Lagi Program Hamil? Ini 6 Langkah Mempersiapkan Kehamilan

Lagi Program Hamil? Ini 6 Langkah Mempersiapkan Kehamilan

written by : Makuku Family - 12 Jul 2022

Viewed : 13 times  Read duration : Page Views : 105 times

Sebagian besar pasangan suami istri mendambakan kehadiran momongan di tengah keluarga kecil. Tidak heran jika pasangan suami istri melakukan promil agar sang istri cepat hamil. Supaya persiapan kehamilan berjalan lancar dan janin dalam rahim sehat, ada beberapa langkah mempersiapkan kehamilan.

Mempersiapkan kehamilan, baik kehamilan pertama atau kedua menjadi momen yang spesial dan paling ditunggu. Sehingga mom dan dad perlu mempersiapkan diri untuk kelancaran di masa kehamilan. Mempersiapkan kehamilan bisa dimulai dari menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Persiapan kehamilan penting dilakukan agar tubuh mom siap untuk hamil dan tetap sehat selama 9 bulan mengandung. Selain itu, persiapan ini juga bertujuan untuk menurunkan risiko yang membahayakan kesehatan mom dan mencegah bayi lahir cacat. Berikut ini enam langkah mempersiapkan kehamilan:

Konsultasi dokter

Persiapan pertama yang dapat mom lakukan adalah berkonsultasi ke dokter kandungan. Melakukan konsultasi ke dokter kandungan sangat penting dilakukan apalagi jika mom berusia 30 tahun ke atas atau memiliki Riwayat medis tertentu. Dokter kandungan akan memeriksa secara keseluruhan mulai dari kesehatan organ reproduksi dan hal lainnya.

Menjaga berat badan ideal

Berat badan menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kehamilan. Wanita dengan berat badan terlalu kurus atau gemuk dapat kesulitan untuk hamil. Untuk itu, penting bagi mom yang ingin hamil menjaga berat badan ideal. Dengan kata lain, hamil dengan berat badan ideal bisa memperbesar peluang kehamilan. Serta dapat mencegah komplikasi seperti diabetes atau hipertensi di masa kehamilan nantinya.

Memenuhi kebutuhan nutrisi

Mempersiapkan kehamilan harus diimbangi dengan tubuh yang bugar dan sehat. Mulailah memperhatikan jenis asupan yang masuk tubuh. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi gizi dan nutrisi seperti protein, serat, asam folat, kalsium, zat besi dan lainnya. Beragam nutrisi tersebut dapat mom peroleh dari sayuran, daging, buah, biji-bijian dan makanan rendah lemak. Hindari pula makanan yang berkalori tinggi namun tanpa nutrisi, mengandung pemanis buatan dan kafein. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dapat mengurangi risiko  bayi lahir cacat.

Mengonsumsi asam folat

Asam folat sangat membantu program hamil. Mom bisa mengkonsumsi asam folat dengan dosis 400 mg per hari. Mengonsumsi asam folat setidaknya 6 bulan sebelum hamil sangat dianjurkan dokter. Asam folat ini dapat membantu mencegah bayi lahir cacat. Asam folat bisa mom dapatkan dengan mengonsumsi suplemen asam folat.

Menerapkan pola hidup sehat

Susah hamil dan banyak komplikasi kehamilan yang disebabkan oleh buruknya pola hidup seperti kebiasan merokok, mengonsumsi alkohol dan kafein. Pola hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi cacat lahir. MOm dan dad juga bisa rutin mengonsumsi buah dan sayuran serta olahraga.

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi juga harus dipersiapkan sejak dini. Karena memilih kebutuhan dan perlengkapan yang terbaik untuk si kecil bukanlah perkara mudah. Salah satu perlengkapan bayi yang sangat penting untuk dipersiapkan adalah popok. Jangan sampai mom bingung memilih popok yang tepat untuk newborn. Popok khusus newborn yang paling direkomendasikan adalah MAKUKU Air Diapers Slim. Karena selain anti gumpal, popok MAKUKU ini juga memiliki bentuk U Shape yang dapat melindungi pusar bayi baru lahir. (Aq/MKK)

POPOKSAP

melahirkan

#persalinan

POPOKMAKUKU

STRUKTURINTISAP

POPOKANTIGUMPAL

KEHAMILAN

KEHAMILANSEHAT

ibuhamil

SENAMHAMIL

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

MEMULAIERASAP

MAKUKUAIRDIAPERSCOMFORT

programhamil

promil

persiapankehamilan

kandungan

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Popok merupakan kebutuhan bayi yang harus diperhatikan para orang tua. Pemilihan popok yang tidak tepat bisa memengaruhi Kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga Kesehatan dan kenyamanan bayi bergerak, para orang tua bisa memilih Makuku Air Diapers. Makuku Air Diapers adalah popok nyaman anti gumpal dengan struktur inti SAP yang tidak dimiliki oleh popok lainnya.

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments
Gaya Hidup
MAKUKU Memulai Era SAP Hadir dengan Inovasi Terbaru

Banyak merk popok yang dijual di pasaran, namun pilihan terbaik adalah popok yang peduli dengan kebutuhan orang tua terutama si kecil. MAKUKU Air Diapers yang selalu berinovasi mengikuti kebutuhan si kecil berdasarkan riset dan pengembangan bertaraf internasional, kembali akan meluncurkan produk inovatif.

Makuku Family
2022-02-25 18:41:25
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Takut Ruam Popok? Pakai Popok Anti Gumpal Yuk!

Ruam popok masih menjadi masalah kulit yang meresahkan bagi orang tua. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) prevalensi iritasi kulit (ruam popok) pada bayi cukup tinggi 25% bayi yang lahir di dunia kebanyakan menderita iritasi kulit (ruam popok) akibat penggunaan popok. Sedangkan angka terbanyak ditemukan pada bayi usia 6-12 bulan. Melihat begitu rentannya si kecil terhadap risiko ruam popok, orang tua harus ekstra dalam menjaga kesehatan kulit si kecil. Bagi orang tua yang takut dengan ruam popok dapat menggunakan popok anti gumpal sebagai langkah preventif.

Makuku Family
2022-09-27 11:05:21
7 comments
Gaya Hidup
Cerdas Memilih Alat Kontrasepsi, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Alat kontrasepsi merupakan metode atau alat yang digunakan untuk mencegah dan menunda kehamilan. Biasanya pasangan suami istri menggunakan alat kontrasepsi untuk pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan. Misalnya kondisi tubuh wanita tidak memungkinkan untuk hamil atau belum ingin menambah momongan. Alat kontrasepsi ini sangat banyak jenisnya, mom dan dad bisa memilih alat kontrasepsi mana yang sekiranya cocok untuk kebutuhan dan kondisi tubuh. Yuk, kenali apa saja jenis alat kontrasepsi dan ketahui kelebihan atau kekurangannya.

Makuku Family
2022-09-26 17:56:23
7 comments