5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

written by : MAKUKU - 15 Mar 2024

Viewed : 9 times  Read duration : Page Views : 65 times

Saat berbuka puasa sebaiknya tidak makan sembarangan dalam porsi yang banyak. Buka puasa bukanlah ajang “balas dendam” karena tidak makan dan minum hampir selama 12 jam. Justru di saat perut kosong, Moms and Dads harus memperhatikan asupan yang masuk demi kelancaran puasa esok hari. Untuk itu, Moms perlu mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa.

Makanan sehat yang disarankan untuk dijadikan menu berbuka puasa diantaranya makanan lembut yang mudah dicerna dan bergizi seimbang. Misalnya makanan yang mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks dan nutrisi lainnya. Namun, sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan dalam memilih makanan untuk berbuka puasa.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Biasanya makanan yang kurang sehat dan dilarang justru dipilih untuk berbuka puasa. Sebaiknya kebiasaan ini dihentikan untuk mencegah masalah kesehatan di kemudian hari ya, Moms. Berikut ini deretan makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa:

Gorengan

Gorengan memang sangat menggoda untuk berbuka puasa. Namun sayangnya, makanan berminyak seperti gorengan, kentang goreng dan lainnya sebaiknya dihindari. Pasalnya, gorengan mengandung tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan rasa begah di perut. Sehingga dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

Selain itu, alasan lain kenapa gorengan sebaiknya dikurang dikonsumsi saat buka puasa adalah kandungan lemak dalam gorengan akan tersimpan dalam tubuh dan menumpuk sebagai jaringan lemak yang bisa membuat berat badan melonjak.

Makanan pedas

Bagi pecinta makanan pedas, di bulan Ramadhan ini waktunya “puasa” juga dari makanan pedas. Makanan pedas sebaiknya dihindari disantap saat berbuka puasa karena dapat membuat perut kosong menjadi tidak nyaman dan meningkatkan asam lambung.

Makanan pedas juga dapat melukai lambung dan usus serta memicu masalah gangguan kesehatan lainnya jika dikonsumsi saat berbuka puasa seperti masalah pencernaan, diare, dan mulas. Jadi, selama puasa hindari makanan pedas ya saat berbuka dan sahur.

Makanan berlemak

Seperti dikatakan sebelumnya, makanan berlemak  tinggi dan lemak trans seperti gorengan sebaiknya dihindari saat buka puasa. Kedua jenis lemak tersebut dapat meningkatkan kolesterol dan sulit untuk dicerna tubuh.

Makanan berlemak tinggi juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Sebagai gantinya, pilih cara pengolahan makanan yang lebih sehat seperti merebus, mengukus, atau memanggang.

Makanan terlalu asin

Makanan asin dan gurih memang menggugah selera. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan asin saat berbuka puasa dapat memicu makan lebih banyak dan merangsang rasa haus berlebih. Itu kenapa makanan asin yang mengandung tinggi garam bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

Masalah kesehatan lainya yang dipicu dari makanan asin adalah meningkatkan tekanan darah, gangguan pencernaan, jantung dan memberi beban tambahan pada ginjal yang bekerja lebih keras dari biasanya.

Makanan manis

Makanan yang harus dihindari saat buka puasa lainnya adalah makanan dan minuman manis. Hindari makanan dengan kandungan tinggi gula seperti donat, makanan dengan pemanis buatan dan minuman manis kalengan.

Selain dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, makanan manis yang dikonsumsi berlebihan secara terus semenurs selama bulan Ramadhan bisa membuat berat badan naik. Jika ingin mengonsumsi makanan yang manis, Moms bisa beralih ke buah-buahan segar, sayuran, air kelapa, atau jus buah tanpa tambahan gula.

Dengan menjauhi makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa, itu artinya Moms menjaga kesehatan keluarga selama bulan Ramadhan. Semoga puasanya selalu lancar ya, Moms and Dads! (Aq/MKK)

PUASA

bukapuasa

makananbukapuasa

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
7 Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Perjalanan Mudik

Simak Tips Mengatasi Bayi Rewel di Jalan! Temukan solusi praktis dan efektif untuk menjaga bayi tetap tenang dan nyaman selama perjalanan mudik.

MAKUKU
2024-04-05 09:48:28
0 Comment
GAYA HIDUP
8 Destinasi Wisata Bogor Ramah Anak untuk Liburan Keluarga

Liburan seru bersama anak di Bogor? Yuk, kunjungi Destinasi Wisata Bogor Ramah Anak! Beragam pilihan wisata edukatif dan menyenangkan menanti.

MAKUKU
2024-04-05 09:35:10
0 Comment