Sampai Usia Berapa Tantrum Terjadi Pada Anak?

Sampai Usia Berapa Tantrum Terjadi Pada Anak?

written by : Makuku Family - 28 Feb 2022

Viewed : 40 times  Read duration : Page Views : 83 times

Pernah mengalami anak rewel hebat di tempat umum? Apakah itu adalah tantrum? Sebelum memvonis anak mengalami tantrum, sebaiknya para orang tua wajib memahami apa itu tantrum dan sampai usia berapa tantrum terjadi pada anak.

Menurut konsultan dokter spesialis anak MAKUKU, dr. Andreas, tantrum adalah kondisi ledakan emosi yang sangat umum terjadi pada anak jika keinginannya tidak terpenuhi. Pada perilaku tantrum, anak akan memaksa orang lain untuk dapat memenuhi apa yang diminta. Tantrum juga cenderung terjadi pada anak yang tidak mampu berkomunikasi dan mengontrol emosi. Nyatanya, anak-anak memang lebih emosional dibandingkan orang dewasa.

Tantrum biasanya terjadi pada anak berusia 1-3 tahun. Karena pada rentang usia tersebut, anak-anak masih kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang tuanya. Sehingga anak-anak belum mampu dengan baik menyampaikan apa yang mereka mau. “Otomatis anak bingung bagaimana cara mengutarakan keinginan sehingga anak berujung teriak-teriak dan marah,” jelas dr. Andreas.

Bahkan dr. Andreas menjelaskan bahwa tantrum memang normal terjadi pada rentang usia tersebut. Dan, seharusnya di atas usia 3 tahun anak sudah tidak mengalami tantrum. Dr. Andreas menambahkan usia anak 3-5 tahun lebih agresif bila mengalami tantrum karena luapan emosinya sudah berlebihan.

 “Itu kenapa sebaiknya tantrum dihentikan pada usia anak 1-2 tahun. Jika tidak, dapat memicu gangguan perilaku,” ujar dr. Andreas.

Popok yang nyaman, Anak Jadi Senang

Anak tantrum juga bisa disebabkan oleh rasa cemas, tertekan atau terganggu. Hal ini bisa karena si kecil tidak nyaman saat menggunakan popok. Popok yang tebal dan menggumpal biasanya akan terasa berat saat menampung banyak cairan dan membuat Anda tidak nyaman saat bergerak.

Nah, supaya si kecil tidak merasakan hal tersebut, Mommy dan Daddy bisa menggunakan Makuku Air Diapers untuk si kecil. MAKUKU Air Diapers mengandung struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) yang membuatnya anti gumpal, super tipis dan ekstra kering. Bahkan popok MAKUKU mampu menyerap cairan dengan cepat dan merata. Hebatnya lagi, MAKUKU Air Diapers ini memiliki ketebalan hanya 1.6 mm dan mengunci cairan dengan maksimal. Sehingga dapat menjaga permukaan popok tetap kering dan melindungi kulit bayi dari bahaya ruam popok.

MAKUKU sebagai konsultan ibu dan anak, sangat senang bila dapat membantu para orang tua dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. Itu kenapa, MAKUKU terus mengembangkan popok bayi sesuai dengan kebutuhan si kecil. MAKUKU juga akan kembali meluncurkan produk popok teranyarnya yang dilengkapi dengan teknologi terbaru. Mau tahu popok terbaru dari MAKUKU? Yuk, follow Instagram @makuku.indonesia.official serta kunjungi website Makuku.co.id. (Aq/MKK)

popokbayi

tantrum

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Ahli
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Anti Gagal, Ini Cara Mudah Mendidik Anak Tumbuh Cerdas dan Aktif

Memiliki anak yang tumbuh cerdas dan aktif adalah impian semua orang tua. Mendidik anak tumbuh cerdas dan aktif itu tidaklah sulit. Keterlibatan orang tua dalam proses mendidik anak sangat berpengaruh besar. Keaktifan orang tua yang terlibat dalam pengasuhan si kecil ternyata dapat mengasah perkembangan otak. Untuk itu, mom dan dad harus memperkaya diri dengan mengetahui cara mudah mendidik anak agar dapat tumbuh cerdas dan aktif secara optimal.

Makuku Family
2022-06-29 16:01:12
7 comments
Ahli
Melahirkan Minim Trauma: Persalinan Nyaman dan Aman

Menantikan kehadiran buah hati adalah momen yang mendebarkan apalagi jika melahirkan pertama kali. Biasanya bayangan tentang melahirkan sangat menyakitkan, menakutkan dan membuat trauma. Sehingga tidak sedikit ibu menjelang melahirkan merencanakan proses persalinan yang sesuai dengan keinginannya. Meski ibu hamil bisa memilih persalinan secara Caesar, ternyata Sebagian besar ibu hamil mengharapkan proses melahirkan secara normal yang minim trauma, nyaman dan aman.

Makuku Family
2022-06-27 09:24:12
7 comments