Jangan Salah Pilih Ya! Berikut Tips Mudah Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Jangan Salah Pilih Ya! Berikut Tips Mudah Memilih Popok Bayi Baru Lahir

written by : Makuku Family - 11 Jan 2022

Viewed : 35 times  Read duration : Page Views : 253 times

Kelahiran si kecil pastinya menjadi momentum yang sangat menggembirakan, apalagi bagi Anda yang baru menjadi orang tua dan sangat menantikan kelahiran buah hati pertama. Menyambut kelahiran si buah hati, pastinya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari mempersiapkan rumah, perlengkapan bayi, pakaian bayi, serta tak ketinggalan susu dan popok bayi. Semua barang tersebut menjadi barang yang wajib dimiliki oleh semua orang tua demi mendukung kesehatan dan perkembangan si kecil. 

Bagi para orang tua muda, mempersiapkan keperluan bayi tentunya harus dilakukan dengan teliti dan tepat guna. Tentunya Anda juga perlu meminta pendapat dari keluarga atau teman-teman Anda yang sudah memiliki anak. Meski begitu, seringkali para orang tua dilanda kebingungan saat harus memilih produk popok bayi yang cocok untuk si kecil. Bukan tanpa alasan, popok bayi menjadi barang yang akan bersentuhan langsung dengan kulit si kecil, sehingga Anda perlu memilih popok bayi yang tepat.

 Varian produk popok untuk bayi yang baru lahir memang lebih sedikit dibanding popok bayi lainnya. Padahal, penggunaan popok untuk bayi yang baru lahir selama beberapa minggu awal sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan bayi. Pastinya Anda ingin memberikan perhatian dan perawatan terbaik untuk tumbuh kembang si kecil. Penggunaan popok yang tepat juga akan memudahkan Anda dalam merawat bayi. Sebaliknya, jika Anda memilih popok bayi yang kurang tepat, hal tersebut bisa membuat bayi merasa tidak nyaman karena berpotensi menimbulkan iritasi kulit.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih popok bayi baru lahir, diantara Anda perlu memilih ukuran popok yang sesuai. Sebelum beli popoknya, yuk catat dulu beberapa tips berikut ya!

 Pilih Jenis Popok Yang Tepat

Tips pertama yang bisa Anda terapkan adalah memilih jenis popok yang tepat untuk bayi Anda. Ada dua jenis popok bayi yang bisa digunakan, yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Kedua jenis popok tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan popok kain lebih ramah lingkungan karena bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Namun, penggunaan popok kain kurang efektif dalam menyerap urine atau kotoran. Anda perlu rutin memeriksa dan mencuci ulang popok kain, karena jika tidak hal tersebut bisa membuat kulit bayi menjadi ruam dan iritasi. 

Sementara itu, popok sekali pakai lebih efektif dalam menyerap urine dan kotoran, sehingga bisa mencegah risiko ruam dan iritasi pada kulit. Akan tetapi, popok sekali pakai kurang ramah lingkungan dan harganya cukup mahal karena Anda harus membelinya berkali-kali.

 Pilih Ukuran Popok Yang Sesuai

Tips kedua dalam memilih popok yang sesuai untuk si kecil adalah Anda perlu memilih ukuran popok yang tepat sesuai dengan berat badan si Kecil. Popok bayi berfungsi untuk menyerap urine dan kotoran, sehingga Anda perlu memilih ukuran popok yang pas agar bisa memaksimalkan fungsi dari popok tersebut. Pastikan ukuran popok bayi Anda tidak kebesaran dan tidak kekecilan. Penggunaan ukuran popok yang tepat juga bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman dan leluasa dalam bergerak. 

Selain itu, dalam membeli popok bayi sebaiknya Anda tidak membeli terlalu banyak popok dalam satu ukuran yang sama. Si kecil tentunya akan terus tumbuh dan berkembang, sehingga ukuran popok bayi Anda mungkin saja akan bertambah.

 Perhatikan Respon Bayi

Tips ketiga yang bisa Anda terapkan adalah memperhatikan respon si kecil. Ketika pertama kali menggunakan popok bayi, biasanya si kecil akan menunjukan respon berupa gestur tubuh yang menandakan bahwa ia belum terbiasa dengan popok yang digunakan. Hal tersebut wajar terjadi untuk beberapa waktu awal. Namun, jika respon bayi terhadap popok terlihat semakin tidak nyaman, itu artinya popok yang digunakan kurang tepat untuk si kecil. Segeralah ganti popok bayi Anda agar ia merasa lebih nyaman. Membiarkan bayi menggunakan popok yang kurang nyaman juga bisa menimbulkan ruam dan iritasi kulit.

 Perkirakan Kebutuhan Popok

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan yaitu memperkirakan kebutuhan popok bayi. Sebelum  membeli popok, pastikan Anda sudah menghitung berapa banyak kebutuhan popok bayi Anda dalam satu hari, satu minggu, dan satu bulan. Memperkirakan jumlah popok yang dibutuhkan oleh si kecil bisa memudahkan Anda dalam membeli popok sekaligus untuk satu atau dua minggu. Dengan begitu, Anda tidak perlu pergi ke supermarket setiap hari untuk membeli popok. Hal ini tentunya lebih menghemat waktu. 

Membeli popok sekaligus dalam jumlah banyak biasanya juga memberikan keuntungan bagi Anda, yaitu Anda bisa mendapat potongan harga yang menarik dan bisa menghemat pengeluaran. Namun perlu diingat, dalam membeli popok, sebaiknya Anda membeli ukuran yang berbeda atau sedikit lebih besar dari ukuran popok yang digunakan saat itu. Sebab si kecil akan tumbuh dan berkembang sehingga membutuhkan ukuran popok yang lebih besar.

 Perhatikan Daya Serap Popok

Tips terakhir dalam memilih popok bayi yang baru lahir adalah Anda perlu memperhatikan daya serap popok. Popok yang bagus adalah popok yang mempunyai kemampuan penyerapan yang cepat dengan stabilitas yang baik sehingga memiliki daya tampung maksimal. Popok dengan daya serap yang baik bisa membuat permukaan popok jadi tetap kering dan bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman. Selain itu, daya serap yang baik juga bisa menghindari lembab dan mencegah munculnya ruam atau iritasi kulit. Anda perlu memilih popok dengan daya serap maksimal baik untuk penggunaan pada malam hari maupun siang hari. Untuk menguji daya serap popok, Anda bisa menuangkan air ke dalam popok kemudian gunakan tisu untuk menyeka permukaan popok.

Itulah beberapa tips mudah dalam memilih popok untuk bayi yang baru lahir. Anda perlu mengutamakan kenyamanan dan fungsi utama dari popok tersebut. Anda bisa memilih popok bayi MAKUKU Air Diapers sebagai pilihan popok terbaik untuk si kecil. Popok bayi yang satu ini menggunakan bahan yang anti gumpal, super tipis, tidak ada osmosis baik, memiliki struktur 3D, dan sirkulasi udara yang baik sehingga dapat memberikan kenyaman ekstra untuk si kecil. MAKUKU Air Diapers sangat cocok digunakan oleh bayi karena bisa memberikan kenyamanan dan fungsi yang maksimal untuk si kecil.

kulitbayi

popokbayi

popokberkualitas

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

Makuku Family
2022-02-21 10:41:39
7 comments
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
BARU! Super Promo MAKUKU Bulan Januari, Giveaway Stroller Hingga Diskon 50%

MAKUKU di bulan Januari memiliki banyak diskon yang bikin belanja makin hemat. Jangan sampai ketinggalan super promo produk MAKUKU SAP Diapers semua varian.

Makuku Family
2023-01-04 09:09:30
7 comments
GAYA HIDUP
Chelsea Olivia, Nikita Willy dan Jessica Iskandar Buka-bukaan Soal Anaknya, Curhat Apa Saja Sih?

Mom selebriti Chelsea Olivia, Nikita Willy dan Jessica Iskandar akan buka- bukaan soal rahasia anaknya. Mereka akan berbagi pengalaman dan tips memilih popok yang tepat bagi si kecil.

Makuku Family
2022-12-09 17:29:51
7 comments