Kenali Popok yang Cocok Untuk Bayi Baru Lahir dan Cara Memilihnya

Kenali Popok yang Cocok Untuk Bayi Baru Lahir dan Cara Memilihnya

written by : MAKUKU - 29 Jun 2022

Viewed : 811 times  Read duration : Page Views : 2685 times

Sebagai orang tua tentu selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Apalagi jika si kecil baru lahir, segala sesuatu yang menyangkut dirinya adalah hal pertama yang diberikan. Tentu tidak boleh asal pilih, begitu juga dengan memilih popok. Mom dan Dad harus cermat dalam memilih modelnya, ketahanan bocornya hingga bahannya yang aman untuk kulit si kecil.

Supaya tidak salah dalam memilih popok untuk bayi baru lahir, berikut ini tips memilih popok yang tepat untuk newborn: 

 Perhatikan bobot bayi

Banyak orang tua yang keliru dalam memilih ukuran bayi. Memilih ukuran popok bukan berdasarkan usia si kecil, tetapi pada berat badan anak. Untuk mempermudah menentukan ukuran, kebanyakan merk popok yang menjadikan bobot bayi sebagai acuan. Idealnya, bayi baru lahir memiliki berat badan sekitar 2,7-4 kg dengan ukuran panjang bayi rata-rata 50-53 cm tergantung genetiknya. Mom dan dad harus selalu memantau perkembangan dan pertumbuhan buah hati.

Pilihlah ukuran khusus bayi baru lahir

Berat badan bayi baru lahir berbeda-beda. Melihat bobot bayi baru lahir, ukuran yang cocok untuk newborn adalah ukuran NB dan S. Pada umumnya, popok ukuran NB untuk bobot bayi sekitar 0-5 kg. Sedangkan ukuran S untuk berat bayi 4-8 kg.  Supaya tidak mubazir, mom dan dad bisa mencoba membeli dalam jumlah sedikit dahulu.

Tipe perekat yang mudah diganti

Jenis popok terbagi menjadi dua, tipe perekat (tape) dan tipe celana (pants). Pilihlah jenis popok yang sesuai dengan pertumbuhan bayi. Karena pemilihan popok yang benar akan membantu meringankan pekerjaan mom dan dad.  Tipe popok yang cocok untuk bayi newborn adalah tipe perekat. Mengingat bayi pada awal kelahiran belum terlalu banyak menggerakkan tubuhnya sendiri. Tipe perekat juga memudahkan siapapun yang mengganti popok bayi baru lahir dengan posisi berbaring. Pilihlah popok tipe perekat yang mudah diganti, mudah dikenakan dan dilepas.

Sementara bayi yang mulai aktif bergerak sebaiknya menggunakan popok tipe celana yang cepat saat mengganti. Bila bayi yang mulai banyak bergerak tetap menggunakan tipe celana, dikhawatirkan popok akan mudah lepas.

Bahan yang aman untuk kulit

Bahan komposisi popok harus dipertimbangkan dengan matang. Jika popok menggunakan bahan yang tidak ramah kulit bayi dapat menyebabkan masalah kulit. Apalagi kulit bayi baru lahir dan balita masih sensitif. Pilihlah bahan popok yang tidak akan memicu alergi ataupun ruam popok. Salah satu bahan popok yang mendukung popok adalah Super Absorbent Polymer. MAKUKU Air Diapers menggunakan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer. Dengan menggunakan teknologi baru, popok MAKUKU Air Diapers tidak menggumpal, popoknya tipis hanya 1,6 mm dan ekstra kering.

Kini popok MAKUKU memiliki dua varian yakni MAKUKU Air Diapers Slim dan MAKUKU Air Dipaers Comfort. Kedua varian popok MAKUKU ini tidak mudah bocor, penyerapannya cepat dan merata serta permukaan popok yang kering lebih lama. (Aq/MKK)

POPOKSAP

POPOKMAKUKU

STRUKTURINTISAP

SUPERABSORBENTPOLYMER

ERASAP

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

ANAKAKTIF

MAKUKUAIRDIAPERSCOMFORT

anakcerdas

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment