Kapan Waktu tepat Berhubungan Intim Kembali Usai Melahirkan?

Kapan Waktu tepat Berhubungan Intim Kembali Usai Melahirkan?

written by : MAKUKU - 14 Jul 2022

Viewed : 14 times  Read duration : Page Views : 428 times

Berhubungan intim usai melahirkan mungkin sesuatu hal yang enggan mom lakukan dalam waktu dekat. Belum lagi adanya kekhawatiran dan ketakutan untuk berhubungan intim kembali setelah melahirkan. Ini adalah hal yang wajar yang terjadi mengingat tubuh mengalami banyak hal selama melahirkan dan masih dalam masa pemulihan. Mungkin banyak timbul pertanyaan seperti kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan intim setelah melahirkan hingga bagaimana hubungan seks yang aman pasca melahirkan.

Terlepas dari metode persalinan seperti apa yang dijalani, para ahli menyarankan untuk mengistirahatkan panggul terlebih dahulu agar tubuh pulih dari dampak persalinan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko komplikasi pada usia persalinan. Seperti infeksi pada bekas luka melahirkan baik sayatan atau robekan yang rentan mengalami komplikasi selama dua minggu pertama setelah melahirkan.

Sedangkan mengenai waktu yang tepat untuk berhubungan intim kembali setelah melahirkan sebenarnya tidak ada waktu atau masa tunggu yang ideal. Namun, hubungan intim sebaiknya dilakukan setelah 4-6 minggu dari setelah melahirkan. Bahkan beberapa ahli mengatakan harus menunggu selama 12 minggu atau lebih.

Selain itu, setiap wanita memiliki kesiapan yang berbeda-beda untuk bisa berhubungan seks lagi setelah melahirkan. Tentu ini berkaitan erat dengan kesiapan fisik hingga emosional. Salah satu pertimbangan penting untuk memulai kembali berhubungan seks dengan suami pasca melahirkan adalah dukungan dari lingkungan terdekat, tingkat kelelahan hingga besarnya keinginan untuk berhubungan intim. Pasalnya, tidak sedikit mom yang kurang bergairah melakukan hubungan seks akibat perubahan fisik dan emosional.

Tips agar menjaga gairah seksual dan tidak takut berhubungan intim

Menjaga keintiman seksual pada pasangan suami istri tidak melulu harus dengan berhubungan seksual. Hal tersebut bisa dilakukan dengan saling membelai, berciuman, berpelukan atau seks oral.  Setelah bersalin, berhubungan intim mungkin akan kurang terasa bergairah dan memuaskan. Bahkan rasa sakit dan nyeri bisa menjadi momok menakutkan bagi mom.

Agar berhubungan intim tidak menakutkan, ada beberapa cara yang bisa mom lakukan. Seperti melakukan senam kegel untuk melatih otot dasar panggul dan vagina. Serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Jika masih ragu untuk berhubungan intim setelah melahirkan, mom bisa berkonsultasi dengan dokter ya. (Aq/MKK)

melahirkan

SEKS

BERHUBUNGANSEKSUAL

BERHUBUNGANINTIM

BERCINTA

KEHAMILAN

#persalinan

WAKTUBERHUBUNGANINTIMUSAIBERSALIN

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment