“Mental Health for Women” - Talkshow Makuku x Global Radio untuk para Millenials, Khususnya Parents

“Mental Health for Women” - Talkshow Makuku x Global Radio untuk para Millenials, Khususnya Parents

written by : MAKUKU - 28 Des 2021

Viewed : 28 times  Read duration : Page Views : 35 times

21 Desember 2021 yang lalu, Makuku kembali mengadakan talkshow bersama Global Radio dalam tema “Mental Health for Woman”. Bersama para pembawa acara Aji Sabha dan Aisha Lahtiba, hadir juga para narasumber seperti Syafaati Suryo (News Anchor iNews), dr. Nicholas Hardi, SpKJ (Psikiatri) dan Chairunissa (Brand Representative - Makuku Family). Dalam talkhsow singkat yang berdurasi 1 jam ini, perbincangan mengenai pentingnya kesehatan mental untuk para milenial di masa pandemi menjadi sesuatu yang penting, apalagi bagi para wanita yang telah berkeluarga.

Syafaati yang akrab dipanggil Syafa, menjelaskan mengenai perubahan yang dialami sebagai orang tua dan wanita bekerja terutama di masa pandemi. Jika dulu (sebelum pandemi), saat mengalami stress sedikit bisa jalan-jalan ke luar rumah. Namun, saat ini hal tersebut cukup sulit dilakukan.

“Yang terpenting ada support system, seperti suami dan orang tua,” tambah Syafa. “Kita kadang butuh hiburan juga, apalagi milenial parent (stressnya) bisa lebih berat.” Ujarnya kepada para Global listeners pagi itu.

Memang menjadi ibu bukan hal yang mudah untuk dijalankan. Ada banyak tantangan dan juga berbagai hal yang mempengaruhi mood dan kondisi mental Mommy.

Menurut dr. Nicho, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan menyadari perubahan emosi yang terjadi. Dengan aware pada perubahan yang terjadi, para milenial bisa mencari hal yang menyenangkan sebagai stimulus emosi positif, sehingga bisa menjalani hari dengan nyaman.

“Manusia pada umumnya memiliki target yang berbeda di rentang usia yang berbeda. Jika saat remaja kita lebih mencari jati diri dan ingin punya kedekatan relasi yang dalam supaya saat berusia 30-an bisa lebih fokus, hingga pada saat tua mereka bisa merefleksikan hidup.” jelas dr. Nicho.

Beliau juga menambahkan, “Milenials parents ini mulai bergeser dengan (situasi) ayah yang mengambil peran. Hal berat (sebagai orang tua) jika dijalankan bersama lebih enak.”

Saat pandemi, lebih mungkin memiliki keterikatan dengan pasangan terlebih karena bertemu setiap hari. Hal ini yang perlu untuk dimiliki terutama jika Moms juga merasakan fenomena baby blues.

Syafa pun menceritakan pengalamannya saat mengalami hal tersebut, dimana saat itu dia juga kebingungan menghadapi si Kecil yang suka menangis. Ternyata saat ditelusuri lebih jauh, si Kecil tidak tahan dengan popok yang terasa berat/ penuh. “Apalagi jika sudah terjadi ruam di area sensitif, terkadang tidak tahu apa yang bisa dilakukan,” tambah Syafa.

Mengenai hal tersebut, Chairunnisa sebagai Brand Representative Makuku Indonesia menjelaskan bahwa Makuku hadir untuk menjawab kebutuhan para milenial parents sebagai health care center yang bisa memberikan edukasi seputar kesehatan keluarga sehingga bisa menjadi sahabat orang tua. 

“Popok kan penting ya untuk newborn hingga anak berumur 2 tahun. Anak yang nyaman dan sehat bisa membuat para orang tua tenang,” tambah Chairunnisa. Beliau menambahkan, untuk popok sebaiknya dipilih berdasarkan ukuran berat badan anak, bukan usianya. Selain itu, pilihlah popok yang memiliki daya serap tinggi, karena area popok suka lembab dan cukup sensitif. Selain itu, tentunya, popok harus didesain ergonomis agar anak nyaman.

Desember yang lalu, Makuku baru saja launching produk Makuku Air Diapers, popok dengan struktur inti SAP generasi terbaru yang berbeda dari popok biasanya. Menurut Chairunnisa, dengan struktur inti SAP tersebut, popok Makuku Air Diapers sangat baik untuk kulit si kecil karena selain Ekstra Kering, Super Tipis namun juga Anti Gumpal untuk memberikan kenyamanan bagi si Kecil. Chairunnisa percaya bahwa hal tersebut mampu meringankan peran orang tua yang sering merasa stress dalam mengasuh anak mereka.

Dr. Nicho juga menambahkan bahwa bicara dari hati ke hati dengan pasangan dapat membantu mengurangi stress. Syafa pun mengakui, bahwa berbicara memang membantu, bahkan tidak hanya ke pasangan namun juga ke orang tua dan sahabat.

Si akhir sesi, Syafa berpesan kepada para wanita di luar sana yang mungkin merasakan stress, karena pekerjaan ataupun hal lain terkait keluarga dan masalah pribadi, “Banyak kesibukan dan bekerja (namun) jangan lupa self-love. Jaga kesehatan dan istirahat juga penting.” 

Jika Moms ingin mendengar talkshow lainnya bersama Makuku dan Global Radio, nantikan sesinya di tahun depan ya. Jangan lupa dapatkan produk Makuku Air Diapers di toko kesayangan Mommy and Daddy. (YM/MKK)

MAKUKUIndonesia

READ ANOTHER POPULAR NEWS

Lihat semua >
SEMUA
MAKUKU Akan Bangun Pabrik di Indonesia Tahun 2023

MAKUKU akan membangun pabrik di Indonesia pada tahun 2023. Selain memiliki pasar yang besar, pengadaan pabrik juga mendukung MAKUKU menjadi brand andalan

MAKUKU
2022-06-21 10:56:14
7 comments
SEMUA
Berhasil Perkenalkan SAP Core Structure Technology, 37,5% Ibu Memilih Gunakan MAKUKU SAP Diapers

MAKUKU berhasil memperkenalkan teknologi SAP dan sekitar 37,5% ibu memilih menggunakan MAKUKU SAP Diapers melalui survey yang dilakukan selama 6 bulan.

MAKUKU
2023-06-20 12:22:04
7 comments

READ ANOTHER LATEST NEWS

Lihat semua >
SEMUA
MAKUKU Bantu Ribuan Ibu dan Balita Indonesia Hadapi Ruam Popok Lewat Teknologi SAP dan Inovasi Produk Sepanjang Tahun 2023

MAKUKU telah mengedukasi ribuan ibu di Indonesia mengenai ruam popok sepanjang tahun 2023 dan pelopor teknologi inti struktur SAP.

MAKUKU
2023-12-31 19:36:25
7 comments
SEMUA
Sebarkan Manfaat Teknologi SAP, MAKUKU Luncurkan Kemasan Renceng Buktikan Komitmen Kurangi Risiko Ruam Popok Pada Anak Indonesia

MAKUKU SAP Single Pack kini tersedia di warung dan toko terdekat, semua Ibu dapat merasakan manfaat teknologi SAP untuk kurangi risiko ruam popok

MAKUKU
2023-08-15 11:19:58
7 comments