Pola Asuh Orang Tua Pemicu Depresi Anak

Pola Asuh Orang Tua Pemicu Depresi Anak

written by : MAKUKU - 28 Jan 2022

Viewed : 51 times  Read duration : Page Views : 480 times

Karakter anak dapat terbentuk dari pola asuh orang tua. Bahkan pola asuh yang diterapkan bisa mempengaruhi kesehatan mental anak dan memicu depresi. Namun sayangnya banyak orang tua yang kurang menyadari hal tersebut.

Ada beberapa jenis pola asuh orang tua diantaranya  pola asuh otoriter, permisif, pengabaian dan demokratis. Menurut Psikolog RS St. Carolus, Sulastry Pardede, orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dan permisif sebagian besar remaja cenderung mengalami depresi.

Biasanya pola asuh otoriter memberikan tekanan yang berat kepada anaknya sehingga berpeluang terhadap kejadian depresi. Pada orang tua yang terlalu permisif dikhawatirkan anak tidak memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

"Pola Asuh itu adalah pattern yang dimiliki orang tua untuk mendidik anaknya. Orang tua yang otoriter biasanya memberikan tekanan dan tidak memberikan kesempatan anak untuk mengkomunikasikan kebutuhannya. Jadi anak melakukan sesuatu yang tidak suka. Sedangkan permisif, terlalu banyak memanjakan dan tidak menimbulkan rasa tanggung jawab," jelas Sulastry.

Pola asuh yang baik adalah pola asuh demokratis karena dapat mengajak anak untuk mendiskusikan setiap permasalahan yang dihadapi anak sehingga dapat sesegera mungkin permasalahan tersebut diselesaikan dan tidak menimbulkan depresi pada anak.

Bukan hanya pola asuh yang dapat memicu depresi pada anak. Ternyata anak dengan orang tua depresi lebih berisiko mengalami depresi. Sulastry menjelaskan orang tua yang menderita depresi berisiko tiga kali lipat lebih tinggi mengalami depresi. Risiko ini lebih rentan terjadi pada wanita daripada pria.

Selain itu, merawat atau menghadapi keluarga dengan depresi bukanlah sesuatu yang mudah dan tingkat stresnya cukup tinggi. Keluarga bisa saja merasa frustasi, misalnya karena penderita sulit untuk didekati atau tidak mau terbuka. Hal ini dapat meningkatkan risiko depresi keluarga dari sisi faktor lingkungan dan sosial.

Nah, buat mom and dad yang mau tahu informasi lainnya mengetahui parenting bisa follow instagram @makuku.indonesia.official dan mengunjungi website makuku.co.id. (Aq/MKK)

orangtua

depresi

polasuh

Komen


250

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

MAKUKU
2022-03-17 10:42:40
0 Comment
AHLI
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

MAKUKU
2022-01-28 18:40:23
0 Comment

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
AHLI
Perbedaan Dermatitis Popok dan Dermatitis Atopik

Pahami perbedaan antara ruam popok bayi dan dermatitis atopik, serta tips bagi Moms untuk mengatasi kondisi saat Si Kecil mengalaminya.

MAKUKU
2024-02-23 14:22:35
0 Comment
AHLI
Salep Ruam Popok Rekomendasi Dokter

Lindungi kulit bayi dari ruam popok dengan salep rekomendasi dokter. Skin care penting untuk kulit sensitif bayi.

MAKUKU
2024-02-23 11:20:43
0 Comment