7 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil & Janin

Temukan manfaat semangka untuk ibu hamil dan janin, mulai dari mencegah mual di pagi hari hingga mendukung perkembangan otak bayi.

written by : MAKUKU - 11 Jun 2024

Viewed : 6 times  Read duration : Page Views : 31 times

Ibu hamil diharuskan mengonsumsi makan sehat termasuk buah-buahan. Salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah semangka. Selain enak, buah semangka memiliki kandungan baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Yuk, simak apa saja manfaat buah semangka untuk ibu hamil dan janin serta kandungan apa saja yang terdapat dalam buah semangka.

Kandungan Nutrisi Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Buah semangka dikenal tidak hanya karena rasanya yang manis dan menyegarkan, tetapi juga karena kandungan nutrisinya yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa kandungan utama dalam buah semangka:

  1. Air: Semangka terdiri dari sekitar 90% air, menjadikannya pilihan ideal untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama pada hari-hari panas atau saat aktivitas fisik tinggi.
  2. Vitamin C: Vitamin C dalam semangka membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung kesehatan kulit, dan berperan dalam penyembuhan luka.
  3. Vitamin A: Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Semangka mengandung beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A.
  4. Vitamin B6: Vitamin B6 berperan dalam fungsi otak dan membantu tubuh mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi.
  5. Likopen: Likopen adalah antioksidan kuat yang memberikan warna merah pada semangka. Likopen memiliki sifat anti-inflamasi dan diyakini dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.
  6. Asam Amino Citrulline: Citrulline membantu meningkatkan aliran darah dan dapat mengurangi nyeri otot. Citrulline diubah menjadi arginin dalam tubuh, yang penting untuk fungsi jantung dan sirkulasi darah.
  7. Magnesium: Magnesium penting untuk kesehatan otot dan saraf, membantu menjaga irama jantung tetap stabil, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.
  8. Kalium: Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, mendukung fungsi otot dan saraf yang normal.
  9. Serat: Semangka mengandung serat makanan yang membantu mendukung pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit.
  10. Karbohidrat: Karbohidrat dalam semangka memberikan energi instan. Meskipun jumlahnya relatif rendah dibandingkan dengan buah lain, ini membuat semangka menjadi camilan rendah kalori yang baik.

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Semangka adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan janin. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, semangka mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang mendukung kesehatan ibu hamil. Berikut adalah tujuh manfaat semangka untuk ibu hamil dan janin yang patut diketahui.

1. Menjaga Sistem Imunitas

Semangka mengandung vitamin C yang tinggi, yang berperan penting dalam menjaga sistem imunitas. Selama kehamilan, menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk melindungi ibu dan janin dari infeksi dan penyakit. Mengonsumsi semangka secara rutin dapat membantu meningkatkan asupan vitamin C, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

2. Mengatasi Kram

Ibu hamil sering mengalami kram kaki akibat perubahan hormon dan peningkatan berat badan. Semangka memiliki kandungan magnesium dan potasium yang dapat membantu meredakan kram dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Nutrisi ini membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan mengurangi frekuensi kram.

3. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Kandungan vitamin A dalam semangka sangat bermanfaat untuk perkembangan organ penglihatan dan kulit janin. Selain itu, semangka juga mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Mengonsumsi semangka secara teratur dapat memberikan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin yang optimal.

4. Meredakan Morning Sickness

Morning sickness adalah salah satu keluhan umum yang dialami ibu hamil pada trimester pertama. Kandungan air yang tinggi dalam semangka dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan meredakan mual. Selain itu, rasa manis alami semangka dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk ibu hamil yang sering merasa mual.

5. Mengurangi Pembengkakan

Pembengkakan atau edema sering terjadi pada ibu hamil, terutama pada trimester ketiga. Semangka memiliki efek diuretik alami yang membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh. Dengan mengonsumsi semangka, ibu hamil dapat mengurangi pembengkakan pada kaki, tangan, dan wajah.

6. Meredakan Asam Lambung Berlebih

Asam lambung berlebih atau heartburn seringkali menjadi masalah bagi ibu hamil, terutama saat perut semakin membesar. Semangka memiliki sifat alkali yang dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala heartburn. Selain itu, kandungan air yang tinggi juga membantu mendinginkan sistem pencernaan.

7. Mengurangi Risiko Preeklamsia

Preeklamsia adalah kondisi serius yang dapat terjadi selama kehamilan dan ditandai oleh tekanan darah tinggi. Semangka mengandung likopen, sebuah antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko preeklamsia. Mengonsumsi semangka secara teratur dapat memberikan manfaat protektif bagi ibu hamil terhadap kondisi ini.

Semangka bukan hanya sekedar buah yang menyegarkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin. Dari menjaga sistem imunitas hingga mengurangi risiko preeklamsia, semangka adalah pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan selama kehamilan.

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan makanan baru dalam diet harian moms. Selamat menikmati kehamilan yang sehat dan bahagia dengan manfaat semangka! (Aq/MKK)

semangkauntukibuhamil

manfaatsemangka

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
10 Cara agar Bayi Pipis Lancar, Ketahui Penyebabnya

Memastikan bahwa bayi pipis dengan lancar sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka. Simak 5 cara agar bayi pipis lancar di artikel ini.

MAKUKU
2023-09-26 21:25:13
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Normal atau Perlu Diwaspadai?

Wajar kah bayi 9 bulan belum tumbuh gigi? Pertanyaan ini sering kali membuat para orang tua cemas. Yuk, temukan jawabannya di sini!

MAKUKU
2024-06-14 09:20:30
0 Comment
HARUS BACA
7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Agar Nyaman Beraktivitas

Mual dan muntah adalah keluhan umum selama kehamilan. Artikel ini membahas cara mengatasi mual saat hamil agar tetap nyaman saat beraktivitas.

MAKUKU
2024-06-13 08:51:14
0 Comment