Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

written by : Makuku Family - 28 Jan 2022

Viewed : 119 times  Read duration : Page Views : 144 times

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Banyak yang memercayai bahwa proses persalinan bisa menjadi lebih cepat jika mommy rajin berhubungan intim mendekati hari persalinan. Hal ini karena berhubungan seksual bisa memicu kontraksi dan persalinan menjadi lebih cepat. Menurut konsultan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Makuku Family, dr. Indra NC Anwar, Sp.OG, tidak ada hubungannya berhubungan seksual saat hamil besar dengan kemudahan dalam proses persalinan.

"Tidak ada hubungannya secara langsung. Artinya berhubungan boleh saja dilakukan sesuai dengan kebutuhan,” ujar dr. Indra.

Secara umum, berhubungan seksual saat hamil dapat menyebabkan kontraksi rahim. Begitu pula saat orgasme, rahim dapat terstimulasi untuk mempercepat proses persalinan. Namun, pernyataan seks dapat mempercepat persalinan hingga saat ini belum dibuktikan secara medis.

Selain itu, dr. Indra juga menjelaskan aturan berhubungan intim saat hamil. Berhubungan seks saat hamil muda sebenarnya terbilang aman. Namun, pada awal kehamilan atau trimester pertama, biasanya ibu hamil mengalami morning sickness. Dimana timbul mual dan mudah lelah yang dapat mengganggu hubungan intim tersebut. Sedangkan pada kehamilan yang sudah besar, harus perhatikan kenyaman ibu hamil karena perut yang semakin besar. 

Dari segi frekuensi, tentunya berbeda antara ibu hamil dengan wanita pada normalnya. Batasan yang paling aman untuk ibu hamil berhubungan seks sebaiknya tidak lebih dari tiga kali per minggu. Karena terlalu sering berhubungan intim dapat meningkatkan risiko Infeksi Saluran Kencing (ISK) pada ibu hamil. Hubungan seksual juga sebaiknya tidak dilakukan saat kehamilan mengalami komplikasi. Hal ini mencegah terjadinya perburukan pada kondisi kesehatan kehamilan.

Bila Mommy masih ragu, Makuku sebagai konsultan ibu dan anak menyediakan layanan private consultation dan kuliah whatsapp (Kulwap) dengan para expert yang ahli dibidangnya. Untuk informasi lebih lanjut Mommy dan Daddy bisa follow instagram @makuku.indonesia.official dan kunjungi website makuku.co.id. (Aq/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERS

bayi

#persalinan

SEX

SEKS

BERHUBUNGANSEKSUAL

BERHUBUNGANINTIM

BERCINTA

KEHAMILAN

KEHAMILANSEHAT

MITOS

FAKTA

ISK

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Ahli
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Anti Gagal, Ini Cara Mudah Mendidik Anak Tumbuh Cerdas dan Aktif

Memiliki anak yang tumbuh cerdas dan aktif adalah impian semua orang tua. Mendidik anak tumbuh cerdas dan aktif itu tidaklah sulit. Keterlibatan orang tua dalam proses mendidik anak sangat berpengaruh besar. Keaktifan orang tua yang terlibat dalam pengasuhan si kecil ternyata dapat mengasah perkembangan otak. Untuk itu, mom dan dad harus memperkaya diri dengan mengetahui cara mudah mendidik anak agar dapat tumbuh cerdas dan aktif secara optimal.

Makuku Family
2022-06-29 16:01:12
7 comments
Ahli
Melahirkan Minim Trauma: Persalinan Nyaman dan Aman

Menantikan kehadiran buah hati adalah momen yang mendebarkan apalagi jika melahirkan pertama kali. Biasanya bayangan tentang melahirkan sangat menyakitkan, menakutkan dan membuat trauma. Sehingga tidak sedikit ibu menjelang melahirkan merencanakan proses persalinan yang sesuai dengan keinginannya. Meski ibu hamil bisa memilih persalinan secara Caesar, ternyata Sebagian besar ibu hamil mengharapkan proses melahirkan secara normal yang minim trauma, nyaman dan aman.

Makuku Family
2022-06-27 09:24:12
7 comments