Pekan ASI Sedunia 2022, Langkah Menyusui: Mendidik dan Mendukung

Pekan ASI Sedunia 2022, Langkah Menyusui: Mendidik dan Mendukung

written by : MAKUKU - 1 Agt 2022

Viewed : 21 times  Read duration : Page Views : 224 times

Pekan ASI Sedunia diperingati setiap tahun dari tanggal 1-7 Agustus. Pekan ASI Sedunia ini bertujuan untuk mendorong pemberian ASI dan meningkat kesehatan bayi di seluruh dunia. Tema Pekan ASI Sedunia tahun ini adalah Langkah Menyusui: Mendidik dan Mendukung.

Dalam kesempatan ini, mengutip dari The Print, dr Neharika Malhotra sebagai Konsultan Ginekologi menjelaskan pentingnya menyusui bagi ibu. Menurutnya, menyusui bukan hanya kegiatan yang dapat berdampak baik pada bayi tetapi juga bermanfaat bagi ibu sendiri. Salah satunya manfaat menyusui bagi ibu adalah mengurangi depresi pasca melahirkan.

“Menyusui adalah salah satu cara terbaik bagi seorang ibu untuk pulih dari depresi pasca persalinan,” ujarnya.

Bahkan beberapa penelitian menemukan fakta bahwa menyusui dapat mengurangi risiko diabetes tipe II, rheumatoid arthritis, penyakit kardiovaskuler, tekanan darah tinggi dan kolesterol pada ibu. Tidak hanya itu, kegiatan menyusui yang dilakukan secara rutin dan teratur mengurangi risiko ibu terkena kanker payudara dan kanker ovarium.

Sementara menurut WHO, menyusui dapat mencegah 20 ribu kematian ibu setiap tahun karena kanker payudara. Oleh karena itu, Pekan ASI Sedunia dijadikan sebagai momentum untuk mengedukasi pentingnya kebijakan yang lebih ramah keluarga untuk melindungi dan mendukung menyusui. Agar lebih banyak calon ibu yang menjalani konseling sehingga praktik menyusui harus ditanamkan sejak awal.

Menyusui sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Selain itu, menyusui adalah pengalaman yang luar biasa bagi seorang ibu. Menurut laporan WHO, 2 dari 3 anak tidak disusui. Karena itu, ibu dianjurkan untuk menyusui anaknya memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan setelah melahirkan.

“WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Saat Pekan ASI Sedunia diperingati sangat penting untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan dan dukungan untuk menyusui. Ini bukan stigma sosial tetapi persyaratan yang membentuk kesejahteraan fisik dan mental anak.,” tutupnya. (Aq/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERS

ibumenyusui

AYAHASI

LAKTASI

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment