Perkembangan Bayi 8 Bulan Yang Perlu Mom Ketahui, Apa Saja Ya?

Perkembangan Bayi 8 Bulan Yang Perlu Mom Ketahui, Apa Saja Ya?

written by : MAKUKU - 30 Des 2022

Viewed : 19 times  Read duration : Page Views : 112 times

Setiap bulan si kecil mengalami perkembangan yang luar biasa. Begitu juga saat bayi menginjak usia 8 bulan, tentu banyak perkembangan yang bisa membuat orang tua takjub. Yuk, cari tahu apa saja perkembangan bayi 8 bulan dan si kecil sudah bisa apa saja sih?

Meski perkembangan setiap anak berbeda-beda dan tidak bisa dibandingkan dengan anak lainnya. Namun, mom dan dad wajib mengetahui apa saja perkembangan bayi 8 bulan agar tahu apakah si kecil tidak mengalami keterlambatan perkembangan atau tidak. Sehingga mom dan dad bisa memberikan stimulasi terbaik dan penanganannya sedini mungkin. 

Bayi 8 bulan sudah bisa apa ya?

Tumbuh kembang si kecil selalu menarik untuk diamati oleh para orang tua. Pada usia 8 bulan, bayi memasuki tahap perkembangan yang cukup signifikan dibandingkan fase sebelumnya. Berikut ini perkembangan bayi 8 bulan yang wajib diketahui oleh mom dan dad:

Kemampuan pola makan

Saat berusia 8 bulan, bayi diperbolehkan mencoba menu MPASI dengan tekstur yang agak kasar dan finger food. Bayi juga dapat diperkenalkan dengan variasi makanan lainnya seperti buah, sayur hingga daging yang dihaluskan. Untuk ASI tetap dapat diberikan setiap hari atau untuk susu formula sekitar 700-950 ml.

Kemampuan motorik

Banyak keahlian baru pada bayi 8 bulan. Pada usia ini, sebagian besar bayi mulai merangkak dan menjelajah tempat di rumah Anda. Tetapi ada pula bayi yang mulai belajar berdiri dengan bantuan benda disekitarnya. Misalnya memegang tembok, meja atau kursi. Bayi j8 bulan juga sudah bisa melempar benda, mengambil barang yang sangat kecil dan memasukkan benda ke mulutnya. Untuk itu, pastikan si kecil selalu dalam pengawasan. Singkirkan pula benda-benda tajam yang dapat membahayakan bayi serta senantiasa membantu bayi bergerak dengan aman.

Kemampuan pola tidur

Mengutip beberapa sumber, bayi 8 bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-15 jam per hari. Semakin bertambahnya usia, anak-anak akan mulai tidur dengan waktu yang lebih lama. Seperti jam tidur siang sekitar 20 menit sampai 1 jam. 

Kemampuan komunikasi

Bayi 8 bulan mampu memahami kata-kata dan mulai bereaksi terhadap ucapan orang lain. Meskipun belum bisa berbicara, pada usia ini bayi Sudah mulai aktif berkomunikasi dengan orang sekitar. Sehingga mom dan dad bisa mengajaknya berbicara dan berinteraksi sebagai dukungan untuk meningkatkan kemampuan bahasanya.

Kemampuan fisik

Setelah melewati masa transisi di usia 7 bulan, lalu selanjutnya bayi memulai transisi menuju kemandirian fisik. Perkembangan bayi 8 bulan sebenarnya tidak mengalami perubahan fisik yang terlalu signifikan. Bayi akan lebih matang saat duduk, merangkak, hingga mengubah posisi tanpa bantuan. 

Kemampuan emosi

Salah satu adanya perkembangan bayi 8 bulan adalah kemampuan mengenali emosi dan suasana hatinya sendiri dan orang lain.b bahkan si kecil Sudah mulai belajar berempati dengan orang lain. Tidak heran jika si kecil ikut sedih saat melihat orang lain yang menunjukkan wajah sedih. 

Nah, itu dia apa saja perkembangan bayi 8 bulan yang normal. Setelah mengetahuinya, mom dan dad tidak boleh membiarkan gerak si kecil terhambat akibat popok yang tidak nyaman. Berikan popok yang memiliki daya tampung besar, anti gumpal, mencegah kebocoran hingga efektif mengurangi ruam popok. Semua itu bisa si kecil dapatkan dari MAKUKU SAP Diapers Comfort yang dirancang dengan teknolog baru inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer).  Yuk, dukung tumbuh kembang si kecil dengan MAKUKU. (Aq/MKK)

 

 

perkembanganbayi8bulan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment