5 Cara Mengobati Iritasi Pada Kemaluan Bayi Perempuan

5 Cara Mengobati Iritasi Pada Kemaluan Bayi Perempuan

written by : MAKUKU - 23 Okt 2022

Viewed : 42 times  Read duration : Page Views : 406 times

Kulit bayi merupakan kulit yang sangat sensitif. Maka tak jarang bayi mengalami masalah pada bagian kulit mulai dari kemerahan, gatal, hingga iritasi. Biasanya masalah kulit seperti itu akan menyerang di beberapa area seperti lipatan leher, lipatan siku, hingga area selangkangan bayi. Maka, banyak orang tua mencari cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan atau lelaki. 

Pada umumnya, iritasi pada bayi terjadi akibat beberapa hal seperti faktor cuaca, alergi makanan tertentu, atau pun karena pemakaian popok yang tidak sesuai. Tentunya ketika iritasi muncul khususnya pada bagian kemaluan bayi perempuan akan cukup mengkhawatirkan bukan? Berikut ini beberapa cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan. 

Berikut Cara Mengobati Iritasi Pada Kemaluan Bayi Perempuan

1. Kompres Dengan Air Dingin 

Ketika kemaluan bayi perempuan mengalami iritasi, Anda perlu berhati-hati untuk mengobatinya sebab bagian tersebut merupakan area yang sangat sensitif dibandingkan kulit lain. Untuk meredakan dan mengobati iritasinya Anda perlu mengompresnya dengan air dingin. 

Air dingin akan membuat gatal dan perih akibat iritasi akan semakin mereda. Pastikan Anda mengompresnya dengan sangat pelan agar tidak melukai kulit bayi. Untuk caranya, Anda dapat menyiapkan handuk lembut dan juga air dingin. Rendam handuk ke air dingin beberapa saat. Kemudian peras dan tempelkan handuk yang sudah dingin tersebut ke area yang iritasi. Jangan terlalu lama menempelkan kompresan tersebut karena membuat bayi kedinginan. 

2. Hindari Hal Yang Memperparah Iritasi 

Untuk cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan lainnya yaitu dengan menghindari hal-hal yang dapat memperparah iritasi muncul. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu dengan tidak menggaruk bagian iritasi pada bayi. Walaupun bayi merasa gatal dan menangis terus menerus jangan pernah menggaruk bagian iritasi karena hal tersebut akan memperparah iritasi. 

Untuk meredakan iritasi pada kemaluan bayi perempuan, Anda dapat menghindari menggunakan pakaian yang ketat. Anda dapat mengenakan bayi menggunakan pakaian yang longgar agar bagian iritasi tidak semakin parah. 

3. Selalu Jaga Kebersihan Area Kemaluan Bayi 

Untuk mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan Anda dapat selalu menjaga kebersihan area kemaluan bayi. Pastikan Anda selalu mengganti popok dan pakaian bayi secara rutin. Anda juga harus selalu membersihkan area kemaluan dengan cara mengelapnya ketika mengganti popok. 

Namun Anda tetap perlu memperhatikan terkait cara pembersihannya. Jangan membersihkan area kemaluan bayi dengan kasar. Anda cukup mengusapnya secara perlahan dan hati-hati agar tidak memperparah iritasi. 

4. Berikan Obat Ataupun Salep 

Anda dapat memberikan obat anti iritasi ataupun salep khusus untuk bayi guna mengobati iritasi pada bayi. Anda dapat membelinya di apotik atau toko obat tertentu dan menanyakan obat maupun salep yang cocok untuk bayi. 

Sebelum memberikan salep, pastikan Anda membersihkan terlebih dahulu area kulit kemaluan bayi agar kulit terhindar dari bakteri dan salep bekerja dengan maksimal. 

5. Periksa ke Dokter 

Jika iritasi semakin parah ataupun tidak kunjung sembuh setelah memberinya salep dan mengompresnya, Anda perlu memeriksakannya ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diperiksa lebih lanjut. Iritasi yang tidak kunjung sembuh dikhawatirkan akan semakin parah dan beresiko membuat bayi semakin kesakitan. 

Biasanya dokter akan memberikan saran dan juga obat khusus yang dapat meredakan bahkan menyembuhkan iritasi pada kemaluan bayi perempuan. Pastikan Anda mengikuti saran dokter agar iritasi pada bayi Anda cepat sembuh dan mereda.   

Itulah beberapa cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan. Pastikan Anda selalu memperhatikan kebersihan area kemaluan bayi dan menggunakan popok dengan kualitas baik.  Anda dapat menggunakan MAKUKU SAP Diapers Pro Care sebagai popok terbaik, dengan fitur menggunakan bubble belt pertaam di Indonesia. Desain bubble belt pada bagian pinggang ini berfungsi untuk mengurangi bekas kemerahan atau ruam pada bagian pinggang bayi. (m2m)

IRITASIKULITBAYI

IRITASIPADAKEMALUANBAYIPEREMPUAN

CARAMENGOBATIIRITASI

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Imlek 2024, Yuk Cek Shio SI Kecil Disini

Imlek 2024: Cek Shio Si Kecil di Sini! Rayakan Tahun Baru dengan Liburan Keluarga. Temukan Info Terbaru dan Hari Libur Spesial.

MAKUKU
2024-02-07 13:41:25
0 Comment
GAYA HIDUP
10 Ide Kado Valentine 2024 untuk Orang Tercinta

Temukan tren terbaru kado Valentine 2024! pilih hadiah istimewa yang akan memukau hati orang tersayang. Cari inspirasi di sini

MAKUKU
2024-02-05 14:51:50
0 Comment