Kualitas Tidur Optimalkan Hormon Pertumbuhan Anak

Kualitas Tidur Optimalkan Hormon Pertumbuhan Anak

written by : Makuku Family - 27 Mei 2022

Viewed : 17 times  Read duration : Page Views : 77 times

Kebutuhan anak bukan hanya soal makanan dan pakaian saja, tetapi juga termasuk tidur yang memiliki peran penting dalam 1000 hari kehidupan.  Bahkan kualitas tidur si kecil dapat mengoptimalkan hormon pertumbuhan yang berdampak pada tumbuh kembang anak.

Perlu diketahui bahwa hormon pertumbuhan memengaruhi tumbuh kembang anak seperti berat badan, tinggi badan, hingga kemampuan kognitifnya. Mungkin  Mom pernah bertanya-tanya, kenapa si kecil  yang makannya banyak,badannya kecil dan tingginya dibawah rata-rata anak seusianya. Hal itu bisa terjadi karena hormon pertumbuhan si kecil tidak optimal akibat si kecil  tidak memiliki tidur yang berkualitas.

Konsultan dokter spesialis anak MAKUKU, dr. Andreas menjelaskan bahwa hormon pertumbuhan ini berfungsi untuk memaksimalkan enzim-enzim tubuh dalam menyerap nutrisi makanan. Sehingga jika hormon pertumbuhan tidak diproduksi dengan baik oleh tubuh maka dapat menurunkan kualitas hidup seorang anak. Menurut dr. Andreas  tidak ada booster  untuk meningkatkan hormon pertumbuhan.

“Hormon pertumbuhan dapat meningkat dengan baik dengan menjaga kualitas tidur si kecil,” jelas dr. Andreas pada Talkshow MAKUKU di V-Radio bertema Pengaruh Kualitas Tidur Pada Tumbuh Kembang Anak, pada 25 Mei 2022.

Dr. Andreas mengatakan bahwa hormon pertumbuhan ini diproduksi setiap saat. Namun, puncak tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan yakni jam 10 malam – 2 dini hari. Sementara untuk orang dewasa yang bekerja disarankan untuk tidur siang minimal 30 menit. Tujuannya untuk release stres yang dapat meningkatkan hormon pertumbuhan pada orang dewasa.

 Untuk itu, disarankan untuk anak-anak dapat tertidur pulas di rentang waktu tersebut. Bila si kecil memiliki kebiasaan begadang, tidur larut malam atau kurang jam tidur,  maka jumlah produksi hormon pertumbuhan hanya sedikit. Dampaknya, pertumbuhan anak tidak optimal. Mengatasi masalah anak yang sulit tidur, Novia Citra Dewi sebagai mom influencer memiliki tips agar si kecil cepat tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Ibu dari tiga orang anak membiasakan anak-anaknya untuk tidur siang sekitar 1-2 jam dan tidur malam mulai dari jam 7 malam dan maksimal jam 9-10 malam. Hal ini selalu ia lakukan dengan konsisten agar si kecil terbiasa dan mengenal jam istirahatnya. Selain cara tersebut, Moms Novia juga menggunakan MAKUKU Air Diapers Comfort sebagai penunjang agar si kecil tidak sering terbangun di malam hari dan mendapatkan kualitas tidur.

“Pilih popok yang tepat, MAKUKU Air Diapers Comfort ini pas banget di pinggang si kecil. Jadi, nggak ada lagi drama bocor karena popoknya kering tahan lama dan daya serapnya juga oke,” ungkap Mom Novia. (Aq/MKK)

POPOKSAP

popokberkualitas

POPOKMAKUKU

SUPERABSORBENTPOLYMER

ERASAP

MEMULAIERASAP

kualitastidur

HORMONPERTUMBUHAN

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Ahli
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Kasih Sayang Suami: Kunci Sukses Istri MengASIhi Buah Hati

Memberikan ASI eksklusif sangat disarankan untuk si kecil hingga 6-12 bulan. Menyusui bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh ibu. Banyak tantangan dalam menyusui mulai dari ASI yang belum keluar, puting yang lecet hingga posisi menyusui yang belum tepat dan memengruhi proses menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui membutuhkan dukungan agar dapat menyusui si kecil. Terutama dukungan dari suami, sekecil apapun dukungan sangat berarti untuk istri.

Makuku Family
2022-08-04 16:54:40
7 comments
Ahli
Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Begini Cara Mencegah Masa Kecil Kurang Bahagia Pada Anak

Makuku Family
2022-07-31 22:21:50
7 comments