Jenis Kanker Anak dan Cara Mendeteksinya Sejak Dini

Jenis Kanker Anak dan Cara Mendeteksinya Sejak Dini

written by : Makuku Family - 21 Feb 2022

Viewed : 55 times  Read duration : Page Views : 85 times

Hari Kanker Anak Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 15 Februari setiap tahunnya. pada tahun ini tema yang diangkat adalah  “Kelangsungan Hidup yang Lebih Baik” dan dapat dicapai dengan #throughyourhand. 

Peringatan Hari Kanker Anak Sedunia untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker di kalangan anak-anak. Sebab, kebanyakan orang tua sulit belum menyadari tanda-tanda bahaya kanker yang muncul pada anak-anak. 

Berbeda dengan kanker pada orang dewasa, kanker pada anak lebih sulit diketahui karena anak-anak pada umumnya belum mampu untuk mengemukakan apa yang dirasakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk para orang tua mengetahui tanda dan gejala kanker pada anak, sehingga dapat dilakukan penanganan segera dan tingkat kesembuhan menjadi lebih besar. 

Menurut dokter spesialis anak RS St. Carolus, dr. Catur Sapariyanto, jenis kanker yang sering menyerang anak-anak di Indonesia berdasarkan data WHO ada enam jenis. Adapun jenisnya sebagai berikut:

  • Leukemia merupakan penyakit keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang. gejalanya, sering pucat, gampang kehilangan kesadaran atau pingsan, keluar bintik merah diseluruh tubuh atau gusi berdarah dan bengkak serta pembesaran perut karena hati dan limpa.
  • Retinoblastoma adalah tumor ganas primer pada mata yang sering dijumpai pada anak usia di bawah 5 tahun. Gejala yang ditimbulkan berupa manik mata berwarna putih, mata kucing, juling adanya bintik-bintik kuning kalau disorot dengan senter, dan penglihatan buram.
  • Limfoma Maligna adalah keganasan primer jaringan getah bening yang bersifat padat.
  • Lisis tumor atau kanker sekitar daerah ginjal.
  • Glioma atau  jenis tumor yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang.

Menurut dr. Catur Sapariyanto kanker pada anak sulit terdeteksi tetapi bisa dikenali melalui gejala awalnya. sedangkan untuk gejalanya sendiri tergantung jenis kanker. dr. Catur juga menghimbau jika terlihat gejala-gejala yang tidak biasa pada anak sebaiknya segera memeriksakan kondisi ke fasilitas kesehatan terdekat. 

“Kalau saya bagi dua ada kanker air dan padat seperti leukemia atau kanker darah. sedangkan kanker padat itu contohnya kanker tulang, tergantung pada lokasi benjolannya,” jelas dr. Catur.

Penyakit kronis dan serius pada anak-anak dapat dihindari, jika para orang tua dapat menerapkan CERDIK. CERDIK merupakan bentuk akronim dari Cek Kesehatan Secara Berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktivitas Fisik/Olahraga, Diet Sehat dan Seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola Stres.

 MAKUKU sebagai konsultan ibu dan anak mendukung kesehatan dan pertumbuhan anak-anak di Indonesia dengan menyediakan berbagai produk berkualitas tinggi. Selamat Hari Kanker Anak Sedunia! (Aq/MKK)

kankeranak

harikanker

READ ANOTHER POPULAR ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Mulai Era SAP, MAKUKU Luncurkan Popok Terbarunya

Salah satu cara orang tua dalam memberikan hal terbaik untuk anaknya adalah dengan memilihkan popok yang tepat. Pemilihan popok menjadi sangat penting karena popok dapat berdampak pada perkembangan dan kesehatan si kecil. Efek negatif yang ditimbulkan akibat pemilihan popok yang kurang tepat yaitu ruam popok. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, MAKUKU berinovasi dengan kembali meluncurkan popok dengan SAP (Super Absorbent Polymer) yang ultra slim.

Makuku Family
2022-03-17 10:42:40
7 comments
Ahli
Mitos atau Fakta: Hubungan Seks Saat Hamil Tua Bisa Melancarkan Persalinan

Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Salah satunya adalah berhubungan seks saat hamil tua bisa memperlancar persalinan. Lalu benarkah demikian?

Makuku Family
2022-01-28 18:40:23
7 comments

READ ANOTHER LATEST ARTICLE

Lihat semua >
Ahli
Anti Gagal, Ini Cara Mudah Mendidik Anak Tumbuh Cerdas dan Aktif

Memiliki anak yang tumbuh cerdas dan aktif adalah impian semua orang tua. Mendidik anak tumbuh cerdas dan aktif itu tidaklah sulit. Keterlibatan orang tua dalam proses mendidik anak sangat berpengaruh besar. Keaktifan orang tua yang terlibat dalam pengasuhan si kecil ternyata dapat mengasah perkembangan otak. Untuk itu, mom dan dad harus memperkaya diri dengan mengetahui cara mudah mendidik anak agar dapat tumbuh cerdas dan aktif secara optimal.

Makuku Family
2022-06-29 16:01:12
7 comments
Ahli
Melahirkan Minim Trauma: Persalinan Nyaman dan Aman

Menantikan kehadiran buah hati adalah momen yang mendebarkan apalagi jika melahirkan pertama kali. Biasanya bayangan tentang melahirkan sangat menyakitkan, menakutkan dan membuat trauma. Sehingga tidak sedikit ibu menjelang melahirkan merencanakan proses persalinan yang sesuai dengan keinginannya. Meski ibu hamil bisa memilih persalinan secara Caesar, ternyata Sebagian besar ibu hamil mengharapkan proses melahirkan secara normal yang minim trauma, nyaman dan aman.

Makuku Family
2022-06-27 09:24:12
7 comments