Hamil 4 Bulan? Berikut Ini Yang Perlu Ibu Hamil Perhatikan!

Ketahui Perkembangan Ibu Hamil dan Janin Saat Hamil 4 Bulan

written by : Makuku Family - 22 Okt 2022

Viewed : 10 times  Read duration : Page Views : 24 times

Masa hamil 4 bulan, alias jelang akhir trimester pertama, menjadi salah satu masa yang sangat membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Maka dari itu, tak jarang para pasangan suami istri mempersiapkan setiap kebutuhan untuk bayinya kelak. Mulai dari mempersiapkan tempat untuk melahirkan dan juga keperluan bayi. 

Tidak hanya ketika melahirkan saja, namun selalu memperhatikan kebutuhan ketika masa kehamilan juga. Mulai dari nutrisi hingga kesehatan ibu dan juga bayi. Untuk Anda yang sedang hamil 4 bulan berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. 

1. Perhatikan Asupan Asam Folat 
Asam folat sangat penting bagi ibu hamil dan juga janinnya. Pada masa kehamilan khususnya hamil 4 bulan, tubuh ibu hamil akan terus membutuhkan asupan nutrisi seperti vitamin dan juga asam folat. Pada umumnya ibu hamil memerlukan asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. 

Asam folat sendiri sangat berguna untuk membentuk janin menjadi sehat dan sempurna. Asam folat juga sangat penting untuk menghindari bayi dari lahir cacat, diabetes, dan juga kelahiran prematur. Maka dari itu, pastikan Anda selalu stok asam folat di rumah selama masa kehamilan. 

2. Makan Secara teratur 
Ibu hamil akan membutuhkan asupan makanan lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Hal tersebut karena selain memenuhi nutrisi untuk tubuhnya, ibu hamil juga perlu memenuhi nutrisi untuk bayi di dalam perutnya. 

Maka dari itu, pastikan Anda makan secara teratur dan makan makanan yang sehat dan  bergizi. Pastikan Anda memenuhi seluruh vitamin, serat, dan mineral selama masa kehamilan. Hindari makan makanan yang dilarang oleh ibu hamil seperti makanan atau minuman yang menyebabkan kontraksi. 

3. Olahraga Secara Teratur 
Olahraga bagi ibu hamil sangatlah penting dan memiliki manfaat cukup banyak. Salah satunya yaitu untuk menjaga agar ibu dan bayi tetap sehat. Selain itu berolahraga juga dapat membuat ibu menjadi lebih rileks dan tidak mudah stress. 

Bagi Anda ibu hamil yang ingin berolahraga, pastikan olahraga yang Anda lakukan sesuai dan tidak membahayakan janin. Anda dapat mengikuti kelas yoga ataupun kelas khusus ibu hamil. Selain membuat badan tetap sehat, olahraga secara teratur juga berpeluang untuk melahirkan secara lancar dan mudah. 

4. Istirahat Teratur 
Selain berolahraga, ibu hamil juga memerlukan istirahat yang teratur. Pastikan Anda mengatur jadwal istirahat yang pasti. Istirahat sangat penting untuk menstimulasi energi dan mengembalikan kembali energi yang hilang sebab ibu hamil akan lebih mudah lelah dibandingkan sebelumnya. 

Pastikan Anda tidur secara teratur khususnya di malam hari agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga. Hindari aktivitas yang berat dan secara terus menerus agar tidak terjadi masalah pada ibu dan juga bayi. 

5. Persiapkan Segala Kebutuhan Bayi 
Hamil 4 bulan menjadi sebuah masa yang cukup menyenangkan, pasalnya kehamilan tersebut ibu sudah mulai merasakan adanya bayi yang dapat teraba karena perut yang sudah mulai membesar. Maka dari itu, mulailah untuk mempersiapkan segala kebutuhan bayi. 

Anda dapat mulai menentukan akan melahirkan di mana, dan menentukan apakah nantinya bayi perlu tempat tidur sendiri ataupun tidak. Dan perlu mempersiapkan seperti pakaian hingga keperluan untuk mandinya. Dengan begitu maka Anda dapat lebih santai ketika hendak melahirkan sebab semuanya telah dipersiapkan. 

Itulah beberapa hal mengenai persiapkan yang perlu Anda lakukan ketika hamil 4 bulan. Selain itu, Anda juga memerlukan popok kualitas terbaik seperti MAKUKU SAP Diapers Pro Care NB untuk bayi Anda yang beru lahir. Dengan kelebihan fitur “U” shape pada bagian tengah yang berfungsi untuk mengurangi gesekan serta melindungi tali pusar Bayi Anda yang baru lahir. (M2M)

Hamil4Bulan

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

Makuku Family
2022-02-21 10:41:39
7 comments
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
BARU! Super Promo MAKUKU Bulan Januari, Giveaway Stroller Hingga Diskon 50%

MAKUKU di bulan Januari memiliki banyak diskon yang bikin belanja makin hemat. Jangan sampai ketinggalan super promo produk MAKUKU SAP Diapers semua varian.

Makuku Family
2023-01-04 09:09:30
7 comments
GAYA HIDUP
Chelsea Olivia, Nikita Willy dan Jessica Iskandar Buka-bukaan Soal Anaknya, Curhat Apa Saja Sih?

Mom selebriti Chelsea Olivia, Nikita Willy dan Jessica Iskandar akan buka- bukaan soal rahasia anaknya. Mereka akan berbagi pengalaman dan tips memilih popok yang tepat bagi si kecil.

Makuku Family
2022-12-09 17:29:51
7 comments