Pentingnya Kesehatan Kulit Bayi, Ini Kualitas Popok yang Direkomendasikan Oleh Kemenkes

Pentingnya Kesehatan Kulit Bayi, Ini Kualitas Popok yang Direkomendasikan Oleh Kemenkes

written by : MAKUKU - 3 Apr 2023

Viewed : 14 times  Read duration : Page Views : 78 times

Kulit bayi yang masih lembut dan sensitive sangat rentan mengalami masalah kulit. Merawat kulit bayi harus berhati-hati karena jika perawatannya salah maka bisa menimbulkan masalah pada kulit bayi. masalah kulit pada bayi sangat beragam seperti kulit kering, kemerahan, bersisik, gatal hingga ruam popok. Inilah kenapa pentingnya menjaga kesehatan kulit bayi yang sangat berkaitan dengan pemilihan kualitas popok. Nah, sudah tahu belum kualitas popok ideal untuk bayi yang direkomendasikan oleh Kemenkes?

Menurut drg. Widyawati, MKM, Direktur Promosi kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, menjaga kesehatan anak secara kesluruhan adalah hal penting yang harus dilakukan, termasuk salah satunya adalah kesehatan kulit. Menjaga kesehatan kulit adalah kebiasaan baik yang harus diajarkan pada anak sejak kecil. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi kebiasaan dan membuat anak memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukan hal tersebut seumur hidup.

Ia menambahkan, terkait dengan kesehatan kulit mulai dari balita yang sering ditemukan adalah ruam popok. Berdasarkan rekomendasi dokter spesialis anak yang harus dilakukan orang tua untuk mencegah ruam popok, caranya sebagai berikut:

  1. Menggunakan popok yang tepat sesuai dengan berat badan bayi
  2. Rutin membersihkan area popok dengan air bersih
  3. Menjaga kelembaban kulit dengan krim
  4. Mengganti popok setiap 3-4 jam sekali.

Secara rutin mengganti popok untuk kesehatan bayi, orang tua khususnya ibu, perlu menjadi perhatian yang penting. Selain itu, yang harus juga dilakukan orang tua yaitu pemberian ASI ekslusive. Sebuah penelitian mengatakan bahwa bayi yang menerima ASI lebih terlindungi dari ruam popok.

“Orang tua dan pengasuh sering kali menyepelekan perawatan kulit bayi, mereka tidak sadar bahwa kulit bayi berbeda denga kulit orang dewasa. kulit bayi kita tahu relatif lebih mudah melakukan absorsi pada lipatan-lipatan. Selain itu, fungsi lipatan kulit juga belum berkembang sempurna karena pH kulit relatif lebih asam sehingga mudah mengalami infeksi,” jelasnya pada acara penganugerahan MURI MAKUKU pada 28 Maret 2023.

Salah satu kelainan kulit yang sering kali dialami oleh bayi adalah ruam popok. Ruam popok ini adalah kelainan kulit yang timbul karena radang di daerah tertentu seperti lipatan yang tertutup popok. Gejalanya ditandai dengan bintik-bintik merah pada kulit dan beberapa kasus terdapat lecet. Nah tanpa penanganan yang tepat ruam popok bisa menyebabkan infeksi bakteri disekitar kulit, luka berdarah, dan memicu infeksi saluran kemih.

Kondisi tersebut membuat bayi rewel dan kualitas tidurnya akan terganggu saat terkena ruam popok. Menurut data epidemiologi menunjukkan ruam popok terjadi di 65% popoulasi anak-anak. Kejadian ruam popok pada anak dimulai saat menggunakan popok. Durasi ruam popok yang relatif singkat  terjadi sekitar 2-4 hari. Sementara kasus ruam popok tertinggi terjadi pada anak berusia 9-12 bulan dan ruam popok akan berhenti terjadi pada usia sekitar 2 tahun setelah toilet training.

Dengan hadirnya MAKUKU dan pemecahan MURI sebagai popok bayi sekali pakai tertipis dan popok bayi dengan fasilitas anti gumpal pertama (SAP Technology), drg Widya berharap dunia usaha untuk mengusahakan popok yang sehat bagi bayi semakin baik dan juga berkualitas.

“Tidak berhenti pada kualitas popok saja, saya berharap dunia usaha untuk turut serta menggerakkan akan pentingnya upaya promotif dan preventif salah satunya mengenai penggunaan popok bayi yang aman dan tetap memperhatikan higienitas untuk mendukung masa depan generasi penerus indonesia yang lebih baik dan berperilaku bersih dan sehat,” tutupnya.

MAKUKU SAP Diapers Slim Care yang Efektif Mengurangi Ruam Popok

MAKUKU membawa terobosan besar di indutri popok bayi. Menggunakan bahan penyerap inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer), MAKUKU hadir sebagai popok yang super tipis super nyerap dan anti gumpal. Dibandingkan popok lainnya yang masih menggunakan campuran pulp (serat kayu atau kapas), MAKUKU memliki ketebalan yang begitu tipis. Namun, untuk penyerapannya tidak pelru diragukan lagi. MAKUKU mampu menyerap cairan si kecil dengan cepat dan merata. Sehingga popok tidak mudah menggumpal, permukaan popoknya kering tahan lama, mengurangi risiko kebocoran dan ruam popok.

Penasaran dengan kehebatan MAKUKU SAP Diapers Slim Care yang lain? Jangan lupa follow Instagram @makuku.indonesia.official dan website makuku.co.id. (Aq/MKK)

MURIMAKUKU

kEMENKES

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TOPIK TREN
Dapatkan Rekor MURI, MAKUKU Sebarkan Manfaat Popok dengan Teknologi inti SAP yang Efektif Mengurangi Ruam Popok

Mendapatkan dua rekor MURI, MAKUKU terus melanjutkan kebaikan dan manfaat popok dengan teknologi inti struktur SAP yang efektif mengurangi ruam popok

MAKUKU
2023-04-10 16:53:00
0 Comment
TOPIK TREN
MAKUKU Pecahkan 2 Rekor MURI: Popok Paling Tipis dan Anti Gumpal Pertama

MAKUKU memecahkan 2 rekor MURI sebagai popok bayi tertipis dan fasilitas anti gumpal pertama (SAP Technology)

MAKUKU
2023-03-28 23:09:39
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TOPIK TREN
Deretan Penghargaan MAKUKU, Popok yang Efektif Kurangi Ruam Popok

MAKUKU mendapatkan banyak penghargaan sejak kehadirannya dari 2022 hingga saat ini. Cari tahu penghargaan MAKUKU Disini.

MAKUKU
2023-12-13 15:48:16
0 Comment
TOPIK TREN
Selamat Ulang Tahun! Ini Dia Pencapaian MAKUKU Selama 2 Tahun

Ikuti perjalanan MAKUKU selama 2 tahun sebagai popok SAP terbaik di Indonesia. Ketahui varian popok anti gumpal, penghargaan dan program spesial MAKUKU.

MAKUKU
2023-05-19 21:22:23
0 Comment