Beragam Jenis Ruam Popok, Sudahkah Mom Tahu?

Beragam Jenis Ruam Popok, Sudahkah Mom Tahu?

written by : MAKUKU - 22 Nov 2022

Viewed : 39 times  Read duration : Page Views : 180 times

Bayi masih memiliki kulit yang lembut, halus dan sensitif. Kulit bayi membutuhkan perawatan extra agar tetap terlindungi dari berbagai jenis penyakit kulit, salah satunya adalah ruam popok. Ruam popok pun terdapat beragam jenisnya yang jarang diketahui.

Ada kalanya kulit bayi mengalami ruam atau bintik kemerahan. Ruam popok sendiri terjadi pada bagian-bagian yang tertutup oleh popok. Misalnya di bagian selangkangan, bokong hingga pinggang. Ruam popok ini sebenarnya terjadi bukan serta merta akibat penggunaan popok yang kurang tepat. Tetapi ruam popok juga bisa terjadi akibat faktor lainnya. Berikut ini jenis ruam popok berdasarkan penyebabnya yang wajib diketahui oleh para orang tua:

Jenis Ruam Popok Pada Bayi

1. Ruam Popok karena kontak dengan bahan

Pada umumnya ruam popok terjadi akibat kontak langsung popok dengan kulit si kecil. Ruam popok bisa terjadi akibat adanya gesekan permukaan popok dan kulit bayi. Ketika si kecil menggunakan popok yang bahannya tidak lembut maka dapat menimbulkan gesekan pada saat si kecil bergerak dan menyebabkan kemerahan pada kulit si kecil. Bekas kemerahan pada kulit ini bila terjadi terus menerus dapat berubah menjadi ruam atau fatalnya menjadi luka terbuka pemicu infeksi.

Belum lagi, ketika si kecil menggunakan popok terlalu lama dengan kondisi popok penuh cairan atau feses. Hal ini harus dihindari karena dapat menyebabkan ruam popok pada kulit si kecil. Untuk itu, pentingnya pemahaman orang tua untuk rutin mengganti popok si kecil minimal 3-4 jam sekali meskipun popoknya belum penuh.

2. Ruam popok akibat jamur

Pemilihan popok untuk si kecil sebaiknya dipikirkan matang-matang oleh para orang tua. Pilihlah popok yang memiliki daya serap tinggi, mampu mengunci cairan dengan baik, daya tampungnya lebih besar dan penyerapan merata. Karena dengan popok ideal seperti itu, permukaan popok tetap kering tahan lama, cairan yang terserap tidak rembes kembali dan membasahi kulit bayi. Artinya, kelembaban kulit si kecil dapat terjaga dengan maksimal.

Lalu apa dampaknya jika popok si kecil permukaannya basah dan tidak dapat menyerap dengan baik? Si kecil rentan mengalami ruam popok akibat jamur yang senang berkembang biak di area popok yang lembab. Biasanya jamur yang berkembang ini adalah jamur Candida dan efeknya bisa membuat kulit kemerahan, gatal dan perih.

3. Ruam popok akibat alergi

Ketika memasuki usia 6 bulan, si kecil akan mulai mengenal makanan padat selain ASI. Dari makanan yang dikonsumsinya mungkin ada zat alergen yang dapat menyebabkan tubuhnya bereaksi terhadap alergen tersebut dan memicu reaksi alergi. Reaksi alergi ini sama dengan alergi zat tertentu seperti pewarna, pengawet dan wewangian yang mengenai kulit si kecil.

Ruam popok yang diakibatkan oleh reaksi alergi tersebut dapat ditandai dengan munculnya kulit bersisik, adanya kemerahan pada kulit si kecil dan gatal. Untuk mengatasinya, mom dan dad harus menghentikan pemicunya. Bisa dievaluasi kembali apa saja yang sudah diberikan oleh kepada si kecil sehingga dapat mengetahui sumber alerginya.

Popok MAKUKU terbukti efektif mengurangi ruam popok

Sebagai pelopor popok dengan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer), semua varian popok MAKUKU efektif dalam mengurangi ruam popok. Penggunaan inti struktur SAP sebagai material utama membuat popok MAKUKU anti gumpal. Kenapa anti gumpal? Karena inti struktur SAP mampu menyerap cairan dengan maksimal, mengunci cairan yang sudah terserap dan tidak membuatnya rembes kembali ke permukaan. Sehingga permukaan popok tetap kering tahan lama dan tidak membuat kulit si kecil lembab. Dengan menjaga kelembaban kulit bayi itu artinya dapat mengurangi risiko ruam popok. Popok dengan daya serap yang tinggi seperti popok MAKUKU yang direkomendasikan beberapa dokter.

MenggunAkan popok yang anti gumpal ini juga memiliki banyak manfaat selain efektif dalam mengurangi ruam popok. Berikut ini keuntungan yang dirasakan si kecil saat menggunakan popok anti gumpal:

  • Bayi bebas bergerak tanpa mengganggu kenyamanannya dan membuat si kecil keberatan dengan popok yang berisi cairan.
  • Memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga si kecil tidak kegerahan saat menggunakan popok.
  • Penyerapannya yang merata dan tidak terserap hanya di satu titik sehingga popok MAKUKU tidak mudah bocor.
  • Mampu mengurangi risiko ruam popok
  • Tidak memengaruhi bentuk kaki bayi

Kini MAKUKU memiliki 4 series popok yang bisa mom dan dad pilih sesuai dengan kebutuhan yaitu MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort, MAKUKU SAP Diapers Pro Care dan MAKUKU SAP Diapers Balance Care. Jadi, jika mom dan da Takut Ruam Popok, yuk Pakai MAKUKU! (Aq/MKK) 

 

ruampopok

popokbayi

CEGAHRUAMPOPOK

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
4 Makanan Penyebab Ruam Popok yang Wajib Moms Tahu

Jika ruam popok pada si Kecil tidak hilang, mungkin disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Temukan informasi mengenai makanan penyebab ruam popok di sini

MAKUKU
2024-02-16 14:29:50
0 Comment
HARUS BACA
10 Tanda-Tanda Hamil Muda Yang Tidak Disadari Wanita

Pelajari tanda-tanda umum kehamilan yang sering muncul. Lakukan pemeriksaan kesehatan segera untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik.

MAKUKU
2024-02-16 14:16:41
0 Comment