5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Bingung mau masak sahur apa? Berikut ini rekomendasi menu sahur sehat agar tidak lemas seharian berpuasa.

written by : MAKUKU - 15 Mar 2024

Viewed : 11 times  Read duration : Page Views : 94 times

Tubuh tetap membutuhkan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari saat berpuasa. Untuk tu, perhatikan asupan makan sahur Moms and Dads dengan menu sahur sehat agar tidak lemas seharian dan puasa berjalan dengan lancar.

Selain memberikan energi, menu sahur sehat agar tidak lemas juga dapat mencegah rasa lapar di siang hari. Yuk, kita bahas bagaimana cara memilih menu sahur yang sehat dan apa saja menu sahur sehat yang bikin tubuh berenergi saat puasa.

Tips memilih menu sahur yang Sehat

Memilih menu sahur yang sehat adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama bulan puasa. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih menu sahur yang sehat:

  1. Pastikan menu sahur moms memiliki kandungan nutrisi seimbang seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, vitamin dan mineral.
  2. Tambahkan serta untuk membantu menjaga pencernaan yang sehat dan kenyang lebih lama.
  3. Hindari makanan berlemak dan berat karena dapat menyebabkan perut terasa kembung.
  4. Pilihlah porsi yang sesuai dengan kebutuhan energi dan nutrisi, jangan makan berlebihan.

Dengan memperhatikan tips ini, Moms dan keluarga dapat memilih menu sahur yang sehat dan mendukung kesehatan serta kenyamanan selama bulan puasa.

Rekomendasi Menu Sahur Sehat

Cermat dalam memilih menu sahur sehat bisa membantu Moms and Dads berpuasa tanpa rasa lemas dan tetap berenergi sepanjang hari. Selain itu, menu sahur juga mempengaruhi kadar gula selama berpuasa. Untuk memenuhi kebutuhan energi selama puasa, ada beberapa rekomendasi makanan yang bikin tubuh berenergi dan kuat selama puasa, sebagai berikut:

1. Karbohidrat Kompleks

karbohidrat kompleks adalah pilihan yang baik untuk menu sahur sehat agar tidak lemas selama puasa. Karbohidrat kompleks menyediakan energi yang akan dilepaskan secara bertahap dalam sehari dan lambat dicerna. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat komplek diantaranya nasi merah, roti gandum, oatmeal, ubi jalar. Jadi, Moms and dads bisa merasa kenyang lebih lama.

2. Protein

Menu sahur agar tidak lemas selanjutnya adalah makanan berprotein tinggi. Makanan ini memiliki peran penting dalam menjaga rasa kenyang dan memperbaiki jaringan di dalam tubuh. Sejumlah makanan yang mengandung protein tinggi adalah Telur, ayam, ikan, tempe, tahu.

3. Lemak Sehat

Makanan dengan kandungan lemak sehat juga direkomendasikan sebagai menu sahur sehat yang dapat memberikan energi. Lemak sangat diperlukan tubuh sebagai cadangan energi sepanjang hari saat berpuasa. Makanan dengan kandungan lemak sehat dapat ditemui pada makanan alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun dan minyak ikan salmon.

4. Sayur dan buah

Pilihan menu sahur sehat agar tidak lemas lainnya adalah sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah-buahan dikenal kaya akan mineral, antioksidan dan vitamin yang nggak boleh dilewatkan saat sahur. Moms and dads bisa mengonsumsi buah seperti pisang, apel atau beri yang akan serat dan air. Sementara untuk sayuran seperti brokoli, bayam, tomat yang memiliki nutrisi penting tanpa bikin begah perut. 

5. Minum air putih

Selain makanan, Moms and dads jangan lupa ya minum air putih yang cukup saat sahur. Hal ini tentu berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Setidaknya minumlah dua gelas air putih saat sahur agar tubuh tidak lemas dan berenergi.

Penting untuk selalu menyiapkan menu sahur sehat agar tidak lemas selama berpuasa. Pastikan untuk memilih porsi yang seimbang dari setiap komponen makanan untuk memastikan asupan nutrisi yang memadai dan energi yang tahan lama sepanjang hari. (Aq/MKK)

PUASA

menusahur

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 8 Bulan Super Praktis & Lezat

Tingkatkan Kreativitas MPASI Si Kecil dengan Menu MPASI 8 Bulan! Temukan resep MPASI lezat dan bergizi dengan tekstur yang sesuai untuk bayi usia 8 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Resep MPASI 9 Bulan Praktis & Bergizi

Dukung Pertumbuhan Si Kecil dengan Menu MPASI 9 Bulan yang Lezat! Temukan resep MPASI bergizi dengan tekstur finger food yang ideal untuk bayi usia 9 bulan.

MAKUKU
2024-04-22 09:50:47
0 Comment