Kulit Bayi Lahir Mengelupas, Berbahayakah?

Kulit Bayi Lahir Mengelupas, Berbahayakah?

written by : MAKUKU - 21 Jul 2022

Viewed : 9 times  Read duration : Page Views : 598 times

Setiap orang tua akan mencurahkan kasih sayangnya pada bayi baru lahir. Orang tua juga akan senantiasa merawat, menjaga dan memberikan yang terbaik terutama di awal kehidupannya. Perubahan yang terjadi pada bayi lahir mungkin menjadi hal yang diperhatikan penuh oleh orang tua. Salah satunya adalah kulit bayi lahir mengelupas dan sensitif. Bahkan tidak jarang orang tua merasakan khawatir yang berlebihan akan hal tersebut.

Kondisi kulit bayi lahir sangat rentan mengalami masalah kulit. Pengelupasan kulit bayi lahir sebenarnya normal terjadi dan tidak memerlukan penanganan khusus. Mengelupasnya kulit pada bayi baru lahir bisa terjadi di bagian tubuh mana pun dan setiap bayi akan berbeda-beda. Mulai dari bagian tangan, kaki hingga pergelangan kaki.

Mengelupasnya kulit pada bayi baru lahir ini bisa disebabkan banyak faktor. Tetapi pengelupasan kulit bayi di minggu pertama ini terjadi akibat menghilangnya lapisan terluar kulit bayi atau vernix. Vernix adalah lapisan tebal yang melindungi bayi selama dalam kandungan dari cairan amnion. Setelah lahir lapisan vermix akan perlahan lepas dengan sendirinya. Inilah yang membuat kulit bayi terkelupas di minggu awal kehidupannya

Mengutip dari Perdoski, jumlah pengelupasan sangat bervariasi dan tergantung pada kondisi bayi apakah bayi lahir prematur, cukup bulan atau terlambat. Kulit mengelupas ini biasanya terjadi 2-3 minggu. Jika mommy dan daddy tetap dihantui rasa khawatir akan kondisi kulit si kecil yang mengelupas, ada beberapa hal yang bisa mommy dan daddy lakukan untuk mengatasi masalah kulit yang mengelupas.

  1. Jangan mandikan bayi terlalu lama ya. Cukup memandikan si kecil selama 5-10 menit saja.
  2. Mommy dan daddy bisa menggunakan pelembab kulit setidaknya 2 kali sehari agar kelembaban kulit si kecil tetap terjaga.
  3. Pastikan menggunakan produk berbahan aman, tidak mengandung pewangi.
  4. Gunakan pakaian yang lembut agar tidak menimbulkan gesekan pada kulit bayi
  5. Jangan lupa menggunakan MAKUKU Air Diapers Slim khusus untuk bayi baru lahir atau newborn.

MAKUKU Air Diapers Slim, Popok Tipis Anti Gumpal Rekomendasi Untuk Bayi Baru Lahir

Memilih popok untuk bayi baru lahir menjadi tugas yang sulit untuk beberapa orang tua. Kenapa? Karena banyak merk popok yang dijual dipasaran namun belum tentu cocok untuk si kecil. Apalagi untuk bayi baru lahir yang tidak boleh sembarangan dalam memberikan apa yang akan mereka gunakan pertama kali. Supaya menghindari masalah kulit seperti ruam dan iritasi, MAKUKU Air Diapers Slim direkomendasikan untuk newborn.

MAKUKU Air Diapers Slim merupakan popok pertama yang menggunakan struktur inti SAP atau super absorbent polymer di Indonesia. Dengan menggunakan struktur inti SAP ini, MAKUKU Air Diapers dapat mengunci cairan urine si kecil sehingga permukaan popok tidak lembab. Hebatnya lagi, popok MAKUKU Air Diapers Slim ini super tipis hanya 1,6 mm tapi memiliki penyerapan yang cepat dan merata. Jadi, si kecil tidak akan merasa berat dan terbebani saat popoknya penuh.

Untuk ukurannya sendiri, MAKUKU Air Diapers Slim sangat lengkap. Mulai dari ukuran NB khusus untuk newborn, S, M, L, XL dan XXL yang terdiri dari dua tipe yakni perekat (tape) dan celana (pants). Uniknya, popok MAKUKU Air Diapers Slim khusus newborn ini memiliki U shape pada karet pinggang bagian depan. Bentuk U shape ini dirancang untuk membantu mommy dan daddy dalam merawat tali pusar si kecil yang masih belum puput.

MAKUKU Air Diapers Slim ini bisa didapatkan di offline store Transmart, Diamond, Food Hall, Market City, Raja Susu, AEON dan 26 MAKUKU Family Store di seluruh Pulau Jawa. Serta Moms juga bisa melakukan pembelian secara online di Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli dan JD.id MAKUKU Official Store. (Aq/MKK)

kulitbayi

MAKUKUAIRDIAPERS

POPOKSAP

bayibarulahir

kulitsensitif

kulitbayisensiitif

IRITASIKULITBAYI

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

popokbayibarulahir

kulitbayimengelupas

kulitmengelupas

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
10 Ciri Bayi Cerdas yang Bisa Dikenali Sejak Dini

Kenali Potensi Si Kecil! Temukan Ciri-ciri Bayi Cerdas Sejak Dini! Pelajari tanda-tanda kecerdasan pada bayi di berbagai aspek, seperti motorik, kognitif, dan sosial.

MAKUKU
2024-04-19 15:25:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 6 Bulan Super Praktis & Kaya Gizi

Penuhi Nutrisi Si Kecil dengan Menu MPASI 6 Bulan Terbaik! Temukan panduan lengkap dan beragam resep MPASI lezat dan bergizi untuk bayi usia 6 bulan.

MAKUKU
2024-04-19 11:20:58
0 Comment