Ahli: Dampak Ruam Popok Bisa Hambat Tumbuh Kembang Anak

Ahli: Dampak Ruam Popok Bisa Hambat Tumbuh Kembang Anak

written by : MAKUKU - 24 Jul 2023

Viewed : 6 times  Read duration : Page Views : 88 times

Tumbuh kembang anak sangat penting diperhatikan oleh orang tua, apakah si kecil mengalami tumbuh kembang yang optimal dan sesuai dengan usianya atau tidak. Karena ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil, salah satunya adalah dampak dari ruam popok. Ternyata menurut ahli, ruam popok memberikan dampak buruk pada kesehatan serta bisa menghambat tumbuh kembang anak.

 Apa itu ruam popok?

dr. Welli Hamik Sp.A, dokter spesialis anak pada acara MAKUKU x Orami dengan tema Family Playdate “Let's Play & Fun Bersama MAKUKU” pada 23 Juli 2023 menjelaskan, ruam popok atau diaper dermatitis merupakan reaksi peradangan pada kulit di area perianal atau sekitar anus dan perineal atau sekitar genitalia/kelamin.

Ruam popok sering terjadi pada bayi dengan rentang usia 9-12 bulan. Ruam popok bisa terjadi oleh bayi manapun, tidak ada perbedaan jenis kelamin, bisa mengenai anak laki-laki atau perempuan. Dengan rata-rata sekitar 50% dari bayi mengalami episode ruam popok ini. Menurut dr. Welli, ruam popok bisa disebabkan oleh iritasi akibat peningkatan kelembaban, infeksi jamur dan bakteri serta alergi.

 “Peningkatan kelembaban yang dihasilkan dari pemakaian popok, yang menyebabkan peningkatan gesekan dan pengeringan, sehingga membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan dan penetrasi oleh mikroorganisme kulit dan iritan lainnya. Perubahan pH kulit juga memainkan peran penting; peningkatan pH di sekitar area popok akibat pemecahan urea urin dapat meningkatkan aktivitas enzim tinja yang dapat lebih merusak kulit. Kombinasi dari proses-proses ini mengakibatkan kolonisasi dan infeksi dari organisme seperti Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, dan Candida albicans,” jelasnya.

 Ruam popok yang terjadi pada si kecil tentu dapat membuatnya lebih rewel dari biasanya. Akibatnya, si kecil menjadi susah tidur dan kualitas tidurnya terganggu. Kualitas tidur yang buruk pada si kecil bisa menghambat tumbuh kembang si kecil. Berat badan si kecil bertambah dan perkembangan otaknya pun optimal. Karena itu, hormon pertumbuhan harus dimaksimalkan dengan cara menjaga kualitas tidur yang baik.

 Cara Memilih Popok Menurut Dokter Agar Tumbuh Kembang Si Kecil Optimal

Memilih popok atau diaper yang tepat sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan bayi Anda. Popok yang baik akan membantu menjaga kulit bayi tetap kering, mengurangi risiko iritasi dan ruam popok, serta memastikan kenyamanan selama masa tumbuh kembangnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih popok yang baik untuk bayi Anda:

Jenis popok

Ada dua jenis popok yang bisa digunakan oleh si kecil yakni popok sekali pakai dan popok kain. Popok sekali pakai lebih banyak digunakan oleh orang tua saat ini karena dianggap lebih praktis. Popok sekali pakai juga mudah digunakan karena memiliki lapisan penyerap yang efisien, mencegah kelembaban menyentuh kulit bayi dan membantu mencegah ruam popok.

Ukuran popok

Pastikan memilih ukuran popok yang sesuai dengan berat badan bayi. Popok yang terlalu ketat atau terlalu longgar dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kebocoran. Anda tidak disarankan untuk memilih ukuran popok berdasarkan usia, karena biasanya di usia yang sama namun bayi memiliki berat badan yang berbeda-beda.

Bahan popok

Pilihlah popok yang terbuat dari bahan yang lembut dan ramah pada kulit bayi. Hindari popok yang mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi, seperti pewangi, lotion, atau lateks. Bahan Penyerap SAP (Super Absorbent Polymer) pada popok MAKUKU SAP Diapers merupakan bahan berkualitas tinggi yang dapat membuat popok anti gumpal sehingga dapat mengurangi risiko ruam popok.

Tingkat penyerapan

Periksa tingkat penyerapan popok. Popok yang baik harus mampu menyerap urine bayi dengan baik dan menjaga kulitnya tetap kering untuk menghindari iritasi dan ruam popok. Dengan bahan penyerap SAP, popok MAKUKU super tipis super nyerap. Artinya, popoknya tipis yang membuat si kecil nyaman saat bergerak dan penyerapannya maksimal, cepat dan merata ke semua permukaan.

Sistem perekat

Pastikan popok memiliki sistem perekat yang aman dan mudah digunakan. Sistem perekat yang baik membantu mengamankan popok dengan nyaman tanpa terlalu ketat atau terlalu longgar.

Mengganti popok secara teratur

Penting untuk mengganti popok secara teratur, segera setelah bayi buang air kecil atau besar. Mengganti popok yang basah atau kotor secara tepat waktu membantu mencegah iritasi kulit dan ruam popok.

Perhatikan reaksi kulit bayi

Amati reaksi kulit bayi terhadap popok yang Anda gunakan. Jika Anda melihat tanda-tanda iritasi atau ruam popok, cobalah untuk beralih ke merek atau jenis popok lainnya yang mungkin lebih cocok untuk kulit sensitif bayi Anda.

Dengan memilih popok yang tepat dan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi, Anda dapat membantu memastikan tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal dan bebas dari masalah kesehatan yang berhubungan dengan popok. Kesehatan yang baik pada bayi memastikan tumbuh kembang optimal bagi bayi. (Aq/MKK)

ruampopok

popokbayi

MAKUKUSAPDiapers

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment