Ukuran Popok Bayi Baru Lahir, Bagaimana Sih Pilih yang Tepat?

Ukuran Popok Bayi Baru Lahir, Bagaimana Sih Pilih yang Tepat?

written by : MAKUKU - 30 Des 2022

Viewed : 219 times  Read duration : Page Views : 1239 times

Popok menjadi salah satu kebutuhan bayi yang paling penting untuk beberapa waktu kedepan. Nyatanya, menentukan ukuran popok bayi terutama bayi baru lahir perlu ketelitian. Ukuran popok tidak tepat dapat mengganggu kenyamanan bahkan mempengaruhi kesehatan si kecil. Mengingat kulit newborn masih sensitif dan rentan terkena ruam popok. Untuk itu, mom dan dad harus mengetahui bagaimana cara memilih ukuran popok bayi baru lahir yang tepat.

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa membeli popok tidak bisa dilakukan seperti mom dan dad membeli pakaian untuk si kecil. Mom dan dad bisa memilih ukuran pakaian berdasarkan usia si kecil, hal tersebut tidak berlaku saat menentukan ukuran popok. Ukuran popok yang tepat dipilih sesuai dengan berat badan. Jika popok yang digunakan si kecil ukurannya salah dapat menyebabkan ruam popok dan kebocoran.

Berat badan bayi baru lahir berbeda-beda. Pada umumnya berat badan bayi lahir dikategorikan menjadi 3 yaitu berat badan bayi lahir rendah (,2500 gram), berat bayi lahir normal (2500-3999 gram) dan berat badan bayi lahir lebih (> 4000 gram). Sedangkan biasanya ukuran popok untuk bayi baru lahir itu sekitar ukuran NB atau newborn dan S. Berikut ini panduan ukuran popok menyesuaikan dengan berat badan bayi secara umum agar mom dan dad tidak salah pilih ukuran:

Ukuran NB (Newborn)

Ukuran newborn ditujukan untuk bayi baru lahir. Popok khusus bayi baru lahir ini biasanya tersedia dalam tipe perekat atau tape. Popok ukuran newborn cocok untuk bayi dengan berat badan 0-5 kg dan usia 0-1 bulan. Pada usia ini frekuensi buang air kecil bayi adalah 10-20 kali dan frekuensi buang air besar sekitar 4-12 kali.

Ukuran S

Setelah berusia 1 bulan, mom dan dad bisa beralih ke tipe popok celana agar lebih praktis saat memakaikan si kecil popok. Ukuran S pada popok cocok untuk anak dengan berat badan 4-8 kg dan usia 1-3 bulan. Biasanya frekuensi buang air kecil pada bayi satu bulan adalah 10-20 kali dan frekuensi buang air besar sebanyak 4-10 kali.

Ukuran M

Popok berukuran M bisa digunakan oleh bayi usia 4-6 bulan. Namun, dengan catatan berat badan bayi berkisar 6-11 kg. Bayi dengan rentang usia 4-6 bulan, frekuensi pipisnya akan berkurang sekitar 10-15 kali dan frekuensi buang air besar sekitar 2-4 kali sehari.

Ukuran L

Setelah berusia di atas 6 bulan, frekuensi buang air kecil bayi akan berkurang tidak sebanyak sebelumnya. Frekuensi buang air kecil bayi pada usia ini adalah 5-10 kali dan frekuensi buang air besarnya hanya 1-3 kali sehari. Untuk bayi berusia 7-12 bulan dengan berat badan 9-14 kg bisa menggunakan popok berukuran L.

Ukuran XL

Bayi berusia 1 tahun biasanya kenaikan normal berat badannya hanya 200-250 gram. Pada rentang usia 12-15 bulan dengan berat 12-17 kg, si kecil cocok menggunakan ukuran XL. Untuk frekuensi buang air kecilnya sekitar 5-10 kali dan frekuensi buang air besarnya sekitar 1-3 kali.

Ukuran XXL

Biasanya produk popok memiliki ukuran yang paling besar adalah XXL. Itu artinya, ukuran ini menjadi ukuran terakhir dalam urutan size diapers. Ukuran XXL ini cocok untuk bayi dengan berat badan 15-25 kg dengan usia 15-25 bulan.

Bahan Popok yang Aman Untuk Newborn dan Bayi

Selain memilih ukuran popok, pertimbangan lain memilih popok yang tepat adalah bahan yang digunakan. Perhatikan kelembutan popok, apakah bahan yang digunakan pada popok aman untuk kesehatan kulit si kecil dan bagaimana fitur-fitur pada popok membantu mengurangi risiko ruam popok.

MAKUKU SAP Diapers Slim adalah popok yang menggunakan teknologi baru inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). SAP berupa bubuk yang akan berubah menjadi gel saat menyerap cairan si kecil. Inti struktur SAP pada popok MAKUKU mampu menyerap cairan secara merata dan membuat penyerapannya sangat cepat. Dengan begitu, popok MAKUKU tidak menggumpal atau cairan yang terserap tidak berkumpul di satu titik saja. Serta membuat permukaan popok kering lebih lama dan menjaga kelembaban kulit si kecil. Inilah yang membuat popok si kecil terhindar dari kondisi lembab pemicu ruam popok.

Selain itu, MAKUKU SAP Diapers Slim juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih diantaranya:

  • Tebalnya hanya 1.6 mm atau setipis koin.
  • Memiliki permukaan berongga sehingga sirkulasi udara popok dapat mengurangi gerah atau pengap.
  • Dirancang dengan permukaan 3D atau hexagonal untuk mengurangi kontak dengan kulit bayi.
  • U Shape di bagian depan untuk melindungi tali pusar bayi dari gesekan dengan karet pinggang popok.
  • Indikator urine sebagai pengingat ganti popok saat popok sudah penuh.
  • Tape pembuang yang mempermudah orang tua dalam membuang popok agar kotoran tidak berantakan.

Jadi, setelah mengetahui ukuran popok yang tepat, mom dan dad sebaiknya memilih popok dengan kualitas tinggi dan penyerapan yang cepat. Takut Ruam Popok, Pakai MAKUKU! (Aq/MKK)

bayibarulahir

popokbayibarulahir

UKURANPOPOK

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
300 Nama Bayi Laki-laki Modern dan Artinya Penuh Makna

Temukan nama bayi laki-laki modern yang unik dan bermakna di sini. Pilihlah nama terbaik untuk si kecil dengan rangkaian nama modern kami.

MAKUKU
2023-11-06 15:34:01
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment