5 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi Agar Perkembangannya Optimal

5 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi Agar Perkembangannya Optimal

written by : MAKUKU - 2 Jan 2023

Viewed : 30 times  Read duration : Page Views : 417 times

Tidur adalah kebutuhan setiap manusia dan merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi untuk si Kecil yang masih bayi, tidur merupakan sebuah aktivitas utama otak di awal perkembangan tubuhnya. Bahkan bisa dibilang, kualitas tidur bagi bayi memiliki peran penting untuk tumbuh kembangnya. Inilah mengapa penting bagi si Kecil yang masih bayi untuk menikmati tidur yang berkualitas setiap hari, agar tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia Anak

Waktu tidur yang dibutuhkan oleh si Kecil tentu tak sama dengan orang dewasa. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), rekomendasi lamanya waktu tidur ideal sesuai usia si Kecil adalah:

  • Bayi baru lahir (0-28 hari): total 16-20 jam dengan periode sekali tidur 1-4 jam kemudian bangun 1-2 jam
  • Bayi 1-4 bulan: total 14-15 jam pada usia 4 bulan dengan periode sekali tidur 3-4 jam pada usia 3 bulan dan 6-8 jam pada 4 bulan ke atas
  • Bayi 6-12 bulan: total 13-14 jam dengan sekali periode tidur 6-8 jam dan saat masuk usia 9 bulan, tidur lebih banyak dihabiskan di malam hari.

Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting bagi si Kecil yang masih bayi. Saat kualitas tidur bayi optimal, terjadi banyak aktivasi sel-sel otak yang berperan besar dalam perkembangan otak si Kecil di tahun pertama kehidupannya. Selain itu, tidur yang cukup juga menjaga daya tahan tubuh serta membantu pertumbuhan fisik si Kecil di masa tumbuh kembangnya.

Jika si Kecil tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, tumbuh kembangnya bisa saja terganggu. Selain itu menurut penelitian, gangguan tidur pada anak bisa menyebabkan masalah perilaku, emosi, menyebabkan si Kecil mudah mengantuk di siang hari, hingga dapat memengaruhi konsentrasi belajar serta daya ingat anak saat ia bertambah dewasa.

Agar si Kecil terhindar dari masalah yang terjadi karena gangguan tidur, ia butuh waktu tidur yang berkualitas. Namun, yang perlu Bunda ketahui, tidur berkualitas tak hanya berhubungan dengan durasi periode tidur saja. Melainkan faktor lain seperti, misalnya, kenyamanannya saat tidur dan pola tidurnya.

Yuk, simak beberapa tips berikut ini untuk membantu si Kecil tercinta mendapatkan tidur yang berkualitas agar tumbuh kembangnya optimal.

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

1. Sebaiknya Si Kecil Tidur dalam Ruangan Gelap

Saat tidur, keberadaan cahaya lampu yang terang bisa mengganggu tidur si Kecil. Cahaya bisa menghambat pelepasan hormon melatonin yang membuat tubuh jadi bingung membaca kondisi lingkungan apakah sedang malam atau siang. Jadi, usahakan saat tidur kamar si Kecil gelap atau minimal redup agar ia dapat tidur dengan pulas.

2. Buatlah Suasana Tenang di Kamar Tidur Si Kecil

Karena si Kecil sangat sensitif dengan suara-suara, sebaiknya Bunda berusaha menciptakan suasana tenang saat ia tidur ya. Jika memungkinkan, jauhkan area tidur si Kecil dari ruangan-ruangan yang berisik seperti dapur, ruang makan, ruang menonton, dan lain sebagainya. Jika ruangan tempat si Kecil tidur rentan berisik, si Kecil akan mudah terbangung saat ia tidur sehingga tidurnya akan terganggu dan tidak berkualitas.

3. Atur Suhu Ruangan Tempat Si Kecil Tidur

Kamar atau ruangan tempat si Kecil tidur sebaiknya memiliki suhu 20-22 derajat celcius. Jika kamar atau ruangan tempat si Kecil tidur terlalu panas atau terlalu dingin, maka tidurnya bisa saja terganggu dan hanya sebentar karena tidak pulas.

4. Lakukan Kegiatan Rutin Sebelum Waktu Tidur Si Kecil

Bunda bisa membangun rutinitas sebelum tidur yang menenangkan di malam hari untuk si Kecil. Misalnya membilas badannya, menyanyi untuk si Kecil, memainkan lagu yang tenang, atau membacakan buku untuk si Kecil. Bunda dapat melakukan kegiatan ini di jam yang sama tiap harinya agar si Kecil terbiasa. Selain itu, pastikan juga si Kecil sudah kenyang sebelum tidur agar ia tidak terbangun mendadak karena merasa lapar di malam hari.

5. Pastikan Popok Si Kecil Nyaman Agar Tidurnya Pulas

Jika popok si Kecil penuh atau tidak nyaman, maka tidur si Kecil bisa terganggu sehingga ia terbangun dan tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Inilah pentingnya memilih dan memakaikan popok yang nyaman dan tidak mudah bocor seperti MAKUKU SAP Diapers Comfort.

MAKUKU SAP Diapers Comfort tak hanya anti gumpal, nyaman, dan tidak bocor, tapi juga mengunci cairan dengan baik sehingga permukaan popok menjadi lebih kering. Selain itu MAKUKU SAP Diapers Comfort memiliki permukaan rongga udara dan mempunyai sirkulasi dua arah. Dengan MAKUKU SAP Diapers Comfort, si Kecil dapat tidur dengan pulas dan nyaman, tanpa perlu terganggu ruam popok yang mungkin muncul karena penggumpalan popok saat Bunda memakaikan popok lain.

MAKUKU merupakan pelopor popok popok dengan teknologi baru Super Absorbent Polymer. MAKUKU menggunakan struktur inti SAP sehingga produk popok MAKUKU menyerap cairan hingga 400 ml jika dibandingkan dengan popok dengan pulp. Dengan struktur inti SAP, popok MAKUKU mengunci cairan dengan baik, serta mengurangi ruam popok. 

Bunda juga bisa menemukan berbagai produk MAKUKU lainnya lewat 26 MAKUKU Family store yang tersebar di Pulau Jawa atau mengunjungi e-commerce online pilihan Bunda seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, TikTok Shop, Lazada, JD.ID dan BliBli.  Ingin tahu lebih banyak seputar MAKUKU yang merupakan pelopor popok anti gumpal? Bunda bisa mengunjungi website makuku.co.id, follow instagram MAKUKU di makuku.indonesia.official dan Youtube MAKUKU Indonesia Official, ya! 

Sumber:

The AsianParents: https://id.theasianparent.com/kualitas-tidur-bayi

231

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
Kelebihan Popok dengan Tape Pembuang

Jangan asal dalam membuang popok agar kebersihan tetap terjaga. Berikut ini cara membuang popok yang tepat dengan tape pembuang.

MAKUKU
2024-01-10 11:21:23
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Tips Liburan Akhir Tahun Baru Bersama Bayi

Liburan akhir tahun menjelang tahun baru bersama keluarga dna bayi adalah momen menyenangkan. berikut tips liburan bersama bayi anti repot.

MAKUKU
2023-12-12 17:44:18
0 Comment