7 Cara Alami Hilangkan Gatal pada Anak, Cepat dan Aman!

Gatal pada anak memang bikin rewel dan mengganggu. Tenang, Moms! Ada banyak cara alami hilangkan gatal pada anak yang aman dan cepat.

written by : MAKUKU - 7 Jun 2024

Viewed : 1 times  Read duration : Page Views : 22 times

Masalah kulit seperti gatal-gatal bisa dialami oleh siapapun, termasuk anak-anak. Gatal pada anak memang sangat mengganggu dan bila digaruk bisa menyebabkan luka pada kulit. Selain menggunakan obat-obatan, moms juga bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi gatal pada anak.

Nah, sebelum membahas bagaimana cara mengatasi gatal pada anak secara alami, kita perlu mengetahui penyebab gatal pada anak terlebih dahulu. Yuk, simak penjelasannya agar tidak panik saat menghadapi gata-gatal pada anak.

Penyebab Gatal pada Anak

Faktanya, gatal pada anak bisa disebabkan oleh berbagai hal. berikut adalah beberapa penyebab umum gatal pada anak yang wajib moms and dads ketahui:

  1. Dermatitis Atopik (Eksim)
  2. Alergi kulit
  3. Gigitan serangga
  4. Infeksi kulit
  5. Kulit kering
  6. Dermatitis kontak
  7. Biang keringat
  8. Psoriasis
  9.  Cacar air
  10. Kurap (tinea)

Sementara untuk gejala gatal pada anak adalah ruam melingkar yang gatal, bersisik, dan mungkin merah atau gelap di pinggirannya. Dengan mengetahui penyebab gatal pada anak, moms and dads dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengurangi ketidaknyamanan si kecil dan memastikan mereka mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

Cara Mengatasi Gatal Pada Anak Secara Alami

Sebelum membawa si kecil ke dokter, moms mungkin dapat memberikan perawatan dan pertolongan pertama sementara untuk mengatasi gatal pada anak. Karena gatal pada kulit anak bisa membuatnya rewel, tidak nyaman dan bahkan si kecil tidak tahan untuk menggaruknya.

Ada beberapa bahan rumahan yang bisa dijadikan sebagai obat gatal alami untuk anak. Mengatasi gatal pada anak secara alami bisa menjadi pilihan yang efektif dan aman, terutama untuk menghindari efek samping dari obat-obatan kimia. Berikut adalah tujuh cara alami yang dapat membantu menghilangkan gatal pada anak dengan cepat dan aman:

1. Mandi Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengatasi gatal pada anak. Oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat meredakan gatal dan iritasi kulit. Caranya campurkan satu cangkir oatmeal koloid ke dalam air mandi hangat dan biarkan anak berendam selama 15-20 menit.

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat meredakan gatal dan mempercepat penyembuhan kulit. Lidah buaya dipercaya secara turun menurun sebagai obat gatal alami. Cara mengaplikasikannya, ambil gel lidah buaya segar dan oleskan langsung pada area kulit yang gatal.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki manfaat baik untuk mengatasi masalah kulit seperti ruam dan gatal-gatal. Minyak kelapa melembabkan kulit dan memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi gatal dan iritasi. Cara menggunakannya mudah moms, oleskan minyak kelapa murni pada kulit yang gatal beberapa kali sehari.

4. Madu

Madu memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan melembabkan yang dapat menenangkan kulit dan mengurangi gatal. Moms hanya perlu mengoleskan tipis  madu murni pada area kulit yang gatal dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat mengurangi peradangan dan menenangkan kulit yang gatal. Hal ini dikarenakan suhu dingin pada es batu bisa memberikan efek seperti mati rasa pada kulit . Sehingga si kecil tidak akan merasa gatal sementara waktu. Caranya, bungkus beberapa es batu dalam kain bersih atau rendam kain dalam air dingin, lalu tempelkan pada area yang gatal selama 10-15 menit.

6. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gatal dan membersihkan kulit dari iritasi. Cukup campurkan satu bagian cuka apel dengan satu bagian air dan aplikasikan dengan kapas pada area kulit yang gatal.

7. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk mengatasi gatal pada anak. Dengan membuat pasta kunyit atau menggunakan mandi kunyit, moms dapat meredakan gatal dengan cara yang aman dan alami. Campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air atau minyak kelapa untuk membuat pasta. Oleskan pasta kunyit secara merata pada area kulit yang gatal. Biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.

Selain menggunakan cara alami diatas, moms perlu memperhatikan beberapa hal. Meliputi ukuran baju si kecil, gunakan pakaian berbahan katun yang longgar untuk mengurangi gesekan dan iritasi pada kulit. Pastikan kuku si kecil dipotong secara teratur dan ajari mereka untuk tidak menggaruk area yang gatal agar mencegah luka dan infeksi. Moms juga harus menjaga kelembaban kulit si kecil dengan menggunakan pelembab yang aman untuk anak-anak dan pastikan kulit tetap terhidrasi.

Bagi si kecil yang masih menggunakan popok, berikan popok yang lembut untuk menghindari gesekan yang dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi kulit anak. MAKUKU, popok anti gumpal yang dirancang menggunakan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) membuat popok lembut, mengurangi risiko kebocoran dan ruam popok.

Itulah cara mengatasi gatal pada anak secara alami yang bisa moms and dads praktikan di rumah secara aman dan efektif. Namun, jika gatal tidak kunjung membaik atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Aq/MKK)

KulitGatal

GatalPadaKUlitBayi

caramenghilangkangatal

caramengatasigatalpadaanaksecaraalami

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
10 Cara agar Bayi Pipis Lancar, Ketahui Penyebabnya

Memastikan bahwa bayi pipis dengan lancar sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka. Simak 5 cara agar bayi pipis lancar di artikel ini.

MAKUKU
2023-09-26 21:25:13
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Normal atau Perlu Diwaspadai?

Wajar kah bayi 9 bulan belum tumbuh gigi? Pertanyaan ini sering kali membuat para orang tua cemas. Yuk, temukan jawabannya di sini!

MAKUKU
2024-06-14 09:20:30
0 Comment
HARUS BACA
7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Agar Nyaman Beraktivitas

Mual dan muntah adalah keluhan umum selama kehamilan. Artikel ini membahas cara mengatasi mual saat hamil agar tetap nyaman saat beraktivitas.

MAKUKU
2024-06-13 08:51:14
0 Comment