Siapa Bilang Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Mengenakan Popok? Berikut Faktanya!

Siapa Bilang Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Mengenakan Popok? Berikut Faktanya!

written by : MAKUKU - 24 Feb 2022

Viewed : 120 times  Read duration : Page Views : 1190 times

Moms and dad mungkin sedang bertanya-tanya, boleh nggak sih, bayi baru lahir pakai pampers atau popok sekali pakai? Bahkan tak jarang banyak orang tua baru yang berkonsultasi kepada dokter anak untuk menanyakan hal ini. Ternyata, jawabannya boleh lho, moms and dad! Walaupun memang tidak boleh terlalu sering dilakukan. 

Penggunaan pampers pada bayi ternyata selain praktis, juga lebih efisien. Penggunaan popok sekali pakai juga menghindari Ibu yang baru melahirkan dari sindrom kelelahan akibat merawat bayi baru lahir dan berjibaku dengan popok yang harus dicuci. Nah, melihat pentingnya popok sekali pakai ini tak jarang akhirnya orang tua baru mulai mencari harga pampers bayi 0-6 bulan termurah.

Namun, harga yang murah belum tentu jadi jaminan pampers ini nyaman untuk dipakai buah hati Anda. Bahan-bahan yang kurang berkualitas biasanya malah dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Oleh karena itu pastikan selalu menggunakan pampers yang berkualitas, seperti MAKUKU  SAP Diapers dengan Super Absorbent Polymer (SAP) untuk menjaga kesehatan kulit si kecil, moms and dad.  MAKUKU SAP Diapers terbuat dari bahan yang anti gumpal, super tipis, dan tentunya ekstra kering guna menjaga kenyamanan si kecil. 

Bayi Baru Lahir Boleh Mengenakan Popok Sekali Pakai

Lalu, apakah hal-hal yang harus dilakukan ataupun dihindari saat memilih popok sekali pakai ini, moms and dad? Yuk, mari simak bersama fakta-faktanya sebagai berikut.

Hindari Ruam dan Alergi dengan Memilih Produk Terbaik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pemakaian popok sekali pakai pada bayi baru lahir cenderung mengakibatkan ruam popok, bahkan bisa menyebabkan lecet pada kulit dan rasa perih pada buah hati moms and dad. Tak jarang si kecil juga menampakkan kondisi alergi seperti gatal-gatal pada kulit ataupun kulit bersisik akibat terlalu lama menggunakan pampers yang tidak sesuai dengan kulitnya. Kondisi ini pastinya membuat si kecil merasa tidak nyaman dan bisa menimbulkan tangis berkepanjangan sehingga menambah stress pada orang tua baru.

Cara yang paling efektif untuk menangani masalah ini adalah dengan cermat memilih popok sekali pakai yang terbaik. Pastikan pada kemasannya tertulis untuk new born atau disingkat dengan NB. Moms and dad juga harus memastikan apakah permukaan popok cukup lembut dan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk melepas kelembaban dari area popok sekali pakai.

Pilihlah popok yang memiliki lapisan penyerap yang baik sehingga menjaga permukaan popok tetap kering agar anti gumpal dan memiliki stabilitas yang baik. Moms and dad juga harus memastikan bahwa popok yang dipilih bebas dari parfum serta bahan pemutih untuk mencegah reaksi alergi pada bayi.

Pilihlah Popok dengan Ukuran yang Sesuai

Ruam atau kulit kemerahan pada pantat bayi juga bisa muncul dikarenakan ukuran popok yang tidak sesuai lho, moms and dad. Popok sekali pakai yang berukuran sempit membuat gesekan dengan kulit bayi menjadi sangat ketat sehingga sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Hal ini meningkatkan kelembaban pada area pantat bayi yang berakibat timbulnya kemerahan pada kulit.

Oleh karena itu belilah popok sekali pakai yang sesuai dengan berat badan buah hati Anda, jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar. Kebalikan dari popok yang sempit, popok yang terlalu besar bisa meningkatkan resiko kebocoran akibat rembesan dari sela-sela kaki bayi.

Pastikan juga popok yang dipakai memiliki bahan tipis dan tidak menggembung saat terisi dengan air seni bayi. Popok yang terlihat gembung dan tebal akan membuat bayi merasa tidak nyaman karena tidak bisa bebas bergerak. Moms and dad bisa memilih popok bayi seperti MAKUKU  Air Diapers yang hanya memiliki ketebalan 1,6 mm, super tipis dan memiliki kemampaun daya tampung maksimal. Sehingga sangat nyaman dipakai dan tidak menggumpal ataupun menggembung walaupun sudah terisi dengan pipis si buah hati.

Pakaikan Pampers di Bawah Tali Pusar

Bayi yang baru lahir, utamanya yang berusia di bawah dua minggu biasanya masih memiliki tali pusar yang ditutup dengan kain kasa. Untuk menjaga supaya daerah tali pusar yang belum lepas itu tetap higienis dan terhindar dari urin serta feses bayi, pakaikan popok sekali pakai di bawah tali pusar bayi Anda. Bayi moms and dad juga akan merasa lebih nyaman dengan kondisi popok di bawah pusar karena area tersebut rentan terasa perih bagi bayi yang baru lahir.

Hindari Infeksi Saluran Kemih dengan Sering Mengganti Popok

Sebagaimana kita ketahui bersama, fungsi dari pampers atau popok sekali pakai ini adalah menampung air seni serta feses bayi yang bersifat sementara, moms and dad. Dalam urin serta feses bayi banyak mengandung kuman, oleh karena itu popok si kecil harus rutin diganti setiap 2-3 jam sekali supaya kuman tidak menyebar ke area genital dan menyebabkan infeksi saluran kemih pada bayi.

Membiarkan bayi mengenakan popok yang basah lebih dari 3 jam juga tidak baik bagi kesehatan kulitnya. Walaupun banyak produk yang menyatakan bahwa produknya dapat menyerap air seni bayi hingga 8 hingga 10 jam, hal ini tidak bisa dipukul rata buat bayi yang baru lahir moms and dad. Anda harus sering mengganti popok si kecil secara berkala, terutama sesudah si kecil buang air besar.

Rajin Membersihkan dan Beri Jeda Pemakaian

Risiko ruam-ruam dan alergi pada kulit bisa dihindari dengan rajin membersihkan area pantat bayi yang sebelumnya tertutup oleh popok sekali pakai. Setelah si kecil buang air besar atau air kecil, moms and dad bisa membersihkan pantat buah hati dengan sabun yang lembut dan mengeringkannya. MAKUKU SAP Diapers terbukti sebagai popok dengan struktur inti SAP yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk pantat si kecil. Kemampuan penyerapan yang cepat serta tidak ada osmosis baik menjadikan MAKUKU SAP Diapers sebagai pilihan terbaik sebagai popok dengan penyerapan maksimal.  Kendati demikian, pemberian jeda beberapa waktu penting untuk bayi Anda tidak mengenakan pampers, sehingga kulit area pantat dapat bernafas dengan lega dan terpapar dengan udara. Bahkan sangat disarankan untuk sesekali membiarkan bayi tidak memakai popok lho, moms and dad.

Popok yang sering basah itu sebenarnya pertanda bagus, moms and dad, hal itu artinya si kecil cukup mendapatkan ASI sehingga menghindarkannya dari dehidrasi. Dehidrasi pada bayi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan moms and dad. Oleh karena itu, popok yang sering diganti adalah hal yang bagus. Konsultasikan pada dokter apabila si kecil terlihat menggunakan popok lebih sedikit daripada seharusnya.

Itulah beberapa fakta yang harus moms and dad ketahui tentang penggunaan popok sekali pakai pada bayi yang baru lahir. Jangan hanya terpaku pada harga pampers bayi 0-6 bulan termurah, namun perhatikan juga kualitasnya untuk menjaga kesehatan buah hati kesayangan. yang Semoga informasi ini bermanfaat, moms and dad!

 

kulitbayi

popokbayi

bayibarulahir

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Resep MPASI 6 Bulan Super Praktis & Kaya Gizi

Penuhi Nutrisi Si Kecil dengan Menu MPASI 6 Bulan Terbaik! Temukan panduan lengkap dan beragam resep MPASI lezat dan bergizi untuk bayi usia 6 bulan.

MAKUKU
2024-04-19 11:20:58
0 Comment
GAYA HIDUP
7 Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Perjalanan Mudik

Simak Tips Mengatasi Bayi Rewel di Jalan! Temukan solusi praktis dan efektif untuk menjaga bayi tetap tenang dan nyaman selama perjalanan mudik.

MAKUKU
2024-04-05 09:48:28
0 Comment