Ruam Popok dan Biang Keringat, Sudah Tahu Bedanya?

Ruam Popok dan Biang Keringat, Sudah Tahu Bedanya?

written by : MAKUKU - 10 Agt 2022

Viewed : 38 times  Read duration : Page Views : 499 times

Kesehatan kulit di awal kehidupan si kecil memang menjadi perhatian lebih bagi para orang tua. Karena kondisi kulit si kecil yang lembut, sangat sensitif dan rentan terkena masalah kulit. Adapun masalah kulit yang sering menyerang si kecil adalah ruam popok dan biang keringat. Beberapa orang tua mungkin susah membedakan antara ruam popok dan biang keringat. Berikut ini MAKUKU akan merangkum perbedaan ruam popok dan biang KERINGAT mulai dari gejalanya hingga cara mengatasinya. Yuk disimak!

Apa itu Ruam Popok?

Ruam popok atau diapers rash adalah kondisi kulit yang mengalami peradangan di bagian kulit yang sering tertutup oleh popok dalam jangka waktu yang panjang. Jika dibiarkan, ruam popok dapat berlangsung beberapa minggu dan umumnya akan sembuh dalam beberapa hari setelah mendapatkan penanganan.

Penyebab munculnya ruam popok adalah permukaan popok yang lembab akibat urine dan feses. Kelembaban ini bisa menjadi sarang bakteri dan kuman yang membuat kulit meradang. Selain itu, ruam popok juga bisa terjadi akibat gesekan atau kontak antara bahan popok dengan kulit bayi.

Tanda ruam popok biasanya terdapat ruam merah, bintik hingga pengelupasan di bagian bokong atau genital bayi. Ruam popok yang paling parah disertai dengan demam dan ruam semakin meluas. Ruam popok ini sebenarnya umum terjadi pada bayi berusia 9 bulan hingga 1 tahun dan dapat membuat si kecil rewel karena kurang nyaman.

Risiko ruam popok pada bayi juga meningkat ketika si kecil menggunakan popok yang tidak tepat. Mulai dari bahan popok yang tidak aman dan kualitasnya kurang baik, ukuran popok yang salah, hingga tidak rutin mengganti popok seperti yang dianjurkan para ahli yakni 3-4 jam sekali.

Untuk mengurangi kemungkinan masalah ruam popok menyerang si kecil, mom dan dad perlu memastikan apa saja pemicu munculnya ruam popok. Serta selalu menjaga kebersihan area genital si kecil dan memberikan jeda menggunakan popok agar kulit si kecil dapat “bernapas”.

Ini Pengertian Biang Keringat yang Wajib Diketahui

Biang keringat atau heat rush merupakan penyumbatan pada kelenjar keringat sehingga keringat terjebak dan menumpuk dibawah kulit dan menimbulkan bintik merah. Biang keringat biasanya muncul di area leher, ketiak, punggung dan bagian tubuh lainnya yang memiliki lipatan. Tidak jarang, biang keringat juga muncul di bagian selangkangan anak. Inilah yang kadang membuat para orang tua bingung membedakan ruam popok dan biang keringat.

Penyebab terjadi biang keringat adalah cuaca atau suhu panas di luar, fungsi kelenjar keringat si kecil yang belum terbentuk sempurna, aktivitas fisik, hingga obesitas. Biang keringat sendiri terdiri dari 3 jenis yakni miliaria Kristalina, miliaria rubra dan miliaria profunda.

  • Miliaria Kristalina adalah jenis biang keringat paling ringan dan sering terjadi pada si kecil yang baru lahir. Memiliki bentuk bintil-bintil berisi cairan putih dengan ukuran 1-2 mm.
  • Miliaria rubra adalah jenis biang keringat yang lebih berat dari miliaria Kristalina dengan bentuk bintil merah dan cairan jernih. Ukurannya tentu lebih besar dibandingkan miliaria Kristalina.
  • Miliaria profunda adalah jenis biang kering paling parah dibandingkan dua jenis lainnya. Berbentuk bintil putih keras dan ukurannya berkisar 1-3 mm.

Jika si kecil mengalami gejala biang keringat, hal pertama yang harus dilakukan oleh mom dan dad adalah memberikan si kecil pakaian yang mudah menyerap keringat, tidak ketat dan tidak terlalu tebal. Bila si kecil berkeringat, mom dan dad bisa mengeringkannya dengan handuk dan air hangat. Lalu, menjaga kulit tetap dingin, penuhi kebutuhan cairan tubuh si kecil dengan cukup. Bila perlu, biarkan si kecil tidak menggunakan baju sampai area biang keringat mengering. (Aq/MKK)

kulitbayi

ruampopok

popokbayi

MAKUKUAIRDIAPERS

POPOKSAP

kesehatanbayi

STRUKTURINTISAP

SUPERABSORBENTPOLYMER

MASALAHKULITBAYI

BIANGKERINGAT

POPOKYANGSALAH

MASALAHKULIT

KESEHATANKULIT

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

查看全部 >
生活方式
尿布疹:您应该知道的症状和治疗方法

尿布疹会使婴儿的皮肤发红、起水泡、干燥和长鳞片。 这篇文章带你了解宝宝尿布疹的种类和应对方法

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
生活方式
這就是MAKUKU Air 尿布和其他紙尿褲的區別

MAKUKU Air Diapers are non-clotting comfortable diapers with a SAP core structure that other diapers don't have. Made of Super Absorbent Polymer (SAP)

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

查看全部 >
生活方式
雅加达 5 个必去的儿童景点

探索雅加达儿童旅游的乐趣!为您的孩子推荐寓教于乐的度假胜地。

MAKUKU
2024-05-14 11:32:57
0 Comment
生活方式
5 种超级实用又美味的 8 个月喂养食谱

用 8 个月大宝宝辅食菜单提高宝宝的创造力!为 8 个月大的宝宝找到适合其口感的美味营养辅食食谱。

MAKUKU
2024-04-22 10:00:22
0 Comment