5 Resep MPASI 6 Bulan Super Praktis & Kaya Gizi

5 Resep MPASI 6 Bulan Super Praktis & Kaya Gizi

written by : MAKUKU - 19 Apr 2024

Viewed : 7 times  Read duration : Page Views : 32 times

Setelah memasuki usia 6 bulan, bayi membutuhkan asupan selain dari ASI atau susu formula. Biasanya pada usia ini, bayi disarankan untuk mulai dikenalkan dengan makanan padat atau MPASI. Bagi moms yang baru memiliki pengalaman pertama memberikan MPASI, mungkin menjadi tantangan tersendiri. Bingung memilih menu MPASI 6 bulan yang tepat seperti apa dan cara membuatnya.

Semua ibu tentu ingin memberikan asupan terbaik bagi si kecil. Sehingga wajar, MPASI pertama di usia 6 bulan menjadi momen yang mendebarkan. Namun, moms tenang saja ya, karena MAKUKU akan memberikan resep-resep MPASI 6 bulan yang super praktis, mudah dibuat dan kaya gizi tentunya.

Jadwal makan MPASI 6 Bulan

Jadwal makan MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk bayi usia 6 bulan bisa dimulai dengan memberikan makanan padat yang lembut dan mudah dicerna. Pastikan tekstur MPASI yang diberikan sesuai dengan usianya agar lebih mudah dicerna oleh si kecil.

Berikut ini contoh jadwal makan MPASI untuk bayi usia 6 bulan:

Pagi

  • Jam 06.00-07.00: ASI atau susu formula bayi
  • Jam 09.00-10.00: 2-3 sendok makan puree

Siang

  • 12.00-12.30: ASI atau susu  formula bayi
  • 14.00-15.00: 2-3 sendok makan puree

Sore dan Malam

  • 17.30-18.00: ASI atau susu  formula bayi
  • 20.00-21.00: ASI atau susu  formula bayi

Sebelum memberikan MPASI, moms bisa menawarkan ASI atau susu formula terlebih dahulu sekitar 30 menit sebelumnya agar bayi tidak terlalu lapar. Jika bayi terlihat masih lapar, disarankan menunggu 15-20 menit untuk memberikan ASI atau formula kembali sebagai makanan penutup.

Rekomendasi Menu MPASI 6 Bulan Pertama

Menurut IDAI, tekstur MPASI yang baik dan aman untuk bayi 6 bulan adalah makanan semi encer atau agak kental (puree atau bubur halus/kental). Karena pada tahapan ini bayi masih beradaptasi dan lebih rentan tersedak. Serta belum memiliki kemampuan untuk mandiri untuk mengeluarkan zat asing yang masuk ke saluran pernapasan.

Untuk mendapatkan tekstur MPASI yang halus ini adalah dengan cara melumat atau memblender bahan makanan hingga menjadi puree yang agar ecer. Kemudian moms saring makanan tersebut sampai teksturnya lebih halus. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu MPASI 6 bulan pertama beserta cara membuatnya:

1. Menu MPASI: Puree Daging Sapi

Bahan:

  • Daging sapi tanpa lemak (sekitar 30-50 gram)
  • Air matang (untuk merebus)
  • Sayuran (opsional, seperti wortel, kentang, atau labu)

Cara membuat:

  1. Persiapkan daging sapi tanpa lemak dan potong menjadi potongan kecil atau kubus kecil.
  2. Rebus daging sapi dalam air matang hingga benar-benar matang dan lunak. Pastikan daging sapi telah dimasak sepenuhnya untuk menghindari risiko infeksi.
  3. Jika menggunakan sayuran, potong sayuran pilihan moms menjadi potongan kecil dan tambahkan ke dalam panci saat daging sapi hampir matang. Hal ini akan memungkinkan sayuran untuk matang bersamaan dengan daging sapi.
  4. Setelah matang, tiriskan daging sapi dan sayuran dari air rebusan.
  5. Haluskan daging sapi dan sayuran dengan menggunakan blender atau food processor. Moms juga bisa menambahkan sedikit air rebusan jika perlu untuk mencapai tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi.
  6. Setelah halus, dinginkan puree daging sapi dan sayuran hingga suhu yang aman sebelum memberikannya kepada bayi.

2. Menu MPASI: Puree Buah

Bahan:

  • Buah pilihan moms (pisang, alpukat, apel, pir, mangga, pepaya, dll.)
  • Air matang (opsional, untuk merendam atau merebus buah yang keras)

Cara membuat:

  1. Pilih buah yang matang dan segar. Pastikan untuk membersihkan buah dengan baik sebelum digunakan.
  2. Jika menggunakan buah seperti apel atau pir yang keras, moms dapat merendamnya dalam air matang selama beberapa menit atau merebusnya sebentar untuk membantu memperbaiki tekstur dan memudahkan proses penghalusan.
  3. Kupas buah dan buang bagian yang tidak dapat dimakan (misalnya, kulit dan biji). Potong buah menjadi potongan kecil agar lebih mudah untuk dihaluskan.
  4. Haluskan buah dengan menggunakan blender atau food processor hingga mencapai tekstur yang lembut dan konsisten. Moms juga bisa menggunakan garpu untuk menghaluskan buah secara manual jika tidak memiliki alat penghalus.
  5. Jika puree terlalu kental, moms bisa menambahkan sedikit air matang atau ASI/formula bayi untuk mencapai konsistensi yang diinginkan.
  6. Setelah halus, dinginkan puree buah hingga suhu yang aman sebelum memberikannya kepada bayi.

3. Menu MPASI: Puree Sayur

Bahan:

  • Sayuran pilihan moms (wortel, kentang, labu, bayam, brokoli, labu kuning, dll.)
  • Air matang (untuk merebus atau merebus sayuran)

Cara membuat:

  1. Pilih sayuran yang segar dan matang. Pastikan untuk membersihkan sayuran dengan baik sebelum digunakan.
  2. Jika menggunakan sayuran seperti wortel, kentang, atau labu yang keras, moms bisa merebusnya hingga lunak untuk memudahkan proses penghalusan. Jika menggunakan sayuran yang lebih lunak seperti bayam atau brokoli, moms bisa mengukusnya agar tetap terjaga kandungan nutrisinya.
  3. Setelah sayuran matang, tiriskan dari air rebusan (jika ada) dan biarkan sedikit dingin.
  4. Potong sayuran menjadi potongan kecil agar lebih mudah dihaluskan.
  5. Haluskan sayuran dengan menggunakan blender atau food processor hingga mencapai tekstur yang lembut dan konsisten. Moms Juga bisa menggunakan garpu untuk menghaluskan sayuran secara manual jika tidak memiliki alat penghalus.
  6. Jika puree terlalu kental, moms bisa menambahkan sedikit air matang atau kaldu sayuran untuk mencapai konsistensi yang diinginkan.
  7. Setelah halus, dinginkan puree sayur hingga suhu yang aman sebelum memberikannya kepada bayi.

4. Menu MPASI: Puree Ayam

Bahan:

  • Dada ayam tanpa kulit (sekitar 30-50 gram)
  • Air matang (untuk merebus)
  • Sayuran (opsional, seperti wortel, kentang, atau labu)

Cara membuat:

  1. Persiapkan dada ayam tanpa kulit dan potong menjadi potongan kecil.
  2. Rebus dada ayam dalam air matang hingga benar-benar matang dan lunak. Pastikan ayam telah dimasak sepenuhnya untuk menghindari risiko infeksi.
  3. Jika menggunakan sayuran, potong sayuran pilihan moms menjadi potongan kecil dan tambahkan ke dalam panci saat dada ayam hampir matang. Hal ini akan memungkinkan sayuran untuk matang bersamaan dengan dada ayam.
  4. Setelah matang, tiriskan dada ayam dan sayuran dari air rebusan.
  5. Haluskan dada ayam dan sayuran dengan menggunakan blender atau food processor. Moms juga bisa menambahkan sedikit air rebusan jika perlu untuk mencapai tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi.
  6. Setelah halus, dinginkan puree ayam dan sayuran hingga suhu yang aman sebelum memberikannya kepada bayi.

5. Menu MPASI: Puree Ikan

Bahan:

  • Fillet ikan yang cocok untuk bayi (contohnya: ikan nila, ikan salmon, atau ikan tenggiri) - sekitar 30-50 gram
  • Air matang (untuk merebus)
  • Sayuran (opsional, seperti wortel, kentang, atau labu)

Cara membuat:

  1. Bersihkan fillet ikan dan pastikan tidak ada tulang atau bagian yang keras.
  2. Jika menggunakan sayuran, potong sayuran menjadi potongan kecil dan tambahkan ke dalam panci saat merebus ikan. Ini akan memungkinkan sayuran untuk matang bersamaan dengan ikan.
  3. Rebus fillet ikan dalam air matang hingga benar-benar matang dan lunak. Pastikan ikan telah dimasak sepenuhnya untuk menghindari risiko infeksi.
  4. Setelah matang, tiriskan ikan dan sayuran dari air rebusan.
  5. Haluskan fillet ikan dan sayuran dengan menggunakan blender atau food processor. Moms juga bisa menambahkan sedikit air rebusan jika perlu untuk mencapai tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi.
  6. Setelah halus, dinginkan puree ikan dan sayuran hingga suhu yang aman sebelum memberikannya kepada bayi.

Itulah 5 resep menu MPASI 6 bulan yang bisa moms coba di rumah. Selain enak, resep menu tersebut kaya akan gizi dan nutrisi untuk si kecil. Selamat mencoba! (Aq/MKK)

menumpasi

menumpasi6bulan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment