Kenapa Popok Bayi Harus Bersirkulasi Udara? Ini Penjelasan Dokter

Kenapa Popok Bayi Harus Bersirkulasi Udara? Ini Penjelasan Dokter

written by : MAKUKU - 30 Jan 2024

Viewed : 14 times  Read duration : Page Views : 66 times

Dalam memilih popok yang tepat untuk si kecil ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh moms and dad. Salah satunya popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Mungkin belum banyak yang tahu fungsi sirkulasi udara pada popok si kecil yang sebenarnya berperan penting untuk mengurangi risiko ruam popok. Nah, supaya tidak salah pilih popok, yuk simak penjelasan dokter spesialis anak dari MMC Hospital, dr. Molly Dumakurai Oktarina, SpA-K, yang akan membahas tuntas pentingnya sirkulasi udara pada popok bayi.

Fungsi Sirkulasi Udara Pada Popok Bayi

Mungkin moms bingung kenapa si kecil sering kali terkena ruam popok padahal sudah sering mengganti popok sesuai anjuran dokter. Munculnya ruam popok sebenarnya bisa disebabkan oleh kondisi yang lembab. Dimana pemicunya adalah kurangnya sirkulasi udara pada popok yang membuat si kecil mudah berkeringat, pengap dan gerah. Apalagi ditambah dengan iklim tropis yang panas.

Selain itu, dr. Molly menjelaskan kulit bayi yang tertutup popok cenderung lebih basah dan lembab dibandingkan kulit bagian tubuh lainnya. Akibatnya, sebagian besar waktu tertutup popok dan sering terkena urin dan feses. Serta akan diperberat terutama di lingkungan yang hangat atau kondisi keringat meningkat.

Menurutnya, popok dengan sirkulasi udara yang baik dapat mengurangi udara panas atau hangat pada area yang tertutup popok. Serta menekan kelembaban pada kulit dan mampu menjaga kulit bayi tetap kering dalam sementara waktu.

“Popok yang memiliki aliran atau sirkulasi udara yang baik dapat mengurangi udara panas atau hangat pada area yang tertutup popok, mengurangi kelembaban kulit, menyerap keringat dengan baik, dan menjaga kulit tetap kering. Sehingga kulit bayi tetap terjaga baik, sehat, dan terhindar dari ruam popok,” ujarnya.

Popok Ideal Untuk Si Kecil Rekomendasi Expert

Selain popok harus memiliki sirkulasi udara yang baik, dr. Molly juga menyarankan untuk memperhatikan bahan yang digunakan pada popok. Pastikan popok si kecil lembut dan tidak mengandung bahan berbahaya untuk kulit. Permukaan popok yang lembut dapat mengurangi gesekan pemicu iritasi pada kulit si kecil.

Popok yang ideal juga wajib memiliki penyerapan yang baik. Dengan begitu, moms dapat menjaga kulit si kecil tetap kering. Kebayang nggak sih saat popok penuh urine, lembab dan bercampur dengan keringat si kecil? kondisi tersebut bisa menyebabkan bakteri dan kuman berkembang dengan cepat.

“Pastinya terbuat dari bahan yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit, memiliki sirkulasi udara yang baik, mampu menyerap basah dengan optimal dan dapat mengurangi udara lembab atau panas di area kulit yang tertutup popok,” jelasnya.

Cara Menjaga Kulit Si Kecil Tetap Kering Sepanjang Hari

Bila si kecil masih menggunakan popok, mungkin menjaga kulitnya tetap kering sepanjang hari adalah tantangan tersendiri. Namun, bukan berarti tidak bisa ya moms. Ada beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk menjaga kulit si kecil tetap kering meski memakai popok sepanjang hari.

Agar kulit si kecil tidak lembab, dr. Molly menyarankan agar mengganti popok idealnya 2 jam atau lebih dan setelah setiap buang air besar. Selain itu, dr. Molly juga memberikan tips agar kulit tidak lembab dan terhindar dari ruam popok:

Rutin mengganti popok

Gantilah popok bayi yang kotor atau basah sesegera dan sesering mungkin jika diperlukan tanpa harus menunggu sampai terlalu penuh. Moms bisa memilih popok dengan kemampuan daya serap yang tinggi dan permukaan popok tetap kering.

Bersihkan area popok

Saat mengganti popok, pastikan moms telah membersihkan area bokong, genital hingga area sekitar yang tertutup oleh popok dengan lembut dan baik. Tepuk-tepuk lembut menggunakan kain kering yang bersih dan halus.

Keringkan dengan baik

Biarkan kulit bayi benar-benar dalam keadaan kering sebelum memakaikan popok kembali. Saat mengeringkan popok, hindari menggosok kulit si kecil dengan kain karena hal tersebut dapat membuat iritasi kulit.

Pastikan ukuran popok tepat

Pilihlah ukuran popok yang sesuai dengan berat badan si kecil. jangan pakai yang terlalu besar karena akan longgar dan memicu kebocoran. Namun, tidak boleh menggunakan popok yang terlalu ketat agar tidak lecet.

Popok MAKUKU Lembut dan Bersirkulasi Udara Baik

MAKUKU, popok anti gumpal yang terbuat dari inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Memiliki permukaan yang lembut adalah keunggulan semua varian popok MAKUKU. Dilengkapi dengan permukaan 3D, popok MAKUKU memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahkan dengan permukaan 3D mampu mengurangi kontak kulit dengan popok.

MAKUKU memiliki banyak varian yang bisa moms pilih sesuai dengan kebutuhan si kecil ya. Sekarang popok MAKUKU bisa dibeli dengan mudah secara offline dan online. (Aq/MKK)

popokbayi

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment