10 Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Trimester Pertama

Temukan 10 Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Trimester Pertama

written by : MAKUKU - 13 Mei 2024

Viewed : 1 times  Read duration : Page Views : 25 times

Kehamilan yang ditunggu-tunggu membutuhkan perhatian ekstra agar janin dalam kandungan dapat tumbuh sehat. Apalagi kehamilan di trimester pertama sangat penting untuk perkembangan normal janin. Agar bayi dalam kandungan sehat, ada beberapa larangan ibu hamil trimester pertama yang harus dihindari.

Larangan Ibu Hamil di Trimester Pertama yang Harus Dihindari

Sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan hal-hal yang harus dihindari, terutama selama trimester pertama kehamilan. Selama trimester pertama kehamilan, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar ibu hamil dan janinnya tetap sehat dan aman. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Asap rokok dan alkohol

Merokok dan terkena paparan asap rokok dapat merugikan kesehatan bayi yang sedang berkembang dalam kandungan dan meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, serta berbagai masalah kesehatan lainnya. Hindari juga minuman beralkohol yang dapat memberikan dampak yang sama buruknya.

2. Kotoran kucing

Kotoran kucing dapat mengandung parasit yang disebut toxoplasma gondii, yang berpotensi menyebabkan infeksi toxoplasmosis pada ibu hamil dan dapat membahayakan perkembangan janin. Jika moms harus membersihkan kotoran kucing sendiri, pakailah sarung tangan dan segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya.

3. Kafein berlebihan

Konsumsi kafein berlebihan dapat meningkatkan risiko keguguran dan berdampak negatif pada perkembangan janin. Kafein juga dapat membuat ibu hamil mudah dehidrasi. Disarankan untuk membatasi konsumsi kafein selama kehamilan. Jika moms merasa membutuhkan minuman untuk menghilangkan rasa kantuk dan lelah, beralihlah ke minuman the jahe, infused water atau air putih.

4. Memijat perut

Pijatan perut yang terlalu kuat atau tidak tepat bisa berisiko menyebabkan kontraksi hingga keguguran, terutama pada trimester pertama ketika janin masih sangat rentan. Memijat tubuh untuk ibu hamil boleh saja, namun hindari bagian perut dan pastikan kegiatan memijat ini dilakukan oleh terapis profesional dan terlatih.

5. Makanan tertentu

Beberapa makanan mentah atau setengah matang, seperti daging mentah, telur mentah, serta produk olahan susu mentah atau tidak dipasteurisasi, bisa mengandung bakteri atau parasit yang berpotensi membahayakan ibu hamil dan janinnya. Ibu hamil juga harus menghindari makanan seperti jeroan, buah beralkohol tinggi seperti durian, daging deli yang biasa terdapat pada sandwich dan ikan yang mengandung tinggi merkuri.

6. Obat tertentu

Beberapa jenis obat, terutama yang tidak diresepkan oleh dokter, bisa berisiko bagi ibu hamil dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi obat apapun selama kehamilan.

7. Stres berlebihan

Stres yang tidak terkontrol dapat berdampak negatif pada kehamilan. Stress dapat mengurangi asupan oksigen dan nutrisi yang semestinya disalurkan pada janin dan hal ini dapat menyebabkan keguguran. Penting untuk mencari cara untuk mengelola stres, seperti dengan berolahraga ringan, meditasi, atau mendapatkan dukungan psikologis jika diperlukan.

8. Mandi air panas

Paparan terlalu lama pada air panas dapat meningkatkan suhu tubuh secara signifikan, yang dapat berpotensi merusak perkembangan janin dan cacat lahir. Disarankan untuk menghindari mandi air panas yang terlalu panas dan sauna. Cobalah untuk mandi dengan air hangat dan memilih suhu yang nyaman.

9. Olahraga berat

Meskipun olahraga penting untuk kesehatan ibu hamil, olahraga yang terlalu berat atau intensitas tinggi bisa meningkatkan risiko keguguran pada trimester pertama. Disarankan untuk memilih jenis olahraga ringan atau yang sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan ibu hamil.

10. Begadang

Kurang tidur atau begadang dapat mengganggu sistem metabolisme dan fungsi tubuh secara keseluruhan, yang dapat berdampak negatif pada perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan tidur dengan baik selama trimester pertama.

Setiap kehamilan itu berbeda-beda. Penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan panduan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan ibu hamil. Agar kehamilan berjalan sehat dan aman, sebaiknya ibu hamil menghindari hal-hal tersebut di trimester pertama. (Aq/MKK)

laranganibuhamil

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
10 Tanda Tanda Hamil yang Umumnya Sering Terjadi

Gejala umum yang biasa dirasakan wanita hamil adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Simak 10 tanda tanda hamil yang sering terjadi

MAKUKU
2023-04-05 16:44:27
0 Comment
HARUS BACA
Kenali Tanda-Tanda Hamil yang Tidak Disadari

Selain mual dan juga muntah-muntah, ternyata ada beberapa tanda-tanda hamil yang tidak disadari namun sering kali muncul. Yuk ketahui untuk tanda yang lainnya.

MAKUKU
2022-12-06 13:19:42
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
HARUS BACA
Ulang Tahun Ke-3, MAKUKU Bagi-Bagi Hadiah dan Dapatkan Disini

Ulang Tahun Ke-3, MAKUKU Bagi-Bagi Hadiah dan Dapatkan Informasil Lengkapnya Disini.

MAKUKU
2024-05-17 15:04:30
0 Comment
HARUS BACA
10 Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Trimester Pertama

Kehamilan Sehat dan Aman adalah Dambaan Setiap Ibu Hamil. Ketahui Apa Saja Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil Trimester Pertama Agar Bayi Sehat.

MAKUKU
2024-05-13 10:17:39
0 Comment