Cara Menyusui Bayi yang Benar Saat Pemberian ASI

Cara Menyusui Bayi yang Benar Saat Pemberian ASI

written by : MAKUKU - 12 Des 2022

Viewed : 6 times  Read duration : Page Views : 128 times

Perlu bunda ketahui, cara menyusui bayi yang benar bisa memengaruhi keberhasilan proses menyusui pada bayi. Itulah kenapa, bunda harus tahu cara menyusui bayi yang benar dan teknik yang tepat  agar proses menyusui si kecil bisa lebih optimal.

Berikut sudah kami rangkum beberapa cara menyusui yang baik dan benar agar bunda bisa mengoptimalkannya.

1. Menempelkan Payudara Secara Tepat

Cara pertama yang perlu bunda perhatikan yaitu cara menempelkan payudara yang baik dan benar. Caranya adalah menempatkan bayi pada posisi yang tepat, kemudian bunda dekatkan pada payudara.

Tempelan yang tepat akan membuat si kecil merasa nyaman ketika menyusu. Saat mereka nyaman, maka prosesnya bisa menjadi lebih optimal.

2. Memegang Bayi agar Menghadap Payudara

Peganglah bayi agar menghadap ke payudara. Pastikan bagian depan tubuhnya menghadap mom dan perutnya menempel ke perut mom. Sejajarkan juga dengan seluruh tubuhnya. Pastikan bayi tidak menoleh agar si kecil bisa menelan susu secara optimal.

Meskipun cara ini terlihat mudah, namun mom harus berhati-hati pada saat mensejajarkan tubuh si kecil.

3. Buka Mulut Bayi dengan Menggelitik Menggunakan Puting

Jika si kecil sulit untuk membuka mulut pada saat menyusui, bunda bisa coba untuk menggelitiknya menggunakan puting. Teknik ini akan membantu membuka mulutnya sangat lebar agar mudah menyusu.

Jika mulut bayi masih tetap sulit terbuka, mom bisa mencoba memeras beberapa kolostrum. Kemudian setelah itu, mom susui ke bibir bayi.

4. Pastikan si Kecil Tidak Berpaling

Pada saat menyusui, pastikan si kecil tidak berpaling, ya mom. Pasalnya, berpaling atau memalingkan mukanya akan membuat proses menyusui menjadi tidak optimal. Hal ini bahkan bisa mengganggu proses menyusui.

Jika bayi memalingkan mukanya, mom bisa mengusap lembut pipinya. Cara ini bisa membantu agar bayi memutarkan kepalanya ke arah payudara mom.

5. Membiarkan si Kecil Berinisiatif Mengisap Sendiri

Bawa atau arahkan bayi untuk maju ke arah payudara. Pastikan mom tidak membungkuk dan mendorong payudara ke mulut bayi. Alangkah baiknya mom membiarkan bayi mengambil inisiatif sendiri. Cara ini juga bisa bunda coba untuk memaksimalkan proses menyusui.

Selain itu, pegang payudara sampai bayi memegang payudara erat-erat. Mom bisa menambahkan sandaran bantal untuk membuat kepala si kecil menjadi lebih nyaman pada saat menyusu.

6. Memperhatikan Posisi Akhir

Umumnya bibir bayi akan melebar ke luar layaknya bibir ikan. Pada saat proses ini, pastikan bayi tidak mengisap bibir bawahnya sendiri atau lidah. Caranya adalah dengan menarik bibir bawah si kecil ke bagian bawah saat menyusui.

Bayi yang baru lahir, umumnya harus disusui setidaknya 2 sampai 3 jam. Durasi yang ideal pada saat menyusui yaitu 20 hingga 30 menit. Dengan begitu, si kecil akan mendapatkan asupan ASI yang cukup.

7. Perhatikan Cara Mengisap si Kecil

Selanjutnya, pastikan juga mom memperhatikan bagaimana cara si kecil mengisap ASI. Pastikan si kecil bisa mengekstraksi ASI secara sempurna dari payudara. Dengan begitu, proses menyusu bayi tidak hanya sekedar mengisap atau mengencangkan puting susu saja.

Jika mom mengikuti cara menyusui yang benar, maka mom bisa melihat pola napas si kecil saat menelan. Mom juga bisa melihat gerakan ritmis di pipi, rahang, dan telinga bayi.

Itulah berbagai cara menyusui bayi yang benar. Selain tahu cara menyusui yang benar, pastikan juga bunda memilih popok yang tepat agar si kecil nyaman dan mencegah ruam, salah satunya yaitu MAKUKU SAP Diapers Comfort. Popok ini memiliki fitur U shape, elastic waist, anti gumpal dan bisa menyerap hingga 400 ml. (M2M)

bayimenyusui

ibumenyusui

asieksklusif

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment