Kapan Waktu tepat Berhubungan Intim Kembali Usai Melahirkan?

Kapan Waktu tepat Berhubungan Intim Kembali Usai Melahirkan?

written by : Makuku Family - 14 Jul 2022

Viewed : 12 times  Read duration : Page Views : 116 times

Berhubungan intim usai melahirkan mungkin sesuatu hal yang enggan mom lakukan dalam waktu dekat. Belum lagi adanya kekhawatiran dan ketakutan untuk berhubungan intim kembali setelah melahirkan. Ini adalah hal yang wajar yang terjadi mengingat tubuh mengalami banyak hal selama melahirkan dan masih dalam masa pemulihan. Mungkin banyak timbul pertanyaan seperti kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan intim setelah melahirkan hingga bagaimana hubungan seks yang aman pasca melahirkan.

Terlepas dari metode persalinan seperti apa yang dijalani, para ahli menyarankan untuk mengistirahatkan panggul terlebih dahulu agar tubuh pulih dari dampak persalinan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko komplikasi pada usia persalinan. Seperti infeksi pada bekas luka melahirkan baik sayatan atau robekan yang rentan mengalami komplikasi selama dua minggu pertama setelah melahirkan.

Sedangkan mengenai waktu yang tepat untuk berhubungan intim kembali setelah melahirkan sebenarnya tidak ada waktu atau masa tunggu yang ideal. Namun, hubungan intim sebaiknya dilakukan setelah 4-6 minggu dari setelah melahirkan. Bahkan beberapa ahli mengatakan harus menunggu selama 12 minggu atau lebih.

Selain itu, setiap wanita memiliki kesiapan yang berbeda-beda untuk bisa berhubungan seks lagi setelah melahirkan. Tentu ini berkaitan erat dengan kesiapan fisik hingga emosional. Salah satu pertimbangan penting untuk memulai kembali berhubungan seks dengan suami pasca melahirkan adalah dukungan dari lingkungan terdekat, tingkat kelelahan hingga besarnya keinginan untuk berhubungan intim. Pasalnya, tidak sedikit mom yang kurang bergairah melakukan hubungan seks akibat perubahan fisik dan emosional.

Tips agar menjaga gairah seksual dan tidak takut berhubungan intim

Menjaga keintiman seksual pada pasangan suami istri tidak melulu harus dengan berhubungan seksual. Hal tersebut bisa dilakukan dengan saling membelai, berciuman, berpelukan atau seks oral.  Setelah bersalin, berhubungan intim mungkin akan kurang terasa bergairah dan memuaskan. Bahkan rasa sakit dan nyeri bisa menjadi momok menakutkan bagi mom.

Agar berhubungan intim tidak menakutkan, ada beberapa cara yang bisa mom lakukan. Seperti melakukan senam kegel untuk melatih otot dasar panggul dan vagina. Serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Jika masih ragu untuk berhubungan intim setelah melahirkan, mom bisa berkonsultasi dengan dokter ya. (Aq/MKK)

melahirkan

SEKS

BERHUBUNGANSEKSUAL

BERHUBUNGANINTIM

BERCINTA

KEHAMILAN

#persalinan

WAKTUBERHUBUNGANINTIMUSAIBERSALIN

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Popok merupakan kebutuhan bayi yang harus diperhatikan para orang tua. Pemilihan popok yang tidak tepat bisa memengaruhi Kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga Kesehatan dan kenyamanan bayi bergerak, para orang tua bisa memilih Makuku Air Diapers. Makuku Air Diapers adalah popok nyaman anti gumpal dengan struktur inti SAP yang tidak dimiliki oleh popok lainnya.

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments
Gaya Hidup
MAKUKU Memulai Era SAP Hadir dengan Inovasi Terbaru

Banyak merk popok yang dijual di pasaran, namun pilihan terbaik adalah popok yang peduli dengan kebutuhan orang tua terutama si kecil. MAKUKU Air Diapers yang selalu berinovasi mengikuti kebutuhan si kecil berdasarkan riset dan pengembangan bertaraf internasional, kembali akan meluncurkan produk inovatif.

Makuku Family
2022-02-25 18:41:25
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Takut Ruam Popok? Pakai Popok Anti Gumpal Yuk!

Ruam popok masih menjadi masalah kulit yang meresahkan bagi orang tua. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) prevalensi iritasi kulit (ruam popok) pada bayi cukup tinggi 25% bayi yang lahir di dunia kebanyakan menderita iritasi kulit (ruam popok) akibat penggunaan popok. Sedangkan angka terbanyak ditemukan pada bayi usia 6-12 bulan. Melihat begitu rentannya si kecil terhadap risiko ruam popok, orang tua harus ekstra dalam menjaga kesehatan kulit si kecil. Bagi orang tua yang takut dengan ruam popok dapat menggunakan popok anti gumpal sebagai langkah preventif.

Makuku Family
2022-09-27 11:05:21
7 comments
Gaya Hidup
Cerdas Memilih Alat Kontrasepsi, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Alat kontrasepsi merupakan metode atau alat yang digunakan untuk mencegah dan menunda kehamilan. Biasanya pasangan suami istri menggunakan alat kontrasepsi untuk pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan. Misalnya kondisi tubuh wanita tidak memungkinkan untuk hamil atau belum ingin menambah momongan. Alat kontrasepsi ini sangat banyak jenisnya, mom dan dad bisa memilih alat kontrasepsi mana yang sekiranya cocok untuk kebutuhan dan kondisi tubuh. Yuk, kenali apa saja jenis alat kontrasepsi dan ketahui kelebihan atau kekurangannya.

Makuku Family
2022-09-26 17:56:23
7 comments