dan dilakukan setiap 2-3 hari sekali.

Senam kegel berfungsi untuk memperkuat otot dasar panggul pada ibu hamil. Manfaat senam kegel bagi ibu hamil sangat beragam, mulai dari mempermudah persalinan hingga mencegah komplikasi selama kehamilan.

Selama mempersiapkan masa kehamilan hingga persalinan, pastikan ibu hamil memenuhi kebutuhan bayi baru lahir seperti memberikan popok terbaik yaitu MAKUKU SAP Diapers yang anti gumpal dan super tipis super nyerap. MAKUKU SAP Diapers juga memiliki fitur belly button u shape dapat melindungi tali pusat bayi baru lahir. Teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) yang digunakan oleh MAKUKU juga efektif mengurangi risiko ruam popok. Takut ruam popok, pakai MAKUKU! ( Aq/MKK)

 

senamkegel

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 11:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 11:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 09:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 12:32:57
0 Comment