Pengaruh Kualitas Tidur Pada Tumbuh Kembang Si Kecil

Pengaruh Kualitas Tidur Pada Tumbuh Kembang Si Kecil

written by : Makuku Family - 17 Mei 2022

Viewed : 22 times  Read duration : Page Views : 88 times

Tidur bukan hanya soal waktu istirahat anak saja. Tetapi dampak kualitas tidur si kecil ternyata berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil. Karena saat sedang tidur, hormon pertumbuhan diproduksi. Namun sayangnya, mungkin banyak orang tua kurang menyadari hal tersebut. 

Menurut dr. Andreas, dokter spesialis anak sekaligus konsultan dokter MAKUKU Indonesia, tidur merupakan salah satu pendukung tumbuh kembang anak selain makanan. Selama ini banyak orang tua yang hanya fokus memberikan makanan yang bergizi tetapi tidak sedikit pula yang kurang memperhatikan kualitas tidur anak.Karena hormon pertumbuhan anak bekerja lebih maksimal saat anak tidur. Ketika anak beristirahat dapat meningkatkan hormon pertumbuhan. Dimana hormon pertumbuhan inilah yang dapat memicu pertumbuhan dibandingkan dengan anak-anak yang tidurnya tidak cukup

“Disaat anak-anak bahannya untuk bertumbuh seperti kalsium, karbohidrat, protein lemak tetapi tidak ada yang mengolahnya. Yang mengolahnya disini adalah hormon,jika tidak ada yang mengolahnya maka tidak dibentuk. Jadi, hormon dalam tubuh itu distimulasi oleh hormon pertumbuhan,” ujar dr. Andreas pada Talkshow MAKUKU di Baby Bash by theAsianParent, Minggu 15 Mei 2022. 

Dampak positifnya dari anak yang memiliki kualitas tidur yang baik adalah tidak tantrum, berat badannya sesuai usia, tinggi badan bertambah dan perkembangan otaknya pun baik. Perkembangan otak inilah yang mempengaruhi pada kemampuan kognitif, emosional anak, motorik, bahasa, dan bersosialisasi. 

Karena itu, hormon pertumbuhan harus dimaksimalkan dengan cara menjaga kualitas tidur tetap baik dan cukup. Tidur cukup ini pun terkait dengan hal-hal yang mendukung si kecil untuk tidur nyenyak dan pulas semalaman. Seperti ruang kamar yang redup, bersih dan nyaman, tidak memberikan gadget sebelum tidur, makanan yang dikonsumsi sebelum tidur hingga pemilihan popok yang nyaman.

MAKUKU Air Diapers Slim adalah Solusi Anak Tidur Nyenyak

MAKUKU memiliki struktur inti SAP atau super absorbent polimer yang tidak dimiliki oleh popok lainnya. Dengan struktur inti SAP ini, cairan urine si kecil akan terserap dengan cepat dan merata, tidak menggumpal dan mampu mengunci cairan dengan baik. Sehingga tidur anak tidak akan terganggu dengan popok yang lembab dan bocor yang membuat anak tidak nyaman saat tidur. Bila si kecil tidur tidak nyaman dan sering kali terbangun tengah malam, maka waktu tidur anak akan berkurang dan membuat kualitas tidur anak tidak baik. 

Melengkapi dari jenis popok sebelumnya, MAKUKU Air Diapers akan kembali meluncurkan popok terbarunya yang bernama MAKUKU Air Diapers Comfort. MAKUKU Air Diapers Comfort ini akan diluncurkan pada 19 Mei 2022 secara online dan eksklusif di MAKUKU Indonesia Official di TikTok, Instagram, Youtube, Facebook, Twitter dan kanal Vidio.com. Yuk, Comfort Bersama MAKUKU. MAKUKU Memulai Era SAP! (Aq/MKK)

popokbayi

popokberkualitas

POPOKMAKUKU

STRUKTURINTISAP

ERASAP

POPOKANTIGUMPAL

tumbuhkembangbayi

SAP

MEMULAIERASAP

MAKUKUBERSAMAKU

BABYBASH

MAKUKUAIRDIAPERSCOMFORT

theAsianParent

kualitastidur

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Ahli
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Kasih Sayang Suami: Kunci Sukses Istri MengASIhi Buah Hati

Memberikan ASI eksklusif sangat disarankan untuk si kecil hingga 6-12 bulan. Menyusui bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh ibu. Banyak tantangan dalam menyusui mulai dari ASI yang belum keluar, puting yang lecet hingga posisi menyusui yang belum tepat dan memengruhi proses menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui membutuhkan dukungan agar dapat menyusui si kecil. Terutama dukungan dari suami, sekecil apapun dukungan sangat berarti untuk istri.

Makuku Family
2022-08-04 16:54:40
7 comments
Ahli
Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Makuku Family
2022-07-31 22:21:50
7 comments