Apa itu Popok Anti Gumpal? Ini Penjelasannya Dari Bidan

Apa itu Popok Anti Gumpal? Ini Penjelasannya Dari Bidan

written by : MAKUKU - 13 Jun 2023

Viewed : 36 times  Read duration : Page Views : 256 times

Persoalan popok yang selama ini menyita perhatian orang tua adalah masalah kebocoran sehingga orang tua lebih banyak mencari popok yang anti bocor. Namun, beberapa waktu belakangan ini, melalui mini survei, popok menggumpal kini menjadi masalah pada popok yang dikhawatirkan oleh orang tua. Karena perlu diketahui bahwa popok menggumpal bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan si kecil. Mungkin popok menggumpal masih terdengar asing di telinga moms dan dads, berikut ini kita akan membahas apa sih yang dimaksud dengan popok anti gumpal dan apa manfaatnya dari penjelasan expert.

Apa Itu Popok Anti Gumpal?

Setelah menginjak beberapa bulan atau bahkan sudah berada di milestone tertentu, si kecil akan banyak bergerak. Mulai dari berguling, duduk, merangkak, berjalan hingga berlari. Saat si kecil bergerak bebas kesana kemari, popok yang mereka gunakan akan mengalami guncangan sesuai dengan gerakan yang dilakukan.

Banyak yang tidak mengetahui, bahwa guncangan tersebut dapat mengubah bentuk struktur inti bahan penyerap pada popok. Bahan penyerap yang sudah terkena urine si kecil dan terguncang karena gerakan si kecil bisa menjadi menggumpal dan popok menggembung. Hal inilah yang menyebabkan munculnya masalah kebocoran hingga ruam popok.

Pada popok yang terbuat dari inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer), popok tidak akan menggumpal dan pastinya tidak menggembung. SAP atau Super Absorbent Polymer sendiri merupakan butiran serbuk yang akan berubah menjadi gel ketika menyerap cairan. Cairan tersebut akan terkunci dan diikat dengan baik sehingga tidak akan rembes ke permukaan meski saat si kecil duduk dan popok dalam kondisi tertekan. Serta mampu mengurangi kebocoran pada popok karena komponen SAP pada popok tetap stabil berada di tempatnya dan tidak menggumpal. Bergesernya komponen penyerap pada popok bisa menimbulkan ruangan kosong yang tidak mampu menahan cairan si kecil dan berujung pada kebocoran.

Popok dengan bahan penyerap SAP juga terasa lebih tipis meski telah menyerap cairan si kecil. Penyerapannya pun cepat dan merata ke seluruh permukaan popok atau tidak menumpuk di satu sisi saja. Sedangkan popok yang kini banyak dijual dipasaran menggunakan bahan penyerap SAP yang masih dicampur dengan pulp (serat kayu atau kapas). Bedanya, penyerapannya yang tidak merata ke permukaan popok secara menyeluruh membuat popok menggembung dan membesar saat menyerap cairan. Popok akan terasa lebih berat dan jatuh ketika terguncang saat si kecil bergerak karena komponen bahan penyerapnya menggumpal.

Jadi, popok yang anti gumpal tidak akan membuat popok menjadi menggembung ketika menyerap cairan. Tetapi popok yang anti gembung saat menyerap cairan belum cukup nyaman untuk si kecil karena popoknya bisa tetap menggumpal.

Manfaat Menggunakan Popok Anti Gumpal

Menggunakan popok yang tepat memberikan kenyamanan dan mampu menunjang kesehatan si kecil. Popok anti gumpal dapat mendukung tumbuh kembang si kecil di masa golden age. Dengan popok anti gumpal, si kecil akan lebih nyaman mengeksplor kemampuan motoriknya dan bebas bergerak sepanjang hari. Berikut ini deretan manfaat popok anti gumpal untuk si kecil:

Mengurangi risiko kebocoran

Popok anti gumpal tidak menyebabkan kebocoran pada popok. Popok bayi seringkali mengalami kebocoran yang menyebabkan para orang tua menjadi pemilih dalam membeli popok. Popok anti gumpal terbuat dari inti struktur SAP dengan penyerapan yang cepat  dan mampu mengunci cairan yang masuk kedalam popok sehingga tidak membuat permukaan popok basah ataupun bocor.  Cairan tidak akan keluar dan membuat permukaan popok tetap kering.

Sirkulasi udara baik

Sirkulasi udara pada popok sangat penting untuk si kecil. Popok yang sirkulasi udaranya kurang baik dapat menyebabkan hawa panas dan kegerahan pada kulit yang tertutup oleh popok. Belum lagi, keringat tersebut tercampur oleh kondisi lembab pada popok akibat cairan urine. Jadi, popok anti gumpal ini memiliki sirkulasi udara yang baik dan cocok digunakan oleh si kecil yang tinggal di daerah tropis.

Penyerapan merata

Popok bayi dengan daya serap yang tinggi sangat dianjurkan oleh para expert. Daya serap pada popok anti gumpal ini begitu baik dan maksimal. Selain daya serapnya tinggi, penyerapannya pun menyebar merata di seluruh permukaan popok. Dengan penyerapan yang merata, popok tidak akan menggembung.

Si kecil bebas gerak

Popok anti gumpal dengan inti struktur SAP memiliki desain yang tipis karena tidak ada campuran pulp. Menggunakan popok yang tipis tentu membuat si kecil lebih nyaman dan memudahkan mereka untuk bebas bergerak tanpa terhambat oleh popok yang tebal apalagi setelah menyerap cairan. Biasanya setelah menyerap cairan, popok akan menjadi lebih tebal dan mengganggu kenyamanan si kecil.

Mengurangi risiko ruam popok

Popok yang menggumpal memiliki penyerapan di satu titik saja sehingga membuat permukaan lembab dan basah. Permukaan yang lembab membuat pertumbuhan bakteri penyebab ruam merah semakin cepat berkembang biak. Oleh karena itu pemilihan popok dengan daya serap dan anti gumpal sangat disarankan. Popok dengan inti struktur SAP membuatnya tidak menggumpal pada satu titik sehingga penyerapan merata dan menjaga permukaan tetap kering yang mampu secara efektif mengurangi ruam merah.

Bidan di Rumah Sakit Restu Kasih, Dini Nuraeni, mengatakan Popok MAKUKU dengan inti struktur SAP membuat popok si kecil menjadi anti gumpal dan mengurangi kebocoran. Popok MAKUKU super tipis, super nyerap.

Varian MAKUKU SAP Diapers, Pelopor Popok Anti Gumpal Pertama di Indonesia

MAKUKU SAP Diapers merupakan pelopor popok anti gumpal pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Kini, MAKUKU SAP Diapers terdapat enam varian yang bisa moms dan dads bisa pilih sesuai dengan kebutuhan si kecil yaitu:

  1. MAKUKU SAP Diapers Pro Care
  2. MAKUKU SAP Diapers Balance Care
  3. MAKUKU SAP Diapers Slim
  4. MAKUKU SAP Diapers Slim Care
  5. MAKUKU SAP Diapers Comfort
  6. MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit

Semua varian MAKUKU SAP Diapers dapat dengan mudah diperoleh di offline store mom and baby serta di MAKUKU Online Store di Shopee, Lazada, Tokopedia, dan TikTok Shop. Yuk, pakai popok anti gumpal dari MAKUKU SAP Diapers. Takut Ruam Popok, Pakai MAKUKU! (Aq/MKK)

POPOKANTIGUMPAL

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment