Fakta Menarik Seputar Ruam Popok yang Wajib Diketahui Orang Tua

Fakta Menarik Seputar Ruam Popok yang Wajib Diketahui Orang Tua

written by : MAKUKU - 23 Mar 2023

Viewed : 40 times  Read duration : Page Views : 270 times

Meski terlihat sepele, nyatanya masalah ruam popok masih sering terjadi pada bayi dibawah usia 1 tahun dan tidak sedikit orang tua yang masih bingung menghadapi ruam popok. Nah melihat permasalah ini, MAKUKU terus mengedukasi para orang tua mengenai masalah ruam popok melalui instagram live bersama Dokter spesialis anak RS Permata Bekasi, Dr. Ackni Hartati, Sp. A dan berkolaborasi dengan brand Beeme yang juga hadir untuk mengatasi ruam popok. Berikut ini fakta-fakta menarik seputar ruam popok yang wajib diketahui oleh orang tua:

Yakin sudah tahu apa  itu ruam popok? Ini loh pengertian ruam popok 

Ruam popok  merupakan peradangan yang terjadi pada kulit bayi disekitar area yang tertutup popok. Ruam  popok ini sering kali dikaitkan dengan pemakaian popok yang basah dan jarang diganti.  Meski ruam itu bisa  disebabkan oleh banyak faktor, namun penyebab utama terjadinya ruam popok itu sendiri karena cara penggunaan popok yang kurang tepat. 

Seberapa  sering kasus ruam popok terjadi?  Seperti apa gejalanya?

Ruam popok terjadi  pada anak bayi usia 6 sampai 12 bulan. Kondisi ruam popok ini biasanya ditandai dengan munculnya iritasi berupa ruam pada kulit.  Seperti kulit si  kecil yang kemerahan, bintik-bintik merah pada kulit, bahkan dalam beberapa kasus sampai ledes atau lecet karena pemakaian yang tidak benar atau terlalu ketat.  

Apa saja yang faktor meningkatkan ruam popok?

Banyak banget sebenarnya faktor yang dapat meningkatkan ruam popok.  Faktor-faktor tersebut meliputi alergi makanan.  Pemakaian popok dengan ukurang yang salah, misalnya kekecilan atau kebesaran. Ukuran popok harus disesuaikan dengan berat anak itu sendiri. Selain itu, faktor risiko ruam popok juga meningkat jika kelamaan menggunakan popok.  Durasi penggunaan popok dan ditambah popok yang basah serta lembab  ini bisa memicu perkembangan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi. 

Apa bahaya ruam popok jika tidak ditangani dengan tepat?

Kalau para orang tua sudah melihat adanya tanda-tanda anak mengalami ruam popok maka harus segera ditangani sebelum memperburuk atau memperparah kondisi ruam popok itu sendiri. Maka jangan sesekali mengabaikan ruam popok yang bisa membuat si kecil rewel. 

Kapan harus ke  dokter saat si kecil terkena  ruam popok?

Jika sudah menggunakan krim  ruam  popok  untuk mengatasi masalah ruam popok namun setelah berhari hari tidak ada perbaikan maka orang tua dianjurkan ke dokter spesialis anak untuk memeriksakan kondisi kesehatan kulitnya. Sebaiknya jangan menunggu ruam popok semakin parah. Setelah muncul gejala, maka segera berikan pertolongan pertama dan ke dokter jika diperlukan.

Apakah ruam popok mempengaruhi perkembangan anak?

Tentu saja. Ruam popok dapat mempengaruhi perkembangan anak. Kaitan ruam popok dengan perkembangan anak adalah ketika mengalami ruam popok si kecil akan lebih rewel dari biasanya. Hal ini diakibatkan dari rasa yang kurang nyaman. Kondisi rewel ini dapat mengganggu waktu tidurnya dan si kecil menjadi kurang nyenyak. Dengan begitu, si kecil tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan dapat menghambat tumbuh kembang si kecil. Serta saat rewel, anak pun menjadi susah makan sehingga mengganggu penyerapan nutrisi yang berujung terhambatnya tumbuh kembang.

Apakah ruam popok bisa sembuh sendiri?

Setelah mendapatkan perawatan yang benar, ruam popok dapat sembuh dalam hitungan hari sekitar 3 hari. Namun, ruam popok tidak bisa sembuh sendiri dan harus diberikan penanganan seperti memberikan salep atau krim. Atau mengatasi  penyebabnya untuk mempercepat penyembuhannya. Jadi, agar cepat sembuh ruam popok harus dirawat dengan baik dan jangan diabaikan.

Tips mencegah dan mengatasi ruam popok ala dokter?

Sebenarnya mencegah ruam popok bisa dilakukan dengan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Misalnya menggunakan popok dengan ukuran yang tepat, membersihkan area popok dengan air bersih dan mengeringkannya dengan baik serta penggunaan krim anti ruam. Namun, dokter tidak menganjurkan menggunakan bedak untuk perawatan ruam popok. Karena menggunakan bedak di area yang sering berkeringat atau bahkan pada luka ruam popok dapat membuat lembab atau benyek. Kondisi inilah yang memicu pertumbuhan sarang bakteri dan kuman penyebab ruam popok.

Bagaimana pertimbangan memilih popok yang baik menurut dokter?

Pertimbangan memilih popok yang baik dna tepat untuk si kecil adalah memilih popok dengan daya serap yang tinggi. Popok dengan penyerapan yang baik dapat membuat permukaan popok lebih kering sehingga dapat menjaga kelembaban kulit. Hal ini juga mengurangi kontak urine dengan kulit lebih lama. Selain itu, mencari tahu kandungan popok yang aman dan kualitasnya baik.

Mengenal MAKUKU SAP Daipers Slim Care yang Super Tipis Super Nyerap dan Anti Gumpal

MAKUKU SAP Diapers Slim Care hadir dengan teknologi baru inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer) yang super tipis super nyerap dan anti gumpal. MAKUKU SAP Diapers Slim Care ini tanpa menggunakan campuran pulp sehingga popoknya lebih tipis dibandingkan popok lainnya namun penyerapannya tetap maksimal bahkan lebih unggul. Dengan material SAP ini, kemampuan penyerapannya juga lebih cepat, menyebar merata dan tidak berubah bentuk atau menggumpal.

MAKUKU SAP Diapers Slim Care kini hadir dalam tipe celana (ukuran M, L, XL, XXL) dengan harga Rp. 89.200,00. MAKUKU SAP Diapers Slim Care tersedia di Superindo, Hypermart, Hero, Grand Lucky, AEON, Transmart, dan Diamond Supermarket atau bagi yang lebih nyaman berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia. (Aq/MKK)

ruampopok

CEGAHRUAMPOPOK

TakutRuamPopokPakaiMAKUKU

MAKUKUSAPDiapersSlimCare

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 11:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos & Fakta Perawatan Tali Pusar Bayi 'Newborn' yang Wajib Moms Tahu!

Banyak masyarakat yang belum bisa membedakan mitos dan fakta seputar perawatan tali pusar bayi baru lahir. Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini!

MAKUKU
2021-08-18 17:09:51
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 15:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 12:20:43
0 Comment