Jelang Melahirkan, Ini Perlengkapan Bayi Saat Persalinan yang Harus Dipersiapkan

Jelang Melahirkan, Ini Perlengkapan Bayi Saat Persalinan yang Harus Dipersiapkan

written by : MAKUKU - 25 Feb 2022

Viewed : 40 times  Read duration : Page Views : 473 times

Menjelang hari lahirnya si buah hati, tentu menjadi saat yang mendebarkan. Para orang tua termasuk si ibu sudah pasti tidak sabar ingin segera melihat kelahiran buah hatinya. Namun, dibalik itu semua, ternyata moms dan para orang tua perlu menyiapkan beberapa hal seperti perlengkapan bayi saat persalinan dilakukan.

 Sebagai bagian dari proses persiapan, ada beberapa barang yang perlu disiapkan yang akan digunakan saat dan sesudah melahirkan nanti. Khususnya, untuk si bayi yang memerlukan beberapa barang penting. Hal ini perlu dilakukan agar bayi merasa aman dan nyaman saat dilahirkan nanti.

5 Perlengkapan Bayi Saat Persalinan yang Harus Dipersiapkan

 Agar lebih memudahkan, moms dapat menyiapkan beberapa barang ini sebelum melahirkan atau saat proses persalinan berlangsung. Berikut adalah barang yang diperlukan bayi saat persalinan.

Pakaian Bayi

Perlengkapan dasar bayi baru lahir dapat disiapkan mulai dari berbagai jenis pakaian. moms dapat menyiapkan pakaian berupa popok kain, baju dan celana, topi, sarung tangan, dan kaus kaki.

 Popok berfungsi untuk menyerap urin dan BAB dari si kecil dan lebih lembut untuk si kecil sehingga terhindar dari masalah kulit seperti iritasi kulit, infeksi, dan ruam popok.

 Sementara itu, untuk urusan baju, moms sebaiknya memberi si kecil pilihan baju lengan panjang dan pendek dengan bahan katun yang nyaman untuk bayi, sehingga tidak merasa kedinginan maupun kepanasan. Untuk baju dan celana, biasanya moms dapat membelinya dalam bentuk satu stel atau pasangan.

 Lalu, ada topi sebagai pelindung kepala yang dapat mengurangi paparan matahari agar tidak kepanasan dan dapat menghangatkan kepala dan telinga si kecil di saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

 Sama halnya dengan topi, sarung tangan dan kaus kaki dapat menjaga agar bayi tetap hangat. Namun, moms tidak boleh memakaikan penggunaan sarung tangan dan kaus kaki dalam waktu yang terlalu lama untuk menjaga sensitivitas kulit si kecil.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi yang perlu merupakan salah satu dari sekian banyak perlengkapan bayi yang penting untuk dipersiapkan. Namun, moms tidak boleh memandikan bayi sesaat setelah proses kelahiran. Ada baiknya, moms menunggu setelah 6 jam, barulah si kecil sudah bisa dibersihkan.

Memandikan bayi baru lahir harus dilakukan dengan cara yang tepat, yaitu dilap dengan air hangat yang tidak boleh terlalu panas dan dingin mengingat kondisi kulitnya yang masih sangat sensitif.

 Singkatnya, moms perlu beberapa perlengkapan mandi sebagai berikut, yaitu handuk, perlak, waslap, sabun, dan sampo khusus untuk anak bayi.

Perlengkapan Tidur

Bayi baru lahir harus tetap hangat saat tidur. moms bisa menyiapkan beberapa hal ini seperti perlak, perlak, agar tempat tidur bayi tidak basah jika bayi ngompol saat tidur, swaddle atau kain bedong untuk membuat bayi lebih hangat, dan tempat tidur bayi.

 Jangan memberikan selimut atau bantal karena dapat membahayakan bagi kondisi si kecil. Selimut yang tebal dapat memberikan tekanan berlebih pada tubuh bayi sedangkan bantal dapat membahayakan terhadap kondisi kepala

Perlengkapan Menyusui

Perlengkapan menyusui sangat diperlukan untuk moms sebagai ibu dan buah hati moms. Hal ini penting karena bayi baru lahir hanya bisa makan saat menyusui dan perlu mendapatkan keamanan dan kenyamanan. Begitu juga dengan moms sebagai ibunya.

Untuk memudahkan proses bayi dalam menyusui, moms dapat menyiapkan celemek untuk mencegah air susu mengotori pakaian bayi, handuk untuk membersihkan cairan seperti ASI ataupun air liur, dan kantong penyimpan ASI untuk menyimpan cairan ASI sebagai cadangan makanan.

Popok

Perlengkapan ini adalah yang paling penting dan tidak boleh dilupakan oleh para ibu. Popok sangat vital terutama untuk si kecil yang baru saja lahir. Para ibu perlu memilih jenis popok yang sesuai seperti popok untuk kulit normal dan sensitif.

Tak hanya itu, moms juga harus bisa memilih popok terbaik yang memiliki daya serap tinggi agar bayi moms merasa nyaman dan tidak rewel. Dengan begitu, si kecil dapat pipis dan BAB dengan nyaman tanpa moms harus khawatir.

Nah, sebagai salah satu rekomendasi popok bayi sebagai persiapan moms saat menghadapi persalinan, moms bisa menggunakan MAKUKU SAP Diapers.

MAKUKU SAP Diapers menggunakan struktur SAP (Super Absorbent Polymer) generasi terbaru yang membuat popok MAKUKU anti gumpal, berdaya serap tinggi, dan dapat mengunci cairan dengan baik. Kemampuan ‘anti gumpal’ dari MAKUKU SAP Diapers dapat membuat gerak si kecil lebih nyaman dan stabil.

Tak hanya itu, desain ‘super tipis’nya popok ini juga dapat memberikan daya tampung cairan maksimal. Meski tipis, MAKUKU SAP Diapers sudah dirancang khusus untuk menyerap semua cairan hasil eksresi si kecil.

MAKUKU SAP Diapers memiliki ketebalan hanya 1.6 mm, lebih tipis dibandingkan dengan popok lainnya yang memudahkan si kecil bergerak bebas dan bundanya tidak perlu khawatir si kecil akan mengalami masalah kulit, seperti lecet dan ruam popok.

Dengan desain ‘extra kering’, MAKUKU SAP Diapers tersusun dari kemampuan penyerapan yang lebih cepat dan sirkulasi udara baik yang menghasilkan popok tanpa ada osmosis balik.

Untuk kebutuhan perlengkapan bayi saat persalinan dalam bentuk popok bayi, pilihlah hanya yang terbaik, MAKUKU SAP Diapers dengan ketebalan super tipis dan daya serap tinggi yang menjadikan anak moms merasa nyaman.

kulitbayi

perlengkapanbayi

melahirkan

#persalinan

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
Ruam Popok: Gejala dan Pengobatan yang Harus Anda Ketahui

Ruam popok dapat membuat kulit bayi menjadi merah, melepuh, kering, dan bersisik. Kenali jenis ruam popok pada bayi dan cara mengatasinya di artikel ini

MAKUKU
2022-02-21 10:41:39
0 Comment
GAYA HIDUP
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Kesalahan memilih popok bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga kesehatan bayi, gunakan Makuku Air Diapers yang berbeda dengan popok lainnya

MAKUKU
2021-11-25 10:34:07
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
GAYA HIDUP
5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari 5 jenis makanan ini saat berpuasa untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah dehidrasi, dan membantu tubuh tetap fit selama berpuasa.

MAKUKU
2024-03-15 15:53:18
0 Comment
GAYA HIDUP
5 Rekomendasi Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas

Hindari lemas saat berpuasa dengan menu sahur kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Lengkapi dengan sayur & buah untuk vitamin dan mineral.

MAKUKU
2024-03-15 14:42:54
0 Comment