Berikut 10 Tanda Tanda Mau Melahirkan yang Perlu Mom Perhatikan

10 Tanda Tanda Mau Melahirkan yang Perlu Mom Perhatikan

written by : Makuku Family - 17 Okt 2022

Viewed : 152 times  Read duration : Page Views : 336 times

Kehamilan menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri. Bahkan ketika muncul tanda tanda mau melahirkan, banyak pasangan baru yang masih cemas dan bingung mempersiapkan segala sesuatunya untuk menanti kelahiran si bayi. Mulai dari persiapan tempat hingga seluruh keperluan bayi. 

Tak jarang para ibu yang baru hamil anak pertama merasakan cemas dan bingung karena timbul gejala-gejala yang tidak ia kenal sebelumnya. Hal tersebut cukup berbahaya ketika ibu tidak paham mengenai tanda-tanda yang akan dirasakan khususnya ketika mendekati waktu melahirkan tiba. 

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, berikut ini dijelaskan tanda tanda mau melahirkan.

1. Leher Rahim Mulai Terbuka

Ketika tubuh sudah siap untuk melahirkan, tanda tanda mau melahirkan yang akan muncul yaitu terbukanya leher rahim atau serviks. Biasanya leher rahim akan mulai melebar dan menipis ketika tanda waktu melahirkan sudah semakin dekat.

Biasanya gejala atau tanda tanda mau melahirkan tersebut akan muncul beberapa minggu atau hari sebelum waktu persalinan tiba. Anda dapat mengunjungi bidan atau dokter spesialis kandungan ketika sudah mendekati HPL untuk dilakukan pengecekan leher rahim.

2. Posisi Bayi Berubah

Tanda tanda mau melahirkan semakin dekat lainnya yaitu posisi bayi yang sudah berubah. Tanda ini akan mulai terasa pada rentang waktu 1-4 minggu sebelum waktu melahirkan atau HPL tiba. Biasanya tanda ini akan mudah Anda rasakan sendiri. 

Jika biasanya posisi kepala bayi berada di atas dan kaki berada di bawah, maka ketika waktu melahirkan sudah dekat posisi tersebut akan berubah dimana kepala bayi akan berpindah menjadi dibawah dan kaki bayi berada di atas. Hal tersebut menandakan bahwa posisi bayi sudah sesuai dan bayi sudah siap untuk dilahirkan. 

 3. Nyeri Punggung Dan Kram Perut Lebih Parah

Pada umumnya, ibu hamil akan merasakan nyeri punggung dan juga kram perut lebih sering. Hal tersebut merupakan gejala yang timbul karena perkembangan janin di dalam rahim. 

Dan ketika waktu melahirkan sudah dekat, ibu hamil akan merasakan nyeri punggung dan kram perut yang semakin sering dan bertambah parah dari pada sebelumnya. 

Biasanya ibu hamil yang sudah mendekati waktu melahirkan akan merasakan nyeri yang hebat di beberapa area seperti paha dan juga area punggung. 

4. Kontraksi Lebih Sering

Ibu hamil yang hendak melahirkan biasanya akan sering merasakan kontraksi yang hebat. Hal tersebut menjadi salah satu tanda waktu melahirkan semakin dekat. Biasanya kontraksi akan disertai dengan keluarnya lendir putih seperti keputihan. 

Ketika waktu melahirkan sudah dekat, Anda sebagai ibu hamil akan lebih sering merasa tidak nyaman akibat kontraksi yang datang secara terus menerus. Ketika sudah merasakan hal tersebut, pastikan Anda segera mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pengecekan. 

5. Ketuban Pecah

Hal yang cukup mudah untuk dijadikan sebagai tanda mau melahirkan yaitu ketuban yang pecah. Ketuban yang pecah menjadi salah satu tanda waktu melahirkan sudah semakin dekat. 

Biasanya akan muncul bercak darah dan dibarengi dengan air ketuban yang mengalir deras. Bahkan ketika ketuban sudah pecah, waktu melahirkan sudah sangat dekat hanya dalam hitungan jam saja. 

Itulah beberapa tanda tanda mau melahirkan. Jadi, selain mengenali tanda hendak melahirkan, pastikan Anda sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan bayi seperti salah satunya popok bayi. Anda dapat menggunakan popok bayi  MAKUKU SAP Diapers Pro Care sebagai popok bayi andalan yang membuat bayi menjadi nyaman ketika memakainya. Khususnya untuk bayi Anda yang baru lahir, MAKUKU SAP Diaper Pro Care NB merupakan pilihan yang tepat. Dengan fitur “U” shape dibagian tengah yang berfungsi untuk melindungi gesekan dengan tali pusar bayi dan juga untuk melindungi tali pusar bayi Anda yang baru lahir. Persiapkan MAKUKU saat Anda merasakan tanda tanda mau melahirkan. (M2M)

KEHAMILAN

tandatandapersalinan

TandaMelahirkan

TandaTandaMelahirkan

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

Makuku Family
2022-02-21 10:41:39
7 comments
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
BARU! Super Promo MAKUKU Bulan Januari, Giveaway Stroller Hingga Diskon 50%

MAKUKU di bulan Januari memiliki banyak diskon yang bikin belanja makin hemat. Jangan sampai ketinggalan super promo produk MAKUKU SAP Diapers semua varian.

Makuku Family
2023-01-04 09:09:30
7 comments
GAYA HIDUP
Chelsea Olivia, Nikita Willy dan Jessica Iskandar Buka-bukaan Soal Anaknya, Curhat Apa Saja Sih?

Mom selebriti Chelsea Olivia, Nikita Willy dan Jessica Iskandar akan buka- bukaan soal rahasia anaknya. Mereka akan berbagi pengalaman dan tips memilih popok yang tepat bagi si kecil.

Makuku Family
2022-12-09 17:29:51
7 comments