Kenali Popok yang Cocok Untuk Bayi Baru Lahir dan Cara Memilihnya

Kenali Popok yang Cocok Untuk Bayi Baru Lahir dan Cara Memilihnya

written by : Makuku Family - 29 Jun 2022

Viewed : 11 times  Read duration : Page Views : 44 times

Sebagai orang tua tentu selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Apalagi jika si kecil baru lahir, segala sesuatu yang menyangkut dirinya adalah hal pertama yang diberikan. Tentu tidak boleh asal pilih, begitu juga dengan memilih popok. Mom dan Dad harus cermat dalam memilih modelnya, ketahanan bocornya hingga bahannya yang aman untuk kulit si kecil.

Supaya tidak salah dalam memilih popok untuk bayi baru lahir, berikut ini tips memilih popok yang tepat untuk newborn: 

 Perhatikan bobot bayi

Banyak orang tua yang keliru dalam memilih ukuran bayi. Memilih ukuran popok bukan berdasarkan usia si kecil, tetapi pada berat badan anak. Untuk mempermudah menentukan ukuran, kebanyakan merk popok yang menjadikan bobot bayi sebagai acuan. Idealnya, bayi baru lahir memiliki berat badan sekitar 2,7-4 kg dengan ukuran panjang bayi rata-rata 50-53 cm tergantung genetiknya. Mom dan dad harus selalu memantau perkembangan dan pertumbuhan buah hati.

Pilihlah ukuran khusus bayi baru lahir

Berat badan bayi baru lahir berbeda-beda. Melihat bobot bayi baru lahir, ukuran yang cocok untuk newborn adalah ukuran NB dan S. Pada umumnya, popok ukuran NB untuk bobot bayi sekitar 0-5 kg. Sedangkan ukuran S untuk berat bayi 4-8 kg.  Supaya tidak mubazir, mom dan dad bisa mencoba membeli dalam jumlah sedikit dahulu.

Tipe perekat yang mudah diganti

Jenis popok terbagi menjadi dua, tipe perekat (tape) dan tipe celana (pants). Pilihlah jenis popok yang sesuai dengan pertumbuhan bayi. Karena pemilihan popok yang benar akan membantu meringankan pekerjaan mom dan dad.  Tipe popok yang cocok untuk bayi newborn adalah tipe perekat. Mengingat bayi pada awal kelahiran belum terlalu banyak menggerakkan tubuhnya sendiri. Tipe perekat juga memudahkan siapapun yang mengganti popok bayi baru lahir dengan posisi berbaring. Pilihlah popok tipe perekat yang mudah diganti, mudah dikenakan dan dilepas.

Sementara bayi yang mulai aktif bergerak sebaiknya menggunakan popok tipe celana yang cepat saat mengganti. Bila bayi yang mulai banyak bergerak tetap menggunakan tipe celana, dikhawatirkan popok akan mudah lepas.

Bahan yang aman untuk kulit

Bahan komposisi popok harus dipertimbangkan dengan matang. Jika popok menggunakan bahan yang tidak ramah kulit bayi dapat menyebabkan masalah kulit. Apalagi kulit bayi baru lahir dan balita masih sensitif. Pilihlah bahan popok yang tidak akan memicu alergi ataupun ruam popok. Salah satu bahan popok yang mendukung popok adalah Super Absorbent Polymer. MAKUKU Air Diapers menggunakan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer. Dengan menggunakan teknologi baru, popok MAKUKU Air Diapers tidak menggumpal, popoknya tipis hanya 1,6 mm dan ekstra kering.

Kini popok MAKUKU memiliki dua varian yakni MAKUKU Air Diapers Slim dan MAKUKU Air Dipaers Comfort. Kedua varian popok MAKUKU ini tidak mudah bocor, penyerapannya cepat dan merata serta permukaan popok yang kering lebih lama. (Aq/MKK)

POPOKSAP

POPOKMAKUKU

STRUKTURINTISAP

SUPERABSORBENTPOLYMER

ERASAP

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

ANAKAKTIF

MAKUKUAIRDIAPERSCOMFORT

anakcerdas

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Popok merupakan kebutuhan bayi yang harus diperhatikan para orang tua. Pemilihan popok yang tidak tepat bisa memengaruhi Kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga Kesehatan dan kenyamanan bayi bergerak, para orang tua bisa memilih Makuku Air Diapers. Makuku Air Diapers adalah popok nyaman anti gumpal dengan struktur inti SAP yang tidak dimiliki oleh popok lainnya.

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments
Gaya Hidup
Terobosan Terbaru Popok SAP PIlihan Orang Tua Indonesia

Pemilihan dan penggunaan popok akan selalu hangat diperbincangkan oleh orang tua. Mulai dari tipe popok, ukuran yang sesuai, bahan popok yang aman seperti apa, kapan harus ganti popok hingga masalah ruam popok. Banyak orang tua terutama orang tua baru atau milenial yang mengharapkan hadirnya popok dengan inovasi serta terobosan terbaru untuk melindungi kulit bayi secara optimal.

Makuku Family
2022-02-11 16:22:18
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Menjadi Ibu Merdeka Masa Kini, Bisa Banget! Begini Caranya

Definisi merdeka bagi setiap orang berbeda-beda. Bahkan definisi merdeka bagi seorang ibu, baik ibu rumah tangga, ibu bekerja hingga ibu yang menjadi single parent tentu tidaklah sama. Hal sederhana yang membuat ibu merasa senang juga bisa diartikan sebagai merdeka versi ibu.

Makuku Family
2022-08-18 13:35:35
7 comments
Gaya Hidup
Sebagai Popok Anti Gumpal, MAKUKU Membawa Era SAP Pertama di Indonesia

Kesehatan bayi menjadi perhatian utama bagi orang tua. Keluhan kesehatan bayi pada umumnya merupakan gangguan kesehatan ringan yang jika dibiarkan bisa berdampak fatal di kemudian hari. Seperti masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh kesalahan pemilihan popok. Misalnya ruam popok, alergi, iritasi dan infeksi saluran kemih. Sekalipun deretan masalah kesehatan tersebut dapat disembuhkan, namun tetap mencemaskan bagi orang tua.

Makuku Family
2022-08-12 08:40:01
7 comments