Mitos atau Fakta: Menyusui Sebagai KB Alami

Mitos atau Fakta: Menyusui Sebagai KB Alami

written by : Makuku Family - 3 Agt 2022

Viewed : 12 times  Read duration : Page Views : 45 times

Merawat si kecil adalah perjalanan panjang bagi seorang ibu. Tugas seorang ibu memastikan dapat memenuhi segala kebutuhannya dengan sesuai dan dapat menunjang tumbuh kembang si kecil. Ingin fokus merawat si kecil terlebih dahulu biasanya membuat ibu menunda kehamilan dengan alat kontrasepsi atau KB. Bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif, menyusui dapat dijadikan sebagai KB alami.

Nyatanya, menyusui sebagai KB alami memang bukanlah mitos atau isapan jempol belaka. Menyusui dapat menjadi alat kontrasepsi alami disebut juga dengan Metode Amenore Laktasi (MAL). MAL adalah metode kontrasepsi dengan mengandalkan kinerja hormon prolaktin yang bersifat sementara. Hormon prolaktin berfungsi memproduksi ASI yang mencegah ovarium menghasilkan sel telur. Sehingga ada beberapa ibu menyusui tidak mengalami menstruasi atau haid dalam beberapa bulan hingga setahun.

Nah, absennya menstruasi ini dapat diartikan sebagai efektifnya metode MAL. Namun jangan berasumsi tidak menstruasi berarti tidak bisa hamil. Karena ibu tetap subur hingga dua minggu sebelum menstruasi. Selain itu, Mommy yang ingin menunda kehamilan harus mengetahui beberapa persyaratan jika mengandalkan menyusui sebagai KB alami. Berikut ini persyaratan yang harus diperhatikan:

  • Ibu menyusui belum haid kembali setelah melahirkan atau setelah masa nifas.
  • Bayi berusia 0-6 bulan. Karena pertimbangannya bayi diatas usia 6 bulan sudah mulai MPASI dan frekuensi menyusu akan berkurang.
  • Menyusui bayi dengan rutin tidak boleh ada jeda atau menunda menyusui lebih dari 4 jam dalam 24 jam lebih dari sekali.

Ketiga persyaratan tersebut harus harus terpenuhi. Jika salah satunya syarat tidak terpenuhi maka menyusui sebagai KB alami tidak berlaku. Mommy dapat menggunakan jenis kontrasepsi lainnya seperti kondom, IUD dan suntik setiap 3 bulan sekali yang disarankan untuk menyusui. Sebelum memilih alat kontrasepsi yang tepat sebaiknya ibu menyusui berkonsultasi terlebih dahulu. Pilihlah metode kontrasepsi sesuai dengan kebutuhan dan membantu ibu menyusui memberikan ASI eksklusif selama dua tahun. (Aq/MKK)

mitosfakta

asi

menyusui

ibumenyusui

pekanasisedunia

asieksklusif

KBalami

alatkontrasepsi

MITOSMENYUSUI

LAKTASI

METODEAMENORELAKTASI

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Popok merupakan kebutuhan bayi yang harus diperhatikan para orang tua. Pemilihan popok yang tidak tepat bisa memengaruhi Kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga Kesehatan dan kenyamanan bayi bergerak, para orang tua bisa memilih Makuku Air Diapers. Makuku Air Diapers adalah popok nyaman anti gumpal dengan struktur inti SAP yang tidak dimiliki oleh popok lainnya.

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments
Gaya Hidup
Terobosan Terbaru Popok SAP PIlihan Orang Tua Indonesia

Pemilihan dan penggunaan popok akan selalu hangat diperbincangkan oleh orang tua. Mulai dari tipe popok, ukuran yang sesuai, bahan popok yang aman seperti apa, kapan harus ganti popok hingga masalah ruam popok. Banyak orang tua terutama orang tua baru atau milenial yang mengharapkan hadirnya popok dengan inovasi serta terobosan terbaru untuk melindungi kulit bayi secara optimal.

Makuku Family
2022-02-11 16:22:18
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Menjadi Ibu Merdeka Masa Kini, Bisa Banget! Begini Caranya

Definisi merdeka bagi setiap orang berbeda-beda. Bahkan definisi merdeka bagi seorang ibu, baik ibu rumah tangga, ibu bekerja hingga ibu yang menjadi single parent tentu tidaklah sama. Hal sederhana yang membuat ibu merasa senang juga bisa diartikan sebagai merdeka versi ibu.

Makuku Family
2022-08-18 13:35:35
7 comments
Gaya Hidup
Sebagai Popok Anti Gumpal, MAKUKU Membawa Era SAP Pertama di Indonesia

Kesehatan bayi menjadi perhatian utama bagi orang tua. Keluhan kesehatan bayi pada umumnya merupakan gangguan kesehatan ringan yang jika dibiarkan bisa berdampak fatal di kemudian hari. Seperti masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh kesalahan pemilihan popok. Misalnya ruam popok, alergi, iritasi dan infeksi saluran kemih. Sekalipun deretan masalah kesehatan tersebut dapat disembuhkan, namun tetap mencemaskan bagi orang tua.

Makuku Family
2022-08-12 08:40:01
7 comments