Gairah Seks Menurun Saat Menyusui? Ini Alasannya!

Gairah Seks Menurun Saat Menyusui? Ini Alasannya!

written by : Makuku Family - 2 Agt 2022

Viewed : 14 times  Read duration : Page Views : 46 times

Banyak hal yang dapat memengaruhi gairah seksual terutama bagi ibu yang sedang menyusui. Menyusui kerap kali disebut menjadi salah satu pemicu gairah seksual yang menurun. Hal  ini tidak sepenuhnya salah. Menurut beberapa ahli menyusui memang dapat menurunkan gairah seksual pada wanita. Lalu apa kira-kira alasannya? Yuk, simak alasannya berikut ini.

Saat menyusui, seorang wanita dapat mengalami perubahan hormon.Hormon estrogen yang dapat membangkitkan gairah seksual akan menyusut selama masa menyusui. Sehingga ketidakseimbangan hormon ini meredam gairah seksual. Tidak heran, jika ibu menyusui terkadang enggan melakukan hubungan seksual dengan suami ketika menyusui. Ditambah lagi, faktor kelelahan mengurus si kecil dan pekerjaan.

Selain meningkatkan hasrat berhubungan intim, hormon estrogen juga dikenal sebagai hormon yang dapat membantu menjaga kelenturan dan kelembaban vagina. Jadi, ketika menyusui dan hormone estrogen berkurang akan membuat vagina lebih kering. Kondisi vagina yang terlalu kering dapat membuat hubungan intim tidak nyaman dan terasa saat saat penetrasi. Bahkan payudara pun bisa berkurang sensitivitasnya terhadap rangsangan di masa menyusui. Hal ini pula yang membuat ibu menyusui malas berhubungan intim.

Perlu diketahui juga saat menyusui, hormon prolaktin dan oksitosin mengalami peningkatan. Kombinasi kedua hormon ini berperan penting dalam produksi ASI. Hormon prolaktin dan oksitosin yang jumlahnya banyak dapat mendorong produksi ASI yang banyak pula. Namun, di sisi lain kedua hormon ini berdampak mengalahkan hormon lainnya yang membangkitkan gairah seksual. Selain hormon estrogen yang menurun, zat dopamin pun ikut berkurang saat menyusui. Padahal zat dopamin berfungsi untuk memunculkan rasa senang dan hasrat bercinta.

Tips Bercinta Tetap Panas dengan Suami Kala Menyusui

Selain hal di atas, ibu menyusui juga memiliki kekhawatiran lain saat berhubungan intim yaitu payudara “bocor” alias ASI keluar dan menetes saat bercinta. Tentu ASI bocor ini terjadi disaat yang tidak tepat. Buat beberapa ibu menyusui hal ini adalah momen yang cukup memalukan. Belum lagi, klimaks dalam berhubungan intim dapat membuat ibu menyusui mengalami let down reflex.

Nah, supaya mommy terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan seperti itu, MAKUKU punya tips nih. Berikut tips mempertahankan gairah seks tetap membara saat menyusui:

  • Mencari posisi yang nyaman saat berhubungan seksual
  • Mengurangi rangsangan di area payudara
  • Menggunakan pelumas agar vagina tidak kering

Berhubungan intim dalam pernikahan bukan hanya Sebata suntuk kenikmatan saja, tetapi juga dapat mempererat kedekatan dan menjaga keharmonisan antara suami dan istri. Jangan sampai menyusui menjadi hambatan dan mengganggu hubungan intim. Jadi, sebaiknya Mommy dan Daddy dapat berkomunikasi dan membicara segala hal demi kenyamanan bersama. (Aq/MKK)

BERHUBUNGANSEKSUAL

hubunganseksual

hubunganintim

menyusui

ibumenyusui

asieksklusif

BREASFEEDING

LAKTASI

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Ini Bedanya MAKUKU Air Diapers dengan Popok Lainnya

Popok merupakan kebutuhan bayi yang harus diperhatikan para orang tua. Pemilihan popok yang tidak tepat bisa memengaruhi Kesehatan kulit bayi. Untuk menjaga Kesehatan dan kenyamanan bayi bergerak, para orang tua bisa memilih Makuku Air Diapers. Makuku Air Diapers adalah popok nyaman anti gumpal dengan struktur inti SAP yang tidak dimiliki oleh popok lainnya.

Makuku Family
2021-11-25 10:34:07
7 comments
Gaya Hidup
Terobosan Terbaru Popok SAP PIlihan Orang Tua Indonesia

Pemilihan dan penggunaan popok akan selalu hangat diperbincangkan oleh orang tua. Mulai dari tipe popok, ukuran yang sesuai, bahan popok yang aman seperti apa, kapan harus ganti popok hingga masalah ruam popok. Banyak orang tua terutama orang tua baru atau milenial yang mengharapkan hadirnya popok dengan inovasi serta terobosan terbaru untuk melindungi kulit bayi secara optimal.

Makuku Family
2022-02-11 16:22:18
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Gaya Hidup
Sebagai Popok Anti Gumpal, MAKUKU Membawa Era SAP Pertama di Indonesia

Kesehatan bayi menjadi perhatian utama bagi orang tua. Keluhan kesehatan bayi pada umumnya merupakan gangguan kesehatan ringan yang jika dibiarkan bisa berdampak fatal di kemudian hari. Seperti masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh kesalahan pemilihan popok. Misalnya ruam popok, alergi, iritasi dan infeksi saluran kemih. Sekalipun deretan masalah kesehatan tersebut dapat disembuhkan, namun tetap mencemaskan bagi orang tua.

Makuku Family
2022-08-12 08:40:01
7 comments
Gaya Hidup
Ruam Popok dan Biang Keringat, Sudah Tahu Bedanya?

Kesehatan kulit di awal kehidupan si kecil memang menjadi perhatian lebih bagi para orang tua. Karena kondisi kulit si kecil yang lembut, sangat sensitif dan rentan terkena masalah kulit. Adapun masalah kulit yang sering menyerang si kecil adalah ruam popok dan biang keringat. Beberapa orang tua mungkin susah membedakan antara ruam popok dan biang keringat. Berikut ini MAKUKU akan merangkum perbedaan ruam popok dan biang KERINGAT mulai dari gejalanya hingga cara mengatasinya. Yuk disimak!

Makuku Family
2022-08-10 09:37:13
7 comments