Ketahui Bentuk Ruam Pada Kulit Bayi Akibat Popok Menggumpal

Ketahui Bentuk Ruam Pada Kulit Bayi Akibat Popok Menggumpal

written by : MAKUKU - 6 Sep 2023

Viewed : 8 times  Read duration : Page Views : 178 times

Ruam popok merupakan masalah kulit yang sering kali terjadi pada bayi dibawah usia satu tahun. Sekitar 7-35% bayi pernah mengalami masalah ruam popok. Mungkin sebagian besar ibu sudah familiar dengan ruam popok. Ruam popok termasuk penyakit kulit yang tidak berbahaya namun dampaknya bisa membuat si kecil lebih rewel dari biasa.

Ruam popok biasanya terjadi pada kulit atau area yang lebih banyak tertutup oleh popok. Misalnya bagian bokong, pangkal paha, pinggang hingga perut. Bentuk umum dari ruam popok sendiri berupa bercak-bercak pada kulit yang mengalami peradangan, bintik-bintik, kemerahan serta kulit dengan luka melepuh jika ruam popok semakin parah.

Adapun gejala dari ruam popok adalah terjadi peradangan kulit di area sekitar popok termasuk alat kelamin. Si kecil merasa gatal dan luka di area popok dan tidak nyaman atau sering menangis saat menggunakan atau mengganti popok.

Penyebab ruam popok yang paling umum

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya ruam popok. Ruam popok sering kali dikaitkan dengan kondisi popok yang basah sehingga menimbulkan lembab dan frekuensi popok yang jarang diganti. Namun, selain hal tersebut ruam popok juga bisa terjadi akibat infeksi atau alergi terutama pada kondisi si kecil diare atau sedang mengonsumsi antibiotik.

Ruam popok juga bisa terjadi karena popok menggumpal yang digunakan secara terus menerus. Popok yang mudah menggumpal menjadi indikator bahwa popok tersebut memiliki penyerapan yang kurang baik.Artinya, cairan urin si kecil yang terserap oleh popok hanya mengendap di satu titik saja atau tidak menyebar secara merata ke permukaan popok. Hal tersebut membuat popok lebih mudah menggumpal apalagi ketika si kecil aktif bergerak.

Popok yang menggumpal pun bisa membuat popok gampang bocor. Karena struktur inti penyerap pada popok tidak stabil saat terkena guncangan atau gerak si kecil. Ditambah, popok yang menggumpal memiliki permukaan popok yang lembab. Cairan urine si kecil yang sudah terserap akan kembali rembes ke permukaan saat si kecil dalam posisi apapun, baik duduk, berdiri atau berbaring.

MAKUKU, Popok Anti Gumpal Dengan Teknologi SAP

MAKUKU sebagai brand ruam popok expert menjadi pelopor popok anti gumpal Indonesia menggunakan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer). Bahan inti penyerap tersebut merupakan serbuk yang akan berubah menjadi gel saat menyerap cairan urine. Teknologi SAP mampu mengunci cairan dengan maksimal sehingga permukaan popok kering lebih lama. Serta membantu mengurangi kebocoran dan risiko ruam popok.

Teknologi SAP juga membuat popok MAKUKU super tipis super nyerap. Popok MAKUKU didesain sangat tipis mengutamakan kenyamanan si kecil saat pakai popok namun dengan kemampuan menyerap yang baik. Kini MAKUKU tersedia dalam enam varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. MAKUKU pun semakin mudah dibeli secara offline dan online. (Aq/MKK)

ruampopok

MAKUKUSAPDiapers

popokmenggumpal

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Trimester Pertama

Kehamilan Sehat dan Aman adalah Dambaan Setiap Ibu Hamil. Ketahui Apa Saja Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Trimester Pertama Agar Bayi Sehat.

MAKUKU
2024-05-13 10:17:39
0 Comment
HARUS BACA
5 Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Kasar

Kulit Bayi Kering & Kasar? Jangan Panik! Simak Tips Ampuh Ini! Temukan solusi alami dan aman untuk mengatasi kulit kering dan kasar pada bayi.

MAKUKU
2024-04-19 14:04:08
0 Comment