Ahli: Bonding Maksimal Tumbuh Kembang Optimal

Maximum Bonding for Optimal Growth and Development

written by : MAKUKU - 31 Jul 2023

Viewed : 4 times  Read duration : Page Views : 125 times

Untuk memastikan tumbuh kembang optimal pada anak, ikatan atau bonding yang maksimal antara orang tua dan anak sangatlah penting. Hubungan yang kuat antara orang tua dan anak dapat memberikan banyak manfaat dalam hal perkembangan fisik, emosional, sosial, dan intelektual anak. 

MAKUKU bersama Morinaga mengajak Billy Davidson sebagai dad Influencer, dr. Reisa Broto Asmoro sebagai mom Influencer dan Mutia A.P. Kusumah sebagai psikolog Anak berbincang seru dalam Instagram Live bertemakan “Bonding Maksimal Tumbuh Kembang Optimal”. Yuk simak percakapannya berikut ini:

Bagaimana dr. Reisa sebagai mom influencer membagi waktu untuk bonding  dengan si kecil?

Sebenarnya untuk bonding time dengan si kecil itu tidak ada waktu khusus. Buat aku family time itu bisa dilakukan setiap hari. Tapi ditengah  kesibukan kita bisa membuat jadwal untuk bonding di weekend.Mengingat masa kecil anak-anak kita tidak akan terulang lagi. Jadi, kita sebagai orang tua harus memberikan yang terbaik. Terutama untuk memastikan tumbuh kembang yang baik, mulai dari memperhatikan asupannya seperti memberikan susu agar tidak mudah sakit dan tidak mengganggu tumbuh kembangnya. Sehingga bonding time yang kita bangun dengan si kecil dilakukan dalam waktu yang sehat.

Bagaimana nih moment-moment  Billy sebagai ayah saat bonding bersama dengan si kecil?

Ditengah kesibukan syuting setiap hari, saat pagi hari sebelum berangkat kerja aku sempetin untuk mandiin si kecil. Sebelum tidur juga nemenin main dulu. Karena aku sadar masa golden age anak itu berharga dan aku tidak ingin melewatkan hal tersebut. Biasanya setiap weekend aku dedikasikan waktu untuk keluarga. Jangan sampai kehilangan sosok ayah walaupun saya bekerja untuk anak. Sebagai seorang ayah, kita juga harus terlibat dalam mengasuh si kecil. 

Waktu bonding yang sederhana itu bisa saat menggantikan popok si kecil setiap malam. Dulu sebelum pakai MAKUKU, kamar anakku kan dingin ditambah popok basah dan bocor bikin nggak nyaman. Tapi setelah pakai MAKUKU yang anti gumpal, si kecil tidurnya lebih nyaman dan aku menyiasatinya ganti popok sebelum tidur supaya nggak bocor.

 Menurut dr. Reisa, adakah tantangan saat bonding dengan si kecil?

Tantangan saat bonding time itu bisa dirasakan oleh semua orang tua, baik orang tua yang bekerja ataupun ibu rumah tangga. Kepercayaan antara orang tua dan anak bisa membentuk bonding yang kuat. Sehingga anak-anak bisa mempercayai apa yang saya lakukan. jadi, tantangan yang saya hadapi di luar rumah juga dapat berjalan dengan baik.

Definisi bonding untuk Billy sendiri sebagai seorang ayah bagaimana?

Bonding yang baik itu dapat menciptakan relationship yang mudah dan harus didukung oleh orang sekitar dan lingkungan. Aku tergolong ayah yang membebaskan anak untuk mengeksplorasi. Tantangan dalam bonding dengan si kecil sendiri adalah bagaimana kesiapan orang tua dalam menyediakan yang terbaik. Sebagai seorang ayah, aku harus mampu mengatur time management yang baik. Karena kalau eksistensi ayah kurang pada anaknya dapat memberikan dampak yang kurang baik juga. Yang terpenting adalah mengutamakan si kecil dan selalu memberikan perhatian yang baik serta tercukupi.

Bonding berkualitas itu seperti apa dan apakah ada standarnya menurut ayah Billy?

Bonding time  merupakan kedekatan orang tua dengan si kecil. Bonding bisa terjadi sejak si kecil dalam kandungan, dengan cara diajak ngobrol atau dielus-elus itu bisa menciptakan bonding. Nah, setelah lahir bonding bisa diciptakan dengan memberikan kebutuhan-kebutuhan si kecil. Seperti saat mengganti popok atau menggendong si kecil juga bisa menjadi aktivitas yang meningkatkan kedekatan orang tua dengan anak. 

Apakah manfaat bonding antara orangtua dengan si kecil menurut Bunda Mutia?

Bonding adalah pelekatan emosional dan ketergantungan antara bunda dan si kecil. Dimulai saat kelahiran. Bonding dapat mengalami gangguan bila bunda dan si kecil dipisahkan tanpa indikasi atau jika dilakukan prosedur medis dan kebidanan yang mengganggu kontak bunda dengan anaknya.

Ikatan emosional dalam keluarga ini  ternyata tak tercipta begitu saja ya Ayah dan Bunda, ada kebiasaan-kebiasaan yang akan menciptakan dan mempererat bonding antara si kecil dan ayah bundanya. Bonding adalah ikatan emosional yang terjalin antara si kecil dan orang yang mengasuh dan memenuhi kebutuhan fisik serta emosionalnya.

Bonding ini memiliki manfaat yang banyak. Karena semua hal positif yang ada di dalam diri si kecil didasari oleh kedekatannya dengan orang tua. Bonding yang terjalin dengan baik dapat membuat si kecil happy dan imunitas nya juga meningkat. Dari segi akademi, si kecil akan mudah belajar dan mencerna pelajaran. 

Ada istilah connection before correction. Jadi, sebelum mendisiplinkan anak-anak kita harus membangun bonding dulu. Kalau bonding bagus si kecil jadi lebih patuh dan diajarkan disiplin.

Bonding yang berkualitas dapat dilihat dari hubungan si kecil dan anak yang harmonis. Anak juga akan lebih nyaman bercerita dengan orang tua, menghabiskan waktu bersama orang tua. Dan, kalau tidak ada bonding yang berkualitas bisa jadi berdasarkan penelitian si kecil bisa mengalami gangguan perilaku dan masalah emosional. Serta berisiko besar mengalami masalah mental. (Aq/MKK)

tumbuhkembanganak

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment