Cara Alami Memperbanyak Produksi ASI dengan Cepat

Cara Alami Memperbanyak Produksi ASI dengan Cepat

written by : MAKUKU - 15 Sep 2022

Viewed : 60 times  Read duration : Page Views : 553 times

Memberikan ASI eksklusif untuk si kecil adalah dambaan Sebagian besar ibu. Sayangnya tidak semua ibu dapat memproduksi ASI dengan banyak. ASI yang keluarnya sedikit bisa memicu ibu depresi karena mengkhawatirkan apa si kecil mendapatkan ASI dengan cukup atau tidak. Ibu yang tidak dapat memproduksi ASI melimpah biasa akan beralih ke susu formula. Padahal ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi agar tumbuh kembangnya optimal. Bila keinginan ibu untuk memberikan ASI eksklusif ini terhambat karena ASI yang sedikit, ada beberapa cara alami untuk memperbanyak produksi ASI dengan cepat.

Bila moms salah satu ibu yang kesulitan dalam memproduksi ASI, jangan terburu-buru memberikan si kecil susu formula. Hal penting dalam menyusui si kecil adalah sang ibu harus merasa senang, tidak tertekan dan tidak stres. Bila sang ibu merasa kurang happy, maka dapat memengaruhi produksi ASI dan untuk memproduksi ASI dengan cepat akan lebih sulit.

Cara Memperbanyak Asi Secara Alami

Meningkatkan produksi ASI bisa dilakukan dengan memijat payudara dengan benar. Tidak banyak yang tahu bahwa pemijatan payudara memiliki dampak besar pada produksi ASI. Memijat payudara dapat memudahkan payudara dalam memproduksi ASI. Dimana peredaran payudara akan semakin lancar dan pijatan tersebut membantu mengurai kelenjar susu yang mengendap di saluran ASI dalam payudara.

Dalam proses menyusui, tantangan yang harus dihadapi oleh ibu menyusui adalah pembengkakan payudara. Pijatan payudara ini menguntungkan untuk ibu menyusui karena dapat membantu meredakan pembengkakan sehingga produksi ASI akan lebih banyak dan tidak terhambat. Disisi lain setiap sentuhan lembut atau pijatan kecil dapat membuat tubuh mom lebih rileks sehingga dapat meningkatkan kualitas proses menyusui si kecil.

Adapun cara memijat payudara agar produksi ASI lebih banyak dengan cepat yaitu sebagai berikut ini:

  1. Cucilah tangan sebelum memijat payudara agar kebersihan payudara tetap terjaga.
  2. Letakkan tangan di payudara bawah bagian kiri dan tangan lainnya menekan payudara bagian atas.
  3. Gerakkan maju mundur secara perlahan dan lembut. Jika tangan kiri bergerak maju maka tangan lain bergerak mundur.
  4. Lalu posisikan kedua telapak tangan pada bagian depan payudara dna gerakkan satu ke atas dan satu ke bawah. Mom bisa mengulanginya sebanyak 15-20 kali.
  5. Selain itu, buat Gerakan melingkar di area sekitar puting sebanyak 15-20 kali.
  6. Urut atau pijat secara perlahan mulai dari arah bawah hingga mengerucut ke arah putting.
  7. Gunakan ujung ibu jari dan jari telunjuk untuk memelintir secara lembut serta perlahan bagian puting dan lakukan beberapa kali.

Selain dengan pijat payudara, agar ASI melimpah sebaiknya ibu menyusui menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Caranya dengan memperbanyak minum terutama air putih, minimal mom minum 8 gelas air putih per hari. Namun untuk jumlah air putih pada setiap orang kebutuhannya berbeda dan tetap harus disesuaikan dengan kondisi tubuh mom. Minum air putih yang banyak cukup efektif dalam memperbanyak ASI. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Menjaga pola hidup sehat dna mendapatkan waktu istirahat atau tidur yang cukup, mengompres payudara untuk mencegah mastitis dan menjaga kebersihan payudara serta pintar dalam mengatur emosi atau suasana hati.

Bila sudah melakukan banyak stimulasi untuk memperbanyak produksi ASI, hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan adalah konsisten dalam menyusui. Salah satu prinsip dalam memproduksi ASI dan menyusui adalah prinsip supply and demand (penawaran dan permintaan). Artinya, semakin sering payudara dihisap dan dikosongkan, maka semakin sering dan banyak ASI yang dihasilkan. Sehingga dapat merangsang payudara untuk lebih banyak dalam memproduksi ASI.

Biasanya bayi baru lahir akan menyusu setiap 2-3 jam sekali. Berarti mom akan menyusui si kecil sebanyak 8-12 kali setiap harinya. Menyusui secara rutin ini dapat membuat otak mom terbiasa memproduksi ASI. Biasakan pula si kecil menyusu hingga payudara mom kosong dan menghabiskan payudara sisi satunya sampai kenyang.

Bila si kecil saat menyusu lalu tertidur sebelum menghabiskan ASI di payudara, solusi untuk mengosongkan payudara adalah dengan memompa ASI atau memerah payudara. Memompa ASI juga merupakan salah satu cara untuk memperbanyak ASI secara alami. Aktivitas memompa ASI sama seperti kegiatan menyusui yang dapat meningkatkan produksi ASI yang baru.

Lakukan Teknik tersebut secara rutin selama mom menyusui agar produksi ASI tetap terjaga dan tidak surut. Dengan beberapa cara di atas, kemungkinan besar akan membuat ASI keluar dengan sendirinya dalam jumlah yang cukup banyak. Mom dapat memenuhi kebutuhan ASI dan nutrisi si kecil. (Aq/MKK)

bayimenyusui

menyusui

asieksklusif

BREASFEEDING

produksiASI

caramemperbanyakASI

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Mall Ramah Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Temukan 10 mall ramah anak di Jakarta dengan fasilitas bermain, hiburan, dan restoran khusus untuk keluarga. Ideal untuk liburan seru bersama si kecil!

MAKUKU
2024-06-03 08:50:34
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Serunya Wisata Anak di Jakarta! Temukan Rekomendasi Tempat Liburan Edukatif dan Menghibur untuk Buah Hati Anda.

MAKUKU
2024-05-14 11:32:57
0 Comment