15 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli

Temukan Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Esensial - Panduan Lengkap Belanja Perlengkapan Bayi Terbaik.

written by : MAKUKU - 4 Sep 2023

Viewed : 524 times  Read duration : Page Views : 1232 times

Selamat, Bumil! Kehadiran bayi baru dalam keluarga adalah momen yang penuh kebahagiaan. Namun, sebelum Si Kecil lahir, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan, termasuk memastikan Anda memiliki semua perlengkapan bayi yang diperlukan. Agar Anda tidak kebingungan saat berbelanja, kami telah menyusun daftar 15 perlengkapan bayi yang perlu Anda beli sebelum Si Kecil tiba. Simak dengan baik, ya!

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli

1. Popok Bayi (Makuku SAP Diapres)

Popok bayi adalah salah satu perlengkapan yang paling penting dan paling sering digunakan. Bayi yang baru lahir membutuhkan banyak pergantian popok setiap hari, biasanya sekitar 10-12 kali sehari. Karena itu, pastikan Anda memiliki stok popok yang cukup untuk beberapa hari ke depan. Anda dapat memilih antara popok sekali pakai yang praktis atau popok kain yang ramah lingkungan. Popok sekali pakai biasanya lebih nyaman untuk digunakan di malam hari atau ketika Anda bepergian. Namun, jika Anda berencana untuk menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali, sebaiknya pilihlah bahan katun yang mudah menyerap dan lembut. Selain itu, pilih juga popok kain yang memiliki tali atau velcro, sehingga Anda tidak perlu repot-repot menggunakan peniti.

2. Baju dan Celana Bayi

Pakaian adalah salah satu aspek penting dalam merawat bayi Anda. Ketika membeli baju dan celana bayi baru lahir, pilihlah pakaian yang nyaman dan praktis. Berikut adalah beberapa pilihan baju yang sebaiknya Anda siapkan dari awal:

4–8 baju jumper pendek dan panjang yang disertai dengan kancing di bahu, selangkangan, atau di sepanjang bagian depan tubuh.
4–8 kemeja dengan gaya kimono dengan kancing di bahu.
4–8 piyama.
4–8 celana pendek, panjang, atau legging yang elastis dan menutupi perut bayi.
1–3 sweater atau jaket dengan kancing depan.
Memilih pakaian dengan kancing di depan tak hanya demi kenyamanan Si Kecil, tetapi juga untuk memudahkan Anda dalam mengenakan atau melepaskan pakaiannya. Juga, pastikan bahwa pakaian bayi Anda mudah dicuci dan terbuat dari bahan yang tidak menyebabkan alergi.

3. Kaus Kaki, Sarung Tangan, dan Topi

Untuk menjaga bayi tetap hangat dan melindungi kulitnya yang masih sangat sensitif, Anda perlu menyiapkan setidaknya 3–4 pasang kaus kaki dan sarung tangan, serta 2–3 topi berbahan katun. Kaus kaki dan sarung tangan berguna terutama saat cuaca dingin untuk menjaga suhu tubuh bayi. Selain itu, sarung tangan juga berguna untuk mencegah Si Kecil menggaruk dirinya sendiri dan melukai wajahnya.

4. Bedong Selimut

Selama 9 bulan di dalam kandungan, bayi memiliki posisi yang mirip dengan dibedong atau dibungkus. Oleh karena itu, setelah lahir, banyak bayi merasa nyaman ketika dibedong. Anda perlu menyediakan setidaknya 3–4 selimut atau kain yang cocok untuk dibedong Si Kecil demi kenyamanannya setelah lahir.

Selimut atau kain dengan bahan katun tipis cocok digunakan dalam cuaca panas, sementara selimut yang lebih tebal lebih baik digunakan saat cuaca dingin, di ruangan ber-AC, atau saat malam hari. Dengan memiliki beberapa pilihan selimut, Anda dapat memastikan kenyamanan bayi dalam berbagai kondisi.

5. Tempat Tidur Bayi

Perlengkapan bayi yang tak kalah penting adalah tempat tidur bayi. Keamanan tidur bayi sangat penting, dan tempat tidur khusus bayi adalah tempat paling aman untuk bayi tidur selama 6 bulan pertama. Pastikan Anda memilih tempat tidur yang memenuhi standar keselamatan bayi dan memiliki kasur yang nyaman. Selain itu, jangan lupa menyediakan setidaknya 4–5 sprei pengganti yang berbahan lembut untuk memudahkan Anda dalam menjaga kebersihan tempat tidur bayi.

6. Kelambu

Kelambu bayi adalah perlengkapan tambahan yang dapat membantu melindungi bayi dari serangan dan gigitan nyamuk, terutama jika tempat tinggal Anda termasuk daerah yang banyak nyamuk. Pilihan ini lebih aman dibandingkan dengan penggunaan obat antinyamuk yang mungkin dapat mengiritasi kulit bayi Anda.

7. Perlengkapan untuk Mengganti Popok

Penting untuk memastikan Anda memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok Si Kecil dengan cepat dan efisien. Beberapa perlengkapan yang perlu Anda siapkan antara lain:

2–3 pak bola kapas bayi tanpa pewangi dan alkohol.
1–2 bungkus tisu basah hipoalergenik yang khusus untuk membersihkan area popok bayi.
2 botol krim popok, jika diperlukan.
Perlak atau alas kedap air.
Tempat sampah kecil khusus popok sekali pakai atau kapas bekas pakai.
Dengan memiliki semua perlengkapan ini, Anda akan lebih siap saat menghadapi momen-momen mengganti popok yang tidak terduga.

8. Perlengkapan Mandi

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat halus, lembut, dan sensitif, sehingga memerlukan perlengkapan dan produk mandi khusus yang tidak akan menyebabkan iritasi atau alergi. Berikut adalah perlengkapan mandi yang perlu Anda siapkan:

Bak mandi bayi, agar lebih mudah dan aman saat memandikan bayi.
2–4 handuk mandi bayi.
Sabun dan sampo khusus bayi.
Selain perlengkapan saat mandi, Anda juga perlu mempersiapkan beragam produk perawatan kulit yang dapat digunakan setelah memandikan Si Kecil. Ini termasuk bedak bayi, sisir halus, pelembap kulit, dan minyak pijat atau minyak telon. Minyak telon, misalnya, dapat menjaga tubuh bayi tetap hangat setelah mandi, meredakan perut kembung, serta mencegah masuk angin dan gigitan nyamuk.

9. Bib Kecil

Bayi sering mengeluarkan ASI atau gumoh saat mereka bersendawa. Penggunaan bib kecil di leher bayi dapat melindungi pakaian mereka agar tetap bersih. Pastikan bib bisa dilepas-pasang dengan mudah untuk membersihkannya.

10. Botol Susu

Jika Anda merencanakan memberikan susu formula atau ASI perah kepada bayi, Anda perlu menyiapkan beberapa botol susu beserta sikat untuk membersihkannya. Pastikan botol susu selalu dalam kondisi bersih dan steril. Anda dapat melakukan sterilisasi dengan merebus botol susu dalam air mendidih selama 30 menit.

11. Deterjen Khusus Bayi

Bumil mungkin juga memerlukan produk pencuci pakaian bayi yang lembut untuk pakaian Si Kecil. Pasalnya, kulit bayi baru lahir cenderung masih sangat halus dan mungkin sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang ada pada deterjen biasa. Pilihlah deterjen khusus bayi yang bebas pewangi dan lembut untuk kulitnya.

12. Gunting Kuku dan Ear Bud

Untuk mencegah bayi melukai wajahnya karena kuku yang panjang, Anda perlu menyiapkan gunting kuku khusus bayi. Selain itu, ear bud yang berguna untuk membersihkan area luar telinga bayi juga penting untuk dibeli. Namun, pastikan Anda menggunakan ear bud dengan hati-hati agar tidak mendorong kapas ke dalam telinga bayi.

13. Obat-obatan

Bumil bisa menanyakan kepada dokter mengenai obat apa yang bisa diberikan kepada bayi untuk masalah yang umum terjadi, seperti demam atau kolik. Simpanlah obat di tempat yang sejuk dan kering, dan pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh dokter.

14. Tas Bayi

Perlengkapan bayi yang juga tak kalah penting untuk dibeli adalah tas bayi. Sebaiknya, pilihlah tas bayi yang memiliki banyak kompartemen agar memudahkan Anda untuk mencari barang yang dibutuhkan saat bepergian. Dengan memiliki tas bayi yang terorganisir dengan baik, Anda dapat menghindari kebingungan saat mencari perlengkapan penting saat sedang di luar rumah.

15. Mainan dan Hiburan

 Meskipun bayi baru lahir belum bisa bermain sepenuhnya, beberapa mainan sederhana dapat merangsang perkembangan otak mereka. Anda bisa memilih mainan yang ringan, mudah digenggam, atau yang mengeluarkan suara lembut. Selain itu, membacakan buku atau cerita dongeng kepada Si Kecil sejak dini juga bisa menjadi hiburan yang bermanfaat.

Di samping daftar ini, ada beberapa barang tambahan yang mungkin Anda perlukan, tergantung pada kebutuhan khusus Si Kecil dan gaya hidup Anda. Misalnya, jika Anda memiliki mobil dan berencana untuk berkendara dengan bayi, kursi mobil khusus bayi sangat diperlukan untuk menjaga keselamatannya saat berada di dalam mobil. Selain itu, pastikan juga kursi ini dipasang dengan baik sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

Sementara jika Anda harus bekerja atau berpergian meninggalkan Si Kecil, pompa ASI untuk memerah ASI juga dibutuhkan untuk memastikan Si Kecil tetap bisa mendapatkan asupan ASI yang cukup saat Anda tidak berada di dekatnya.

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi menyortir daftar perlengkapan bayi yang perlu dibeli. Namun, ingatlah bahwa setiap bayi adalah individu, dan kebutuhan mereka mungkin berbeda. Jika Si Kecil diketahui memiliki kebutuhan khusus, seperti alergi atau sensitivitas tertentu, konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan anak Anda mengenai barang apa saja yang perlu Anda beli. Jangan lupa ajak suami Anda untuk turut serta dalam persiapan perlengkapan bayi ini. Semoga persiapan ini membantu Anda mempersiapkan segala yang diperlukan untuk menyambut bayi ke dunia dengan hangat dan penuh kasih sayang. Selamat menyambut anggota baru dalam keluarga Anda!

bayibarulahir

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
200 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Dan Artinya

Tingkatkan makna nama bayi perempuan Islami Anda dengan pilihan yang indah. Temukan inspirasi dari daftar kami yang kaya akan nama-nama bermakna Islami untuk putri Anda.

MAKUKU
2023-08-30 16:05:41
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
250 Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern Dan Artinya

Temukan inspirasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang indah dan bermakna. Pilihlah nama yang sesuai dengan nilai-nilai Islami untuk buah hati Anda. Cari ide di sini!

MAKUKU
2023-11-14 10:25:00
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
TIPS SETIAP HARI
5 Resep MPASI Daging Sapi Lezat untuk Bayi 6-12 Bulan

Cari inspirasi menu MPASI bergizi? Cobalah resep MPASI Daging Sapi Lezat dan Bergizi. Daging sapi kaya zat besi dan protein, bantu tumbuh kembang optimal si Kecil!

MAKUKU
2024-06-12 08:55:04
0 Comment
TIPS SETIAP HARI
Kenali Ciri-Ciri Anak Hiperaktif yang Perlu Diperhatikan

Pelajari ciri-ciri anak hiperaktif untuk membantu orang tua dan orang terdekat memberikan dukungan yang tepat

MAKUKU
2024-05-17 14:05:47
0 Comment