Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

written by : Makuku Family - 24 Okt 2022

Viewed : 18 times  Read duration : Page Views : 44 times

Bayi yang mengalami kulit gatal cenderung rewel karena dirinya merasa tidak nyaman. Disisi lain, ada cukup banyak penyebab gatal pada kulit bayi yang umum dialami oleh si kecil. Mengetahui penyebabnya akan membantu Anda untuk mengatasinya secara mudah. 

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa penyebab yang umum terjadi dan cara mengatasi gatal yang umum terjadi pada si kecil yang sudah kami rangkum di bawah ini. 

1. Akibat Kulit Bayi Kering 

Kondisi kulit menjadi penyebab utama yang menjadi alasan kenapa si kecil bisa gatal-gatal. Kondisi kulit yang kering adalah salah satu alasannya. Meski begitu, menurut sejumlah ahli kesehatan bayi, kulit kering pada bayi juga merupakan hal yang wajar, terutama untuk bayi yang baru lahir. 

Meski begitu, di sisi lain kulit yang kering pada bayi bisa menyebabkan gatal dan membuat mereka merasa tidak nyaman. 

Penyebab kulit kering pada bayi juga bisa bermacam-macam. Adapun beberapa penyebabnya seperti parfum, bahan kimia pada sabun, dan lainnya. 

2. Gatal Akibat Alergi 

Penyebab berikutnya yang tak kalah sering terjadi, yaitu karena alergi yang biasanya dimiliki oleh sebagian anak. Contoh alergi di antaranya seperti debu, makanan,cuaca yang terlalu panas atau dingin dan lainnya. 

Setiap anak memiliki jenis alergi yang berbeda-beda. Jika anak tersebut bertemu dengan pemicu alergi, maka mereka akan melepaskan histamin dan antibodi lalu kemudian menimbulkan peradangan yang terjadi di bawah kulit yang membuatnya gatal. 

3. Gatal Akibat Infeksi 

Infeksi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Infeksi pada kulit juga bisa menyebabkan gatal-gatal pada bayi. Salah satu penyebabnya yaitu karena bakteri yang menjadi penyebab infeksi kulit. 

Infeksi umumnya ditularkan oleh orang yang pernah terinfeksi, atau penularan. Selain itu juga bisa diakibatkan oleh kebersihan lingkungan yang tidak terjaga. Kondisi ini sering mengganggu kenyamanan bayi dan menyebabkannya gatal-gatal. 

4. Gatal Akibat Ruam Popok 

Ketika Anda mengganti popok si kecil, perhatikanlah di bagian bokong dan selangkangan. Karena saat ruam, dua bagian tersebut akan terlihat kemerahan hingga keluar bintik-bintik pada kulitnya. 

Ruam ini diakibatkan oleh iritasi kulit di area yang tertutup popok. Ruam ini bisa diakibatkan karena sirkulasi udara pada popok yang tidak baik dan juga iritasi akibat produk yang tidak cocok. 

Ruam akibat popok akan menyebabkan si kecil merasa tidak nyaman bahkan sampai menangis. Jika si kecil rewel, cek popok si kecil dan bagian yang rentan ruam. Ganti popoknya jika sudah penuh atau terlihat ruam. 

Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit Bayi 

Ada beberapa cara untuk mengatasi kulit bayi yang gatal. Berikut sudah kami rangkum caranya di bawah ini. 

  • Memandikan si kecil dengan air suhu ruang.
  • Mengeringkan tubuh si kecil secara optimal.
  • Gunakan pelembab kulit khusus bayi untuk mengurangi gatal.
  • Memilih bahan pakaian dan popok yang tepat.

Gunakan Popok MAKUKU untuk Mencegah Ruam 

MAKUKU merupakan popok yang memiliki material SAP. Material tersebut merupakan polimer hidrofilik yang memiliki kemampuan penyerapan cairan yang lebih baik dan optimal. 

Popok anti gumpal ini cocok untuk si kecil karena bisa mencegah ruam yang diakibatkan oleh penggunaan popok. Selain itu, produk popok ini juga memiliki sirkulasi 2 arah yang bisa membuat si kecil lebih nyaman. 

Itulah beberapa penyebab gatal pada kulit bayi yang perlu Anda ketahui. Jika penyebabnya diakibatkan oleh penggunaan popok yang tidak cocok, ganti sekarang dengan MAKUKU SAP Diapers Pro Care, pasalnya, popok ini punya beberapa fitur sebagai berikut:  

  • 4 lapisan inti struktur menggunakan SAP  atau Super Absorbent Polymer
  • Luxurious soft permukaan yang lembut
  • Bubble belt pertama di Indonesia
  • Anti gumpal
  • Mampu menyerap secara merata  
  • Tidak ada osmosis balik atau tidak rembes. 

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Yuk, pesan sekarang juga! (M2M) 

kulitbayi

Gatal

KulitGatal

GatalPadaKUlitBayi

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Popok merupakan kebutuhan bayi yang harus diperhatikan para orang tua. Pemilihan popok yang tidak tepat bisa memengaruhi Kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga Kesehatan dan kenyamanan bayi bergerak, para orang tua bisa memilih Makuku Air Diapers. Makuku Air Diapers adalah popok nyaman anti gumpal dengan struktur inti SAP yang tidak dimiliki oleh popok lainnya.

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

Makuku Family
2022-02-21 10:41:39
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Perkembangan Bayi 2 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja ya Si Kecil?

Moms tentu penasaran apa saja sih perkembangan yang dapat dilakukan si bayi saat memasuki usia 2 bulan pertama? yuk cari tahu lebih lengkap di sini!

Makuku Family
2022-10-24 11:45:10
7 comments
GAYA HIDUP
Ini Dia Penyebab Gatal Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Gatal pada kulit bayi membuat mereka rewel karena merasa tidak nyaman, yuk moms ketahui penyebab gatal pada kulit bayi dan cara mengatasinya.

Makuku Family
2022-10-24 11:22:48
7 comments