Mengenali Potensi Si Kecil Sejak Dini, Sudah Tahu Moms?

Mengenali Potensi Si Kecil Sejak Dini, Sudah Tahu Moms?

written by : Makuku Family - 28 Jul 2022

Viewed : 11 times  Read duration : Page Views : 40 times

Potensi dan bakat yang dimiliki oleh seseorang sejatinya telah tertanam sejak kecil. Namun hal yang tak mudah bagi orang tua adalah bagaimana cara mengenali dan meningkatkan potensi yang dimiliki si Kecil. Beberapa orang tua mungkin pernah berpikir, "anakku nanti menjadi apa ya?" "Apakah bisa menjadi dokter?" "Apakah bisa menjadi pemain sepakbola?"

Untuk itulah, MAKUKU sebagai konsultan ibu dan anak berupaya memberikan edukasi kepada Moms & Dads lewat webinar bertajuk "KENALI POTENSI SI KECIL SEJAK DINI, WUJUDKAN CITA-CITA DI HARI NANTI" Rabu, 27 Juli 2022 bersama Orami Parenting.

Psikolog Anak Saskhya Aulia Prima mengatakan mengenali potensi dan bakat si Kecil merupakan bagian penting dalam tumbuh kembang anak. Sebagai orang tua sudah menjadi tugas bagi Moms and Dads dalam mendukung potensi yang dimiliki si Kecil.

Saskhya mengatakan anak usia dini yang masih menggunakan popok harus diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungannya secara luas dan nyaman. Hal itu dinilai baik untuk perkembangan otak anak, terlebih jika diberikan stimulasi yang sesuai.

"Anak usia dini butuh banyak kegiatan. Jangan hanya fokus satu kegiatan saja, karena kita tidak akan tahu bakat apa yang dimiliki oleh si Kecil. Proses adaptasi anak untuk merasa nyaman akan hal baru berbeda. Jangan dibandingkan dengan anak tetangga" ujar Saskhya.

Ia pun memberikan beberapa tips untuk mengenali bakat si Kecil yang dapat diterapkan oleh Parents.

  • Mulai dari memberikan berbagai macam jenis kegiatan untuk diexplore anak
  • Amati kegiatan yg suka dilakukan anak secara berulang dan fokus
  • Untuk anak usia dini tetap berikan berbagai jenis stimulasi minat karena masih sangat dibutuhkan untuk perkembangan otaknya
  • Berikan kegiatan tambahan untuk mengetahui sejauh mana anak berminat pada suatu aktivitas tertentu, sekaligus mengembangkan minatnya.

"Secara rata-rata dan penelitian, cita-cita anak itu bisa berubah-ubah sehingga Moms and Dads tidak perlu khawatir. Cita-cita baru bisa stabil saat mereka usia 14 tahun," tambah Saskhya.

Mendukung Cita-Cita si Kecil

Psikolog yang juga founder @tigagenerasi ini menyarankan orang tua untuk mendukung bakat dan potensi anak secara maksimal.

Caranya, dengan menerima keunikan anak sepenuhnya, mengatur ekspektasi tentang kemampuan dan perkembangan anak, Memberikan dukungan emosional selama proses menemukenali potensi anak, Membantu anak terlibat atau bereksplorasi di area-area minatnya dan mengenalkan minat atau keterampilan serta karakter lain yg diperlukan anak untuk survive di jamannya.

Hal lain yang tak kalah penting, empat aspek perkembangan anak usia duni harus diperhatikan yaitu motorik, emosi, sosial dan cara berpikir.

"Aku kasih contoh untuk anakku ikut kegiatan taekwondo, ikut kegiatan musik tidak serta merta si Kecil harus menjadi atau atlet. Tetapi taekwondo baik untuk motorik sementara musik baik untuk emosional anak," ujar Saskhya.

Pada kesempatan yang sama, Brand Representative MAKUKU Indonesia Weny mengatakan Moms and Dads juga perlu mendukung cita-cita si Kecil dengan memberikan produk terbaik yang menunjang tumbuh kembangnya. Salah satunya dengan memilih popok yang tepat sebagai pakaian pertama si Kecil di dunia.

Weny menuturkan pemilihan popok yang tepat dapat membuat si Kecil beraktivitas dengan nyaman sehingga berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Untuk itulah, MAKUKU Air Diapers Slim hadir sebagai solusi atas kebutuhan popok yang nyaman dan juga berkualitas.

"MAKUKU Air Diapers Slim merupakan pelopor popok dengan Struktur Inti SAP di Indonesia. Struktur inti SAP yang membuat popok anti gumpal dan tidak akan menghambat gerak si kecil. Si kecil dapat mengeksplorasi lingkungan sekitarnya tanpa merasa berat dan terbebani saat popok penuh," ujar Weny.

Weny menambahkan, Struktur Inti SAP ini juga memiliki daya serap yang tinggi membuat cairan urin yang masuk ke popok akan cepat diserap merata tanpa osmosis balik. Sehingga cairan yang ditampung oleh MAKUKU Air Diapers Slim tidak berada di satu titik saja.

Nah, apakah Moms and Dads sudah menemukan popok yang tepat untuk mendukung cita-cita si Kecil? Jangan lupa pilih MAKUKU Air Diapers Slim ya! (RR/MKK)

MAKUKUAIRDIAPERS

MAKUKUAIRDIAPERSSLIM

potensianak

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Ahli
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Kasih Sayang Suami: Kunci Sukses Istri MengASIhi Buah Hati

Memberikan ASI eksklusif sangat disarankan untuk si kecil hingga 6-12 bulan. Menyusui bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh ibu. Banyak tantangan dalam menyusui mulai dari ASI yang belum keluar, puting yang lecet hingga posisi menyusui yang belum tepat dan memengruhi proses menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui membutuhkan dukungan agar dapat menyusui si kecil. Terutama dukungan dari suami, sekecil apapun dukungan sangat berarti untuk istri.

Makuku Family
2022-08-04 16:54:40
7 comments
Ahli
Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Makuku Family
2022-07-31 22:21:50
7 comments