Perkembangan Bayi 7 Bulan Yang Perlu Mom Ketahui, Apa Saja Ya?

Perkembangan Bayi 7 Bulan Yang Perlu Mom Ketahui, Apa Saja Ya?

written by : MAKUKU - 29 Des 2022

Viewed : 14 times  Read duration : Page Views : 191 times

Seiring bertambahnya usia, tumbuh kembang si kecil semakin meningkat. Terutama pada bayi usia 7 bulan, diusia ini bayi menjadi lebih mandiri dan banyak bisanya. Tidak heran juga jika memasuki usia 7 bulan disebut sebagai masa transisi bagi bayi. Lalu, apa saja sih perkembangan bayi 7 bulan dan stimulasinya?

Banyak perubahan saat bayi berusia 7 bulan, mulai dari berat badan dan tingginya. Bagi bayi laki-laki adalah 8,3 kg dan tinggi badannya sekitar 69,2 cm. pada bayi perempuan adalah 7,6 kg dan tinggi badan sekitar 67,3 cm. Pada usia ini juga si kecil sudah mulai tumbuh gigi, peningkatan tekstur makanannya pun menjadi lebih padat dan banyak lagi kebolehan yang akan ditunjukkan bayi usia 7 bulan. 

Jadi, mom dan dad bisa mengamati perkembangannya dan menentukan stimulasi apa yang tepat di usia 7 bulan. Sebab, stimulasi yang tidak sesuai dan dengan usia bayi dan over stimulasi dapat menyebabkan bayi tidak nyaman dan mudah rewel.

Bayi 7 bulan bisa apa saja?

Bayi 7 bulan sudah bisa mengenal lingkungan sekitarnya. Mom dan dad sudah dapat mengajak si kecil melakukan beberapa kegiatan sambil menceritakan apa yang sedang dilakukan. Karena bayi 7 bulan sebenarnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Berikut ini perkembangan bayi 7 bulan yang wajib mom ketahui:

Merangkak dan lebih banyak gerak

Perkembangan setiap anak berbeda-beda. Namun pada umumnya pada usia 7 bulan bayi sudah bisa merangkak dan lebih banyak bergerak. Seperti berguling, berganti ke posisi duduk tanpa bantuan dan mengeksplorasi sekitarnya. Supaya bayi cepat merangkak, mom dan dad bisa memancingnya dengan mainan agar si kecil mendatangi Anda.

Si kecil lebih ekspresif

Di perkembangan bayi 7 bulan, si kecil sudah mampu menunjukkan beberapa ekspresi wajah. Misalnya tertawa, senyum, cemberut dan ekspresi lainnya. Bahkan si kecil pun sudah bisa menirukan ekspresi orang lain.

Meraih dan menggenggam benda

Bayi 7 bulan sudah bisa meraih dan menggenggam benda. Si kecil pun sudah bisa menggoyang-goyangkan mainannya dan memindahkannya dari tangan saat ke tangan lainnya. Berbarengan dengan kemampuan menggenggamnya, kemampuan koordinasi mata dan tangan bayi juga semakin meningkat. jangan heran kalau si kecil pun pun menjadi lebih senang melempar benda.

Memahami kata-kata dan bubbling

Bayi 7 bulan semakin pintar mengoceh atau bubbling. Kemampuan berkomunikasi bayi 7 bulan  semakin membaik. Ia memahami beberapa kata yang mom dan dad katakan dan memberikan respon. Bahkan ia sudah bisa menoleh saat namanya dipanggil, gemas ya mom?

Begini cara menstimulasi bayi 7 bulan

Setelah mengetahui perkembangan bayi 7 bulan sudah bisa apa saja, maka selanjutnya mom dan dad wajib memberikan stimulasi yang sesuai usianya agar perkembangannya lebih optimal. Stimulasi ini juga dapat dilakukan ketika bayi 7 bulan belum menunjukkan salah satu perkembangan seperti yang disebutkan di atas. Cobalah memberikan stimulasi bayi 7 bulan seperti berikut ini:

  1. Memberikan bayi area bermain atau ruang untuk mengeksplorasi dengan menaruh berbagai mainan dan benda-benda kesukaannya. Pastikan benda-benda tersebut aman untuk dimainkan si kecil.
  2. Mengenalkan bayi dengan makanan yang lebih bervariasi dan biarkan si kecil belajar memakan makanannya sendiri. Sajikan makanan yang lembut agar bayi lebih mudah mengunyahnya.
  3. Ajak bayi ngobrol layaknya dengan orang dewasa. Mengajaknya si kecil berbicara dapat dijadikan cara untuk mengasah kemampuan bicaranya. Tetapi pastikan Anda tidak menggunakan Bahasa bayi.
  4. Membacakan buku cerita untuk si kecil juga menjadi salah satu stimulasi bayi 7 bulan terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasinya.
  5. Di usia 7 bulan ini, mom dan dad juga bisa mengajak si kecil bermain dna bertemu dengan teman sebayanya. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan sosialnya.

Nah, mom dan dad sudah tahu kan apa saja perkembangan bayi 7 bulan dan cara menstimulasinya. Jadi, perhatikan ya perkembangan si kecil apakah sudah sesuai atau belum dna apakah ada red flag yang ditunjukkan oleh si kecil. Untuk mendukung tumbuh kembang bayi yang sedang senang-senangnya mengeksplorasi sekitar, jangan lupa memberikan popok yang nyaman seperti MAKUKU SAP Diapers Comfort

Popok dengan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) ini mampu menyerap cairan dan menguncinya dengan baik. Daya serapnya tinggi, anti gumpal, mencegah kebocoran, dan efektif mengurangi ruam popok. (Aq/MKK)

perkembanganbayi7bulan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment