10 Arti Tangisan Bayi yang Harus Dipahami Orang Tua

10 Arti Tangisan Bayi yang Harus Dipahami Orang Tua

written by : MAKUKU - 24 Feb 2022

Viewed : 13 times  Read duration : Page Views : 626 times

Menangis menjadi cara bayi berkomunikasi dengan orang lain. Bisa berarti ia mengompol, lapar, haus, atau ingin diperhatikan. Seringkali orang tua merasa panik ketika bayi menangis karena khawatir terjadi sesuatu kepada si Kecil. Padahal arti tangisan bayi memiliki maksudnya masing-masing, lho. Simak ulasan lebih lengkapnya supaya tahu apa artinya, yuk!

Arti Tangisan Bayi yang Harus Orangtua Mengerti

Jangan khawatir jika bayi menangis, ya. Pahami beberapa maksud tangisan bayi dalam artikel berikut ini.

1. Menangis karena lapar

Si Kecil menangis karena lapar. Bayi ia belum bisa bicara dan satu-satunya komunikasi yang bisa ia lakukan adalah menangis. Tangisan si Kecil saat merasa lapar biasanya terdengar pendek-pendek, bernada rendah, dan naik-turun. 

Coba untuk berikan ASI atau susu formula, jika bayi mau maka artinya bayi benar lapar. Jika ia menolak untuk diberikan susu, mungkin ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Baca ulasan selanjutnya untuk mengetahui arti tangisan bayi lainnya, ya!

2. Menangis karena tidak nyaman

Bayi, terutama bayi baru lahir belum bisa bergerak bebas tapi ia juga sudah merasakan tidak nyaman berada di satu posisi. Nah, tangisan ini biasanya terdengar rewel, tidak mengeluarkan air mata dan nadanya agak panjang-panjang. 

Moms bisa mencoba untuk menggendongnya, jika tangisannya berhenti berarti ia memang ingin bergerak. Moms juga bisa memindahkan posisinya menjadi tengkurap sebentar agar ia bisa bermain lebih nyaman.

3. Menangis karena ingin dimanja

Bayi selalu ingin dimanja, diperhatikan, dan dipeluk oleh moms and dads, makanya ia menangis. Biasanya kalau sedang ingin dimanja, si Kecil suka menangis tanpa mengeluarkan air mata, mukanya menunjukkan ekspresi sedih, dan terus melihat ke arah moms and das. Selain sedang ingin dimanja, si Kecil juga sedang ingin diajak main oleh orangtuanya.

4. Menangis karena capek

Arti tangisan bayi selanjutnya bisa jadi karena ia capek. Mungkin ketika bayi dibawa berjalan jauh, bertemu banyak orang, atau digendong tamu yang datang ke rumah ia akan merasa mudah capek dan terus menangis. 

Biasanya, bayi yang sedang capek akan terus menerus menangis meski digendong atau dipeluk. Cara untuk menghentikan tangisannya adalah pergi ke ruangan sepi, berikan susu lalu nina bobokan si Kecil hingga ia tertidur pulas.

5. Bayi menangis karena bosan

Bayi juga bisa merasa bosan, lho. Cara mengkomunikasikan kebosanan ini dengan menangis. Supaya tidak menangis lagi, ajak si Kecil bermain atau berinteraksi dengan nyanyian, ajak ngobrol, ataupun kontak mata supaya bayi tidak bosan lagi.

Namun, ternyata menurut Healthy Sleep Habits, Happy Child, sebaiknya orang tua menunda merespons tangisan bosan si Kecil selama beberapa menit. Hal ini dilakukan agar bayi dapat belajar menenangkan diri.

6. Menangis karena ada yang mengganggu

Selain alasan di atas, arti tangisan bayi selanjutnya ialah menangis karena sakit. Sakitnya mungkin bukan hal yang serius, bisa jadi karena seutas rambut ada di wajahnya, label pakaiannya gatal, atau cahaya lampu terlalu silau untuk bayi. Nah, cara yang paling mudah adalah menggendong bayi dan menenangkannya. Kemudian, pilih baju-baju yang tidak memiliki label atau sebelum dipakai bisa dicopot labelnya terlebih dahulu.

7. Menangis karena kolik

Kolik merupakan sebuah kondisi ketika bayi terus menangis tanpa sebab dan sulit dihentikan tangisannya. Kondisi ini kerap terjadi pada bayi sehat berusia di bawah 5 bulan. Saat kolik, bayi bisa menangis hingga lebih dari tiga jam bahkan lebih. Pemicu kolik belum bisa diketahui secara pasti. Diduga bayi mengalami kolik karena rasa tidak nyaman pada perutnya atau masalah pada pencernaannya.

8. Kepanasan atau Kedinginan

Bayi bisa dibilang sangat sensitif terhadap lingkungan sekitar apalagi yang berkaitan langsung dengan dirinya, salah satunya kedinginan atau kepanasan. Moms bisa memeriksa bagian perutnya dengan menyentuhnya. Jika perutnya terasa dingin, berarti ia kedinginan dan sebaliknya.

9. Bayi harus ganti popok

Popok yang kepenuhan atau tidak nyaman setelah selesai BAB bisa membuat bayi menangis karena tidak nyaman. Beberapa bayi memang tidak langsung menangis setelah popoknya penuh atau kotor, ia akan menangis bisa sudah merasa kulitnya gatal. Sebagian besar bayi, menangis karena harus ganti popok. Jadi, ketika bayi menangis hal yang pertama dilakukan adalah mengecek kondisi popoknya.

10. Bayi menangis karena sakit

Alasan bayi menangis selanjutnya adalah karena ia sakit atau tidak enak badan. Coba cek suhu tubuhnya baik dengan memeluknya atau mengukur suhu tubuh. Biasanya tangisan bayi yang sakit suaranya lebih lemah. Bayi yang sedang tumbuh gigi biasanya demam dan ia merasa tidak nyaman. Namun, jika demam disertai dengan muntah, diare, atau sembelit, sebaiknya segera bawa bayi ke dokter anak terdekat untuk diberikan penangan yang tepat.

Nah, jika bayi menangis, hal pertama yang harus dilakukan adalah menggendongnya dan memeluknya. Kemudian, cek popoknya apakah sudah penuh atau kotor karena bayi akan merasa tidak nyaman saat popok kotor. Supaya moms tidak perlu sering-sering ganti popok, moms bisa memilih MAKUKU SAP Diapers.

MAKUKU SAP Diapers memiliki kelebihan yang super tipis, anti gumpal, memiliki tingkat osmosis yang baik, sirkulasi udara yang baik, kemampuan penyerapan yang cepat serta daya tampung maksimal. Meskipun popok si Kecil penuh, menggunakan MAKUKU  SAP Diapers jadi tidak mudah bocor. Selain itu, Popok MAKUKU  SAP Diapers juga nyaman digunakan bayi dan mengurangi ruam merah pada pantat bayi. Si Kecil jadi tidak akan rewel dan mudah menangis. Tapi tetap ganti popok bayi setiap 2 jam sekali ya, moms!

tips

tangisanbayi

orangtua

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment